Ciri, Makanan, Jenis, dan Harga Burung Mantenan

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Ciri, Makanan, Jenis, dan Harga Burung Mantenan? Burung mantenan atau Pericrocotus sp. merupakan bagian dari keluarga Campephagidae.

Ciri, Makanan, Jenis, dan Harga Burung Mantenan
Ciri, Makanan, Jenis, dan Harga Burung Mantenan

Secara umum, tubuh mereka berukuran kecil, ramping, berpostur tegak, dan berekor panjang. Burung mantenan senang memakan buah-buahan dan jenis serangga seperti ulat, kumbang, dan laba-laba.

Terdapat tiga belas spesies burung mantenan yang tersebar di Asia Timur dan Asia Selatan yaitu burung mantenan merah, burung mantenan merah muda, burung mantenan oren, burung mantenan cokelat, burung mantenan abu-abu, burung mantenan ryukyu, burung mantenan kecil, burung mantenan api, burung mantenan perut putih, burung mantenan dagu abu-abu, burung mantenan ekor panjang, burung mantenan paruh pendek, dan burung mantenan sunda.

Ciri-Ciri Burung Mantenan

Burung mantenan terbagi dalam beberapa spesies. Ini membuat gambaran fisik mereka terlihat berbeda-beda.

Umumnya, burung mantenan mempunyai bentuk tubuh yang kecil dengan ukuran maksimal 22 cm. Burung mantenan diselimuti oleh bulu berwarna-warni.

Itulah kenapa burung mantenan sering dijadikan peliharaan karena keindahannya. Selain itu, burung mantenan memiliki suara yang merdu yang dapat mengusir stress dan menenangkan pikiran.

Burung mantenan biasanya hidup di hutan hingga daerah ketinggian yang mencapai 200 mdpl. Mereka senang hidup secara berkelompok agar dapat bertahan hidup dan menghindari pemangsa.

Makanan Burung Mantenan

Burung mantenan memakan berbagai jenis serangga dan buah-buahan. Namun, mereka juga diberi makanan tambahan seperti kroto, ulat hongkong, dan vitamin.

1. Buah-buahan

Burung mantenan sangat menyukai buah-buahan segar. Ini sangat baik untuk perkembangan mereka. Apalagi untuk pilihan buah yang mengandung vitamin lebih banyak seperti pepaya, pisang, dan kelengkeng.

2. Kroto

Kroto merupakan pilihan makanan burung mantenan yang memicu mereka untuk sering berkicau. Permberian kroto dapat dilakukan satu kali setiap hari dengan takaran satu sendok teh.

3. Ulat Hongkong

Ini merupakan jenis makanan burung mantenan yang berasal dari larva kumbang kecil. Memberikan ulat hongkong dapat memberikan energi tambahan dan menstimulasi produktivitas burung mantenan.

4. Vitamin

Pemberian vitamin dilakukan agar burung mantenan mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, vitamin juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh mereka.

Jenis-Jenis Burung Mantenan

Terdapat tiga belas jenis burung mantenan yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Burung Mantenan Abu-Abu

Burung mantenan abu-abu tersebar di Siberia tenggara, Jepang, Korea, dan Cina bagian timur laut. Di musim dingin, mereka akan bermigrasi ke Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Burung mantenan abu-abu mendiami hutan serta daerah yang lebih terbuka dengan pepohonan yang menyebar.

Tubuh mereka diselimuti bulu berwarna abu-abu, hitam, dan putih. Ukuran tubuh mereka berkisar antara 18.5 hingga 20 cm.

2. Burung Mantenan Api

Ini merupakan jenis burung mantenan yang terancam punah karena kerusakan habitat.

Sebelumnya, mereka dapat ditemukan di Malaysia, Myanmar, Brunei, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Burung mantenan api mendiami daerah pegunungan dan hutan dataran rendah.

3. Burung Mantenan Flores

Burung mantenan flores atau Pericrocotus lansbergei merupakan jenis mantenan asli Indonesia. Mereka mendiami hutan subtropis dan hutan dataran rendah.

4. Burung Mantenan Merah

Burung mantenan merah atau Pericrocotus flammeus tersebar di Asia Selatan, Cina selatan, Indonesia, dan Filipina.

Mereka memiliki ukuran tubuh dengan panjang 20 hingga 22 cm. Paruh mereka berwarna hitam juga memiliki sayap yang panjang dan kuat.

5. Burung Mantenan Ryuky (Pericrocotus tegimae)

Burung mantenan ryuky tersebar di kepulauan Ryuky, Jepang Selatan. Ini merupakan bagian dari spesies burung mantenan abu-abu.

Tubuh bagian atas burung mantenan ryuky berwarna hitam dan berwarna putih di bagian bawah tubuh mereka.

Burung mantenan ryuky berukuran agak sedikit lebih besar dibandingkan dengan mantenan lainnya. Mereka senang hidup dalam kelompok kecil.

6. Burung Mantenan Kecil

Mereka tersebar dari Asia Selatan hingga ke India bagian timur dan Indonesia. Burung mantenan kecil senang hidup dalam kawanan kecil. Mereka mendiami semak belukar dan hutan berduri.

7. Burung Mantenan Sunda

Burung mantenan Sunda atau mantenan gunung bermukim di hutan pinus dan lahan pertanian. Mereka senang memakan beragam jenis kumbang, tempayak, telur serangga, dan ulat.

Burung mantenan sunda berukuran 19 cm dengan ekor yang panjang. Tubuh mereka diselimuti bulu berwarna merah dan hitam.

8. Burung Mantenan Ekor Panjang

Ini merupakan jenis burung mantenan yang bertubuh ramping dan berekor panjang. Mereka bermukim di pegunungan dan hidup dalam kawanan besar.

Burung mantenan ekor panjang adalah jenis mantenan yang aktif berkicau. Mereka tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya.

Harga Burung Mantenan

Burung mantenan merupakan salah satu jenis burung yang sering dipelihara. Mereka dipatok dengan harga yang bervariasi tergantung kemampuan berkicau, spesies, jenis kelamin, dan lainnya.

Burung mantenan yang sering berkicau akan dihargai lebih tinggi karena membutuhkan perawatan ekstra.

Untuk burung mantenan anakan dibanderol mulai dari harga Rp.70.000. Sementara itu, burung mantenan yang sudah dewasa dibanderol dengan harga Rp.250.000 – Rp.300.000.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Mantenan Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *