Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan? Burung Berkicau sekarang ini sudah menjadi idola baru bagi banyak orang. Semakin kencang kicauannya, semakin banyak orang yang memburunya.

Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan
Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan

Agar burung dapat berkicau nyaring dan kencang, burung tersebut harus memiliki stamina yang kuat. Jika burung tidak punya stamina, kicauannya akan lemah dan pelan.

Stamina burung biasanya dapat ditingkatkan dengan menggunakan obat-obatan khusus. Namun cara ini tidak dianjurkan karena memakai obat terus-menerus akan membuat burung loyo dan lesu di kemudian hari.

Kandungan obat kimia hanya akan membuat burung sehat dengan stamina prima beberapa saat setelah pemakaian saja. Selanjutnya jika tidak diberi obat, stamina akan turun drastis dan burung kicauan jadi sakit.

Penggunaan makanan tambahan sebagai penambah stamina burung kicauan sangat dianjurkan daripada menggunakan obat-obatan.

Makanan umum yang biasanya digunakan sebagai bahan penambah stamina burung kicauan adalah kroto (anak semut).

Disamping kroto sebenarnya ada beberapa jenis makanan lain yang dapat dijadikan penambah stamina burung kicauan lainnya tapi tidak banyak yang mengetahuinya. Jenis makanan tersebut didapat dari daun-daunan.

Pemakaian daun-daunan sebagai penambah stamina burung kicauan sangat aman karena tidak ada efek sampingnya. Selain itu pemakaian daun-daunan juga lebih murah dan mudah ditemukan.

Baca Juga : Cara Mengobati Burung Sakit

Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan

Adapun Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan adalah sebagai berikut.

Daun ginseng

Manfaat Daun ginseng bagi burung kicauan hampir sama dengan manfaatnya bagi manusia. Daun Ginseng juga dapat meningkatkan stamina dan vitalitas burung kicauan.

Adapun cara pemakaiannya adalah dengan dirajang dan diberikan langsung sebagai sayuran.

Bisa juga dengan memberikan daun ginseng pada jangkrik terlebih dahulu, setelah itu jangkriknya diberikan pada burung untuk dimakan.

Daun pepaya

Daun pepaya mempunyai fungsi yang sangat baik untuk kesehatan burung. Disamping bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah terjadinya berbagai penyakit pada burung, daun pepaya juga dapat meningkatkan stamina burung kicauan.

Daun pepaya biasanya digunakan sebagai jamu penambah stamina untuk burung-burung kicauan yang akan diturunkan ke arena lomba. Cara pemakaiannya, sama dengan pemakaian  daun ginseng di atas.

Daun kunyit

Ketahuilah Daun kunyit mengandung banyak senyawa aktif yang bisa meningkatkan kesehatan dan stamina burung kicauan.

Daun kunyit juga banyak mengandung zat anti radikal bebas yang bisa mencegah penyakit mematikan dan juga mencegah virus atau bakteri pada burung.

Cara penggunaannya sama dengan daun pepaya dan daun ginseng, hanya yang perlu diperhatikan adalah baunya yang kurang sedap. Oleh karenanya daun kunyit harus diberikan saat burung dalam kondisi lapar.

Daun jahe

Daun jahe bisa jadi pilihan yang sangat baik bagi burung kicauan, selain mempunyai sifat hangat seperti rimpangnya, daun jahe juga dapat dijadikan makanan penambah stamina.

Adapun cara pemakaiannya sama dengan semua pemakaian daun-daun lainnya sebagai makanan.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai Jenis Makanan Penambah Stamina Bagi Burung Kicauan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *