Pengertian Simbiosis Adalah : Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Simbiosis

Pengertian simbiosis adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang saling berdampingan dalam suatu tempat. Simbiosis ini berasala dari bahasa Yunani yang berarti dengan (Sym) dan Kehidupan (Biosis).

Pengertian Simbiosis Adalah - Jenis dan Contohnya
Pengertian Simbiosis Adalah – Jenis dan Contohnya

Simbiosis ialah salah satu jenis pola interaksi yang erat kaitannya antara dua organisme yang berbeda, sementara itu pengertian simbion adalah panggilan yang diberikan kepada makhluk hidup yang melakukan proses simbiosis ini.

Jenis-Jenis Simbiosis

Jenis Simbiosis dapat dibagi menjadi 5 golongan, diantaranya adalah :

1. Simbiosis Mutualisme

Pengertian simbiosis Mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling menguntungkan satu dengan yang lainnya,l artinya tidak ada satu organisme yang dirugikan.

Justru kerugian akan datang bila simbiosis mutualisme tidak terjadi. Oleh karena itu dengan adanya organisme lain sangat diperlukan dalam proses simbiosis ini.

Adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. Contoh :

  • Burung jalak dan kerbau

Burung jalak akan memperoleh makan berupa kutu dari tubuh kerbau, sedangkan kerbau akan memperoleh keuntungan berupa tubuh bersih dari kutu.

  • Bunga dan lebah

Kita ambil contoh bunga sepatu dan lebah. Proses penyerbukan telah terbantu oleh lebah, itu keuntungan bunga sepatu. Sedangkan lebah memperoleh keuntungan berupa madu dari bunga sepatu.

  • Flagellata dan rayap

Agar proses pencernaan pada rayap berjalan lancar, maka terdapat flagellata yang hidup di usus rayap untuk membantunya. Sedangkan flagellata sendiri bisa bertahan hidup dengan makanan dari si rayap.

2. Simbiosis Parasitisme

Pengertian simbiosis parasitisme adalah ketergantungan organisme yang satu dengan organisme yang lainnya namun yang diuntungkan hanya pihak kesatu sedangkan pihak yang kedua dirugikan.

Simbiosis ini melibatkan organisme parasit contohnya kutu, cacing, jamur, bakteri, benalu dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa parasit memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan tempat tinggalnya atau inangnya sebagai tempat berkembang biak dan sumber makanan.

Adalah hubungan timbal balik antara mkhluk hidup yang satu untung dan yang satu rugi. Contohnya adalah  :

  • Benalu dan inangnya

Benalu adalah salah satu tumbuhan yang akarnya tidak dapat tumbuh secara sempurna, sehingga akar tersebut tidak mampu menyerap air dan unsur hara dalam tanah, sehingga si benalu ini tumbuh atau numpang pada tumbuhan lain.

Dengan begitu, akar – akar tumbuhan benalu ini akan menyerap air  maupun unsur hara lainnya pada tumbuhan inang yang di tumpanginya demi bisa bertahan hidup.

Akirnya, tumbuhan inang yang di tumpanginya akan berubah ukuran menjadi kecil, kemudian kurus dan mati. Hal ini menguntungkan si benalu dan merugikan si inang.

  • Cacing tambang yang hidup di usus manusia

Didalam perut Cacing tambang hidup tepatnya berada di usus. Ia  akan menghisap darah manusia melalui usus, sehingga manusia tersebut akan mengalami anemia atau darah rendah karena kekurangan darah.

Hewan ini bisa di katakan mengerikan dan juga dapat menular melalui kaki yang telah terinfeksi larva cacing yang kemudian terbawa langsung ke usus melalui pembuluh darah sehingga cacing tambang tersebut menetap di dalam usus.

  • Tali putri dan inang

Tali putri hidup numpang di tumbuhan lain yang mana sari makanan tumbuhan tersebut hasil fotosintesis di makannya demi bertahan hidup, sehingga inang tersebut mati akibat sari makanan di ambil oleh tali putri.

3. Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah salah satu jenis interaksi organisme atau makhluk hidup dimana salah satu organisme mendapatkan keuntungan akan hal tersebut sedangkan yang lainnya tidak merasa diuntungkan dan juga tidak dirugikan.

Ini artinya satu organisme diuntungkan akibat interaksi btersebut sedangkan yang satu lagi sama sekali tidak terpengaruh.

Adalah hubungan timbal baik antara makhluk hidup yang satu dan makhluk hidup lain, yang satu memperoleh untung dan yang satu tidak rugi. Contoh :

  • Bunga anggrek dan inang

Tanaman anggrek membutuhkan inang sebagai rumah tinggalnya untuk bertahan hidup, maka dia harus hidup di pohon – pohon misalnya tanpa merugikan tanaman inang yang di tinggalinya. Dengan begitu si anggrek ini memperoleh untung.

  • Ikan hiu dan ikan remora

Untuk bertahan hidup, ikan remora memilih hidup di dekat ikan hiu  demi terhindar dari musuh atau pemangsanya.

Kondisi tersebut menjadikan mereka untung dan selamat karena takut terhadap ikan hiu, sedangkan si hiu tidak merasa di rugikan atau terganggu dengan kehadiran si ikan remora di sekelilingnya.

4. Simbiosis Amensalisme

Pengertian simbiosis Amensalisme adalah interaksi antara dua organisme dimana salah satu pihak mengalami kerugian sedangkan pihak yang lainnya tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan.

Beberapa contoh simbiosis amensalisme adalah sebagai berikut :

  • Pohon Pinus dengan Tumbuhan Lainnya

Ketahuilah bahwa pohon pinus bisa menghasilkan senyawa alelopati yang bisa merusak dan mengganggu tanaman yang berada disekitarnya.

Hal inilah yang menyebabkan daerah pohon pinis jarang kita temuka jenis tanaman lainnya yang bertahan hidup, hanya jenis rumput rumputan yang mampu bertahan.

Hampir semua jenis pohon sangat rentan terhadap senyawa alelopati yang dikeluarkan oleh pohon pinus karena dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon.

  • Dinoflagellata dengan Fitoplankton

Dinoflagellata merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang termasuk kedalam golongan alga. Interaksi Dinoflagellata dengan fitoplankton termasuk dalam simbiosis amansalisme.

Hal ini dikarenakan Dinoflagellata menghasilkan senyawa alelokimia yang mampu membuat fitoplankton dan binatang laut mengalami kematian.

Mikroorganisme yang satu ini juga mampu membuat air laut berubah warna menjadi kemerah merahan. Tentunya bagi Fitoplankton dan binatang laut sangat mengganggu sedangkan bagi Dinoflagellata sama sekali tidak untuk dan tidak rugi.

5. Simbiosis Netralisme

Pengertian simbiosis netralisme adalah salah satu jenis simbiosis yang terjadi antara dua makhluk hidup dimana kedua organis me atau makhluk hidup tersebut netral artinya tidak ada yang dirugikan dan tidak ada yang di untungkan.

Dibawah ini adalah beberapa contoh simbiosis netralisme, diantaranya :

  • Kupu-kupu dengan kerbau

Kupu kupu dan kerbau merupakan hewan yang hidup dialam bebas. Kadang kerbau dan kupu kupu di dalam daerah yang sama karena mencari makanan.

namun diantara keduanya tidakada yang dirugikan dan di untungkan dengan kehadiran mereka. Artinya keduanya hidup dengan harmonis.

  • Kambing dengan Ayam

Kambing adalah hewan yang termasuk jenis herbivora memiliki hubungan yang baik dengan hewan lainnya misalkan ayam.

Hal ini dapat dilihat ketika dalam suatu area yang sama terdapat dua jenis hewan ini. Keduanya sama sekali tidak rebutan makanan, bahkan malah berbaur satu dengan yang lainnya.

Hal ini dikarenakan faktor makanan yang berbeda sehingga tidak terjadi kompetisi dalam merebutkan makanan sehingga hidup dengan damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *