Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi? Burung Kolibiri adalah salah satu burung yang memiliki kicau yang merdu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi
Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi

Ketahuilah bahwa Burung mempunyai ukuran sangat kecil ini dan sangat populer di kalangan para penggemar burung kicau.

Burung Kolibri memiliki banyak jenis dan salah satunya adalah kolibri ninja. Jenis kolibri ninja ini adalah salah satu yang paling popular di Indonesia.

Selain merdu, burung kolibri ninja juga adalah burung yang pintar karena dapat menirukan suara kicau dari burung lain. Maka tak heran burung yang satu ini sering dilombakan. Bahkan untuk burung yang satu ini ada kelas-kelas tersendiri dalam event perlombaannya.

Selain kicaunya, kolibri ninja juga memiliki warna bulu yang cantik. Burung kolibri ninja memiliki semacam makhota diatas kepalanya. Makhota tersebut berwarna hijau metalik dengan perpaduan warna biru.

Pada bagian perut burung kolibri berwarna merah sementara pada ekornya berwarna biru. Variasi warna yang kaya pada bulu burung kolibri ninja inilah yang membuat burung ini sangat dicintai dan banyak penggemarnya.

Karena suara kicaunya yang merdu dan bulunya yang indah banyak yang akhirnya menjadikan burung ini peliharaan di rumah. Selain dipelihara untuk kebutuhan pribadi, tak jarang juga para penggemar melatih burung ini untuk diikutkan dalam lomba kicau.

Maklum saja dewasa ini lomba kicau di Indonesia sudah menjadi trend dan hadiah yang ditawarkan pun juga cukup besar. Maka tak heran semakin banyak yang mencoba peruntungan untuk mengikutkan burung peliharaannya untuk mengikuti lomba.

Meski begitu dalam proses pemeliharaannya ada saja kendala yang biasa dihadapi, salah satunya adalah tiba-tiba burung kolibri ninja tidak mau berkicau.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab akan hal ini. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan dalam artikel berikut ini.

Penyebab Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi

Beberapa penyebab yang bisa saja menjadi alasaan burung kolibiri ninja berhenti atau tidak mau berbunyi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Burung Kolibri Ninja Sedang Sakit

Bisa dikatakan ini adalah penyebab paling umum kenapa burung kicau berhenti berbunyi. Ketika burung kolibri ninja tidak mau berbunyi bisa saja ia sedang sakit sehingga dipastikan ia tidak mau berbunyi.

Burung Kolibri yang sedang sakit biasanya ditandai dengan si burung yang tidak banyak bergerak, mata sering terpejam dan tidak banyak berterbangan.

Normalnya burung ini adalah burung yang suka bergerak aktif, sehingga jika ada ciri-ciri seperti yang disebutkan tadi maka kemungkian burung sedang sakit.

2. Kolibri Ninja Mengalami Stres

Selain sakit, faktor stress juga dapat mempengaruhi semangat burung kolibri ninja untuk berkicau. Penyebab stress dari burung kolibri ini sangat bermacam-macam.

Kolibri ninja mengalami stress bisa karena cara perawatan yang salah, sangkar yang tidak bersih, atau juga perubahan cuaca yang terjadi tidak menentu.

Ketika burung kolibri ninja mengalami stress biasa ditandai dengan kebiasan dia yang terlihat gelisah dan lebih mudah kaget.

3. Kolibri Ninja Masih Giras

Ketika baru membeli kolibri ninja dan kemudian menempatkan ke dalam sarang maka kolibri tidak akan langsung berkicau. Ini dikarenakan Kolibri masih kaget dan mencoba beradaptasi dengan tempat barunya.

Apalagi jika kolibri yang didapat adalah kolibri liar hasil tangkapan, maka perlu waktu lebih lama lagi karena si burung tidak biasa hidup dalam sangkar. Maka burung harus diperlakukan secara khusus agar ia segera merasa nyaman ditempat barunya.

4. Kolibri Ninja Over Birahi

Ketika burung kolibri ninja sedang over birahi maka dia akan malas berbunyi.

Justru dalam keadaan ini kolibri ninja akan menunjukkan kelakuan yang aneh. Kondisi burung kolibri ninja over birahi ini biasanya disebabkan karena pemberian makanan ekstra yang berlebihan.

5. Kolibri Ninja Ganti Bulu

Ketika kolibri ninja mengalami pergantian bulu dia juga akan berhenti berbunyi. Hal ini dikarenakan dalam proses pergantian bulu, burung kolibri ninja menahan rasa sakit yang dihasilkan dalam proses tersebut.

Cara Mengatasi Burung Kolibri Ninja Berhenti Berbunyi

Ada masalah tentu saja ada juga solusinya. Ketika burung kolibri ninja berhenti berbunyi maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentu saja cara-cara ini tergantung apa penyebab dari burung kolibri ninja berhenti berbunyi.

1. Melakukan Perawatan Yang Tepat

Ketika burung mengalami sakit atau stress maka itu bisa jadi diakibatkan karena perawatannya yang salah. Maka dari itu dalam pemeliharaan burung kolibri ninja diperlukan perawatan yang tepat.

Adapun beberapa cara perawatan yang baik antara lain adalah menjaga kebersihan kandang, memberi pakan yang cocok dan bernutrisi, memberik ekstra fooding dengan takaran yang pas dan rutin memandikan serta menjemur si burung.

2. Memberikan Terapi

Cara kedua untuk mengatasi kolibri ninja berhenti berbunyi adalah dengan memberikan terapi kepada si burung. Terapi bisa dilakukan dengan cara mendengarkan berbagai macam suara seperti suara music, suara gemericik air.

Cara ini dipercaya dapat mengatasi stress bagi burung kolibri ninja dan bisa merangsang burung untuk dapat segera bersuara dengan gacor.

3. Menyatukan Dengan Kolibri Betina

Ketika kolibri ninja sedang dalam kondisi over birahi maka cara mengatasinya adalah dengan menyatukan dengan kolibri ninja betina ke dalam satu sangkar. Penyatuan ini bisa dilakukan selama 3-4 hari agar burung kolibri ninja bisa melepaskan birahinya.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *