15 Fakta Unik dan Menarik Burung Kolibri

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Fakta Unik dan Menarik Burung Kolibri? Burung kolibri adalah salah satu jenis burung bertubuh kecil. Tubuh mereka terlihat ramping dengan sayap dan ekor yang panjang.

15 Fakta Unik dan Menarik Burung Kolibri
15 Fakta Unik dan Menarik Burung Kolibri

Mereka juga memiliki paruh yang panjang dan tipis seperti jarum. Itu berguna untuk memudahkan mereka menghisap nektar bunga. Selain itu, burung kolibri juga senang memakan serangga kecil seperti laba-laba.

Fakta Unik dan Menarik Burung Kolibri

Burung kolibri merupakan jenis burung yang terbagi dalam lebih dari tiga ratus spesies. Ini adalah jumlah yang sangat fantastis, namun para birder tidak mengalami kesulitan dalam mengidentifikasinya.

Alasannya, burung kolibri memiliki keunikan dan terlihat berbeda dibandingkan jenis burung lainnya. Beberapa fakta berikut akan menjelaskannya.

1. Senang Berburu Nektar

Nektar merupakan salah satu makanan beroktan tinggi yang menjadi bahan bakar burung kolibri.

Mereka memiliki paruh dan lidah yang sangat tipis yang emudahkan mereka untuk menyedot dan mengumpulkan nektar bunga.

2. Kolibri adalah Migran Jarak Jauh

Kolibri rufous adalah salah satu spesies burung kolibri yang bermigrasi paling jauh. Mereka melakukan perjalanan sejauh 4.000 mil dari Meksiko ke Alaska pada setiap musim semi.

3. Migran Soliter

Berbeda dengan jenis burung lainnya yang bermigrasi secara berkelompok, burung kolibri adalah burung yang senang bermigrasi sendirian. Perbedaan dan pergantian musim menjadi pengaruh terbesar dalam hal ini.

4. Sejauh Manapun Kolibri Terbang, Mereka Akan Kembali ke Asalnya

Meskipun burung kolibri adalah burung yang sering bermigrasi, penelitian menunjukkan bahwa mereka akan selalu kembali ke tempat di mana mereka menetas.

5. Ada Ratusan Spesies Burung Kolibri di Dunia

Burung kolibri berasal dari Benua Amerika. Mereka terbagi dalam 340 spesies yang unik dan beragam. Akan tetapi, hanya terdapat 15 spesies yang terlihat di Amerika Serikat.

6. Susunan Warna yang Indah

Burung kolibri memiliki warna bulu yang sangat bervariasi dan mengesankan. Beberapa di antaranya adalah kolibri Costa yang memiliki bulu kepala berwarna ungu tua, kolibri Allen memiliki tenggorokan berwarna merah ke orenan yang sangat menyala, dan kolibri Anna jantan yang memiliki mahkota berwarna magenta.

7. Tambalan Warna-warni yang Menarik

Ketika burung kolibri memutar kepalanya, maka yang terlihat adalah cahaya warna-warni yang menarik. Bulu tersebut memiliki spektrum warna yang menyala yang berasal dari struktur bulu mereka.

8. Jaring Laba-laba sebagai Bahan Pembangun Sarang

Burung kolibri membangun sarangnya dengan jaring laba-laba. Mereka membutuhkan waktu sekitar lima sampai tujuh hari.

Sarang kolibri seutuhnya dibangun oleh burung kolibri betina. Uniknya, sarang tersebut dibangun tidak lebih dari ukuran uang koin.

Ya, sarang burung kolibri terbilang sangat kecil yang sesuai dengan ukuran telur mereka yang mungil.

9. Burung Kolibri adalah Burung Teritorial

Kolibri bisa sangat teritorial dan akan mencoba melindungi sumber makanan mereka seperti bunga dan jenis serangga lainnya. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengusir burung lain.

10. Spektrum Warna yang Luar Biasa

Burung kolibri memiliki ketajaman visual yang luar biasa. Mereka melihat warna lebih baik dari manusia. Ditambah lagi, burung kolibri memiliki penglihatan yang luas ke spektrum ultraviolet.

Mata mereka disesuaikan untuk melihat warna yang lebih terang. Ini memudahkan mereka dalam memilih bunga berwarna kuning, oranye, dan merah di tengah warna alam lainnya.

Ini menyebabkan asumsi lama bahwa burung kolibri menyukai warna merah.

11. Kolibri Mengambil Napas dengan Cepat

Ketika beristirahat, burung kolibri bernapas sebanyak 150 kali dalam satu menit.

12. Burung Kolibri Bisa Terbang Mundur dan Melayang

Tidak ada burung lain yang bisa menandingi burung kolibri dalam hal kelincahan. Mereka dapat melayang di udara di antara bunga-bunga.

Mereka juga merupakan satu-satunya burung yang bisa terbang mundur. Sayap mereka bergerak dalam pola angka delapan yang memungkinkan mereka untuk terbang dengan mudah.

13. Kolibri dapat Terbang dengan Cepat

Burung kolibri dikenal karena gerakannya yang lincah dan tidak menentu. Mereka mengepakkan sayapnya lebih dari 50 kali per detik. Bahkan, ini lebih cepat dalam mode penerbangan yang ekstrem.

14. Kolibri Senang Bernyanyi

Meskipun tidak sevokal burung penyanyi, faktanya beberapa spesies burung kolibri khususnya Costa dan Anna jantan senang bernyanyi.

Jika dibandingkan dengan spesies lainnya, suara yang paling umum adalah panggilan agresif yang menyerupai pekikan atau celotehan.

Suara nyanyian tersebut akan terdengar dengan jelas ketika mereka berkumpul di sekitar sumber makanan.

15. Kolibri adalah Jenis Burung yang Suka Mandi

Burung kolibri merupakan burung yang suka mandi. Mereka tertarik untuk terbang dan berdiam di taman yang terdapat sumber air di sekitarnya. Mereka juga suka mengunjungi birdbath atau sekedar mandi di genangan air.

Itulah ulasan tentang fakta unik dan menarik tentang burung kolibri. Kenali fakta mereka lebih dalam untuk memudahkan Anda dalam merawat dan memeliharanya.

Baca Juga : Cara Membuat Burung Kolibri Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *