Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina? Burung mantenan terbagi atas tiga belas spesies yang tersebar di kawasan Asia.

Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina

Di antaranya adalah burung mantenan oren, burung mantenan merah, burung mantenan merah muda, burung mantenan cokelat, burung mantenan abu-abu, burung mantenan kecil, burung mantenan ryukyu, burung mantenan api, burung mantenan perut putih, burung mantenan paruh pendek, burung mantenan ekor panjang, burung mantenan dagu abu-abu, dan burung mantenan Sunda.

Karakteristik Burung Mantenan

Burung mantenan memiliki bulu berwarna-warni yang begitu indah. Suara mereka yang merdu menjadi daya tarik lebih untuk dipelihara.

Hampir semua jenis burung mantenan mempunyai ekor yang panjang. Sehingga agak sedikit sulit untuk mengelompokkan mantenan jantan dan betina.

Bagi para pemula, mungkin agak sedikit memerlukan waktu untuk membedakan burung mantenan jantan dan betina. Sekilas, mereka terlihat sama dan memiliki kebiasaan yang umumnya juga sama.

Untuk bisa membedakan antara mantenan jantan dan betina, mari mengklasifikasi mereka berdasarkan jenisnya.

Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk membedakan antara burung mantenan jantan dan betina.

Salah satunya adalah dengan melakukan identifikasi setiap spesies. Ini karena burung mantenan terbagi dalam beberapa jenis dan memiliki penampakan yang berbeda pula.

Burung Mantenan Ryuky

Ini merupakan jenis mantenan bertubuh sedang dan ramping. Burung mantenan ryuky berwarna hitam pada tubuh bagian atas dan berwarna putih pada tubuh bagian bawah.

Cara membedakan burung mantenan jantan dan betina dapat diidentifikasi dengan melihat warna bulunya.

Burung mantenan jantan memiliki alis dan ubun-ubun berwarna putih. Berbeda dengan burung mantenan betina yang memiliki warna sedikit pudar.

Burung Mantenan Abu-abu

Ini merupakan jenis burung pengicau yang berasal dari Asia Timur. Sesuai dengan namanya, bulu burung mantenan Abu-abu didominasi oleh warna hitam, putih, dan abu-abu.

Perbedaan antara burung mantenan jantan dan betina terletak pada mahkota, corak, dan warna. Burung mantenan jantan memiliki kepala berwarna hitam dengan mahkota berwarna putih.

Sementara itu, mantenan betina memiliki garis kehitaman pada dahinya dan kepala mereka berwarna abu-abu pucat.

Burung Mantenan Merah

Burung mantenan merah memiliki bobot seberat 29 gram dengan panjang 20 hingga 22 cm. Mereka memiliki paruh berwarna hitam yang kuat. Cara membedakan burung mantenan merah jantan dan betina cukup mudah.

Burung mantenan merah jantan bertubuh lebih besar dibandingkan mantenan merah betina. Para jantan memiliki kepala dan punggung berwarna hitam.

Bagian pantat dan punggung bawah berwarna merah tua. Terdapat bercak merah dan hitam pada ekor dan sayap.

Sementara itu, burung mantenan merah betina memiliki dahi berwarna kuning pekat. Mereka memiliki ekor berwarna hitam dan kuning, sayap berwarna kehitaman, dan bagian bawah tubuh berwarna kuning.

Burung Mantenan Paruh Pendek

Burung mantenan paruh pendek jantan berwarna hitam dan merah cerah. Terdapat pola pada sayap mereka berbentuk petir atau huruf ”V”. Mereka memiliki ekor yang panjang berwarna merah.

Sementara itu, tubuh para betina diselimuti bulu berwarna kuning dan abu-abu. Ubun-ubun mereka berwarna kuning dengan dahi berwarna kuning keemasan. Para betina memiliki ekor yang tidak begitu panjang berwarna kuning.

Burung Mantenan Ekor Pendek

Ini merupakan jenis mantenan yang sangat mudah diidentifikasi. Anda bisa membedakan mantenan ekor panjang jantan dan betina dengan memperhatikan warnanya.

Mantenan jantan diselimuti bulu yang berwarna merah kehitaman. Sedangkan mantenan ekor panjang betina memiliki bulu berwarna abu-abu kekuningan.

Burung Mantenan Dagu Abu-Abu

Umumnya, burung mantenan dagu abu-abu bertubuh kecil dan ramping. Mereka memiliki ukuran tubuh dengan panjang 17 hingga 19 cm.

Terdapat perbedaan yang signifikan antara mantenan jantan dan betina secara fisik. Kepala para jantan memiliki bulu berwarna abu-abu tua, tenggorokan mereka berwarna kuning zaitun, dan bagian bawah berwarna oren kemerahan.

Burung mantenan dagu abu-abu betina didominasi oleh warna kuning zaitun. Namun tenggorokan mereka berwarna abu-abu pucat.

Burung Mantenan Kecil

Burung mantenan kecil memiliki ukuran tubuh sekitar 14.5 – 16 cm. Para jantan mempunyai mahkota abu-abu. Punggung dan pipi mereka juga didominasi warna abu-abu.

Sayap dan tenggorokan mereka berwarna hitam. Terdapat sentuhan kuning pucat di bagian ujung ekor mereka yang berwarna hitam.

Perbedaan antara burung mantenan kecil jantan dan betina terletak pada kecerahan warna. Mantenan kecil betina memiliki warna yang sedikit lebih pucat dibandingkan dengan mantenan jantan.

Burung Mantenan Sunda

Ini merupakan jenis burung mantenan asli Indonesia. Mantenan sunda atau mantenan gunung memiliki tubuh berukuran cukup besar dibandingkan jenis mantenan lainnya. Umumnya, tubuh mereka didominasi oleh warna merah dan hitam.

Burung mantenan sunda jantan mempunyai bagian tubuh berwarna hitam pada kepala, dahi, dan tenggorokan. Sementara itu, mantenan sunda betina memiliki dahi, kepala, dan dagu berwarna merah.

Identifikasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membedakan burung mantenan jantan dan betina. Lebih lagi mereka memiliki warna dan bentuk tubuh yang berbeda secara jelas.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda dapat melakukan tes DNA dengan mengunjungi dokter hewan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *