Cara Membuat Burung Kolibri Gacor

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membuat Burung Kolibri Gacor? Burung kolibri merupakan burung kecil yang cukup banyak dikenal oleh seseorang yang memiliki kegemaran pada burung kicau.

Cara Membuat Burung Kolibri Gacor
Cara Membuat Burung Kolibri Gacor

Burung kolibri kerap dikenal juga dengan nama hummingbird. Sebutan kolibri sebagai hummingbird ini karena kepakan sayapnya yang menyerupai suara gumaman karena itulah disebut sebagai hummingbird.

Kolibri merupakan salah satu burung kecil dengan panjang sekitar 6,4 cm. Namun, walaupun tergolong sebagai burung yang kecil, kolibri memiliki suara yang nyaring dan juga merupakan burung yang tangguh. Burung kolibri bisa terbang dengan menempuh jarak hingga mencapai 4.800 km.

Terdapat sekira 300 spesies burung kolibri yang hidup dalam hutan Amazon, Amerika Selatan. Namun, burung kolibri juga bisa ditemukan di Negara tropis dan banyak juga dipelihara oleh pecinta burung di Indonesia.

Walaupun burung kolibri dapat terbang dalam jarak yang sangat jauh, tetapi burung kolibri termasuk burung yang mempertahankan teritorinya.

Burung kolibri akan bertindak agresif terhadap burung yang bahkan lebih besar ketika mereka burung tersebut ingin merebut teritori burung kolibri.

Kelincahan burung kolibri juga mendukungnya ketika berusaha untuk mempertahankan diri dari burung yang lebih besar darinya.

Burung kolibri memiliki bulu yang gemerlapan dan dapat memancarkan warna terutama ketika terbang melintasi perairan.

Pada burung kolibri jantan, ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan kolibri betina. Hal ini karena burung kolibri jantan perlu melakukan manuver untuk menarik perhatian kolibri betina.

Selain itu, ukuran yang kecil ini membuat kolibri jantan bisa dengan lebih kompetitif dalam mencari makan karena membutuhkan energi yang lebih sedikit.

Sebaliknya, pada kolibri betina, ukuran tubuh yang besar membuatnya membutuhkan banyak energi.

Karena hal itulah maka paruh dari burung kolibri betina lebih panjang dari burung kolibri jantan karena hal ini membuat kolibri betina memungkinkan untuk lebih dapat menjangkau celah bunga guna mencari nektar.

Cara Membuat Burung Kolibri Menjadi Gacor

Tentu ketika memelihara burung kicau, hal yang paling diinginkan adalah agar burung kicau menjadi gacor atau bisa bersuara nyaring dengan nyanyian yang beragam dan tentu suara merdu.

Karenanya, agar burung kolibri bisa cepat gacor, perlu dirawwat dengan baik agar dapat tumbuh dengan sehat dan segera gacor. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat burung kolibri menjadi gacor adalah

1. Memperhatikan pakan yang diberikan

Pakan tentu menjadi hal utama yang dipikirkan ketika akan memelihara binatang. Tak hanya memelihara burung, binatang lain pun bila diberikan pakan yang berkualitas maka akan tumbuh sehat.

Terlebih bagi burung kicau, pakan perlu dijaga agar burung tetap dapat berkicau dan bisa segera gacor.

Makanan utama dari burung kolibri adalah nektar atau madu, sehingga saat memelihara burung kolibri, maka perlu diperhatikan minuman yang diberikan bisa berupa air dicampur dengan madu.

Selain minum yang dicampur dengan madu, pakan tambahan seperti voer juga bisa diberikan kepada burung kolibri.

Tak hanya voer, burung kolibri membutuhkan protein yang bisa didapat dari kroto segar. Kroto yang diberikan kepada burung kolibri pun tak perlu banyak cukup siapkan dalam wadah khusus yang perlu diganti tiap hari meskipun kroto yang diberikan tidak habis.

Bila ingin burung kolibri lebih lahap dalam memakan kroto, maka kroto bisa ditambahkan sedikit air gula atau madu untuk merangsang makan burung kolibri.

Hal yang perlu diingat adalah meskipun burung kolibri menyukai makanan yang manis, tetapi hindari memberikan kental manis kepada burung kolibri karena kental manis mengandung perasa buatan dan susu mamalia  serta pengawet dan pemanis buatan yang dapat berbahaya bagi kesehatan burung kolibri.

2. Memandikan dan menjemur burung kolibri secara rutin

Burung kolibri merupakan burung yang merasa tak nyaman jika tubuhnya kotor bahkan tubuh yang kotor bisa membuat burung kolibri merasa stres sehingga kondisinya melemah. Karena itulah, maka wajib untuk memandikan burung kolibri setiap hari. Burung kolibri bisa dimandikan pada pagi maupun sore hari dan dilakukan sehari sekali.

Cara memandikan burung kolibri sama dengan burung lain yaitu dengan menyemprot seluruh bagian tubuh burung kolibri.

Setelah memandikan, pastikan pula untuk mengeringkan tubuh burung kolibri dengan menjemurnya. Namun, ingat untuk tak meletakkan burung kolibri di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Jemur burung kolibri saat matahari tak terlalu panas yaitu antara pukul 09.00-10.00 pagi.

3. Membersihkan sangkar burung kolibri

Selain kebersihan tubuh, kebersihan sangkar juga hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara burung kolibri.

Karena ketika sangkar kotor, maka bisa mengundang beberapa penyakit kepada burung kolibri. Tentu ini bisa memengaruhi performa burung kolibri sehingga ia tak bisa gacor.

4. Mengembunkan burung kolibri

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat burung kolibri cepat gacor adalah dengan mengembunkan burung kolibri.

Mengembunkan berarti mengeluarkan burung kolibri di pagi hari saat udara masih sejuk. Burung kolibri akan secara naluriah berkicau ketika udara masih sejuk.

Hal ini bisa dilakukan setidaknya selama dua jam saat embun sedang turun dan udara terasa segar. Dengan begitu, burung kolibri akan rajin berkicau di pagi hari dan bisa cepat gacor.

5. Melakukan pemasteran

Pemasteran adalah cara utama yang bisa dilakukan untuk membuat burung kicau segera gacor. Untuk melakukan pemasteran pada burung kolibri, caranya tak berbeda jauh dengan melakukan pemasteran pada burung kicau lain.

Pemasteran dilakukan dengan menggunakan burung kicau lain atau menggunakan rekaman audio dari burung master.

Ketika melakukan pemasteran, jangan lupa untuk menutupi sangkar burung kolibri dengan kain agar burung kolibri bisa fokus mendengar stimulus dari suara yang ada.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *