Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Begonia

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Begonia – Tanaman Begonia merupakan tanaman yang tergolong sebagai tumbuhan hias. Begonia biasanya akan tumbuh di tempat yang memiliki karakter lembab dengan kandungan tanah humus yang kaya akan nutrisi.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Begonia
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Begonia

Tempat atau habitat yang cocok untuk tanaman ini berkembang biak berada di iklim tropis dan subtropis yang rata-rata memiliki udara sejuk dan dingin.

Jenis keluarga tanaman dari Begonia ini sebenarnya ada banyak macamnya, menurut ahli total sebayak 1.600 jenis yang tersebar diseluruh dunia, sedangkan di Indonesia Begonia dapat ditemui sebanyak 400 jenis tanaman.

Salah satu dari beberapa spesies tanaman Begonia yang memiliki keunikan adalah Begonia Cane. Spesies ini memiliki karakter seperti bunganya berukuran besar dan mengeluarkan aroma yang sangat harum serta wangi. Biasanya warna daun untuk spesies ini adalah merah muda, ungu dan putih

Selain indah untuk dibuat tanaman hias, Begonia juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Khasiat yang terdapat di dalamnya dipercayai dapat menyembuhkan penyakit seperti demam dan penyakit kelamin sipilis.

Kemudian kelebihan lainnya dari tanaman ini sebagai obat herbal adalah dapat menghilangkan batuk serta melegakan tenggorokan, menurunkan panas demam, bisa juga sebagai penyembuh luka baru dan masih banyak lainnya.

Setelah kita menyinggung sedikit soal khasiat yang dapat di hasilkan oleh tanaman Begonia, mari selanjutnya kita tengok klasifikasi dari tanaman Begonia itu sendiri.

Klasifikasi Tanaman Begonia

Dan berikut adalah klasifikasi Begonia atau dikenal dengan nama latinnya Begonia SP.

  • Kingdom : Plante
  • Subkingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Violales
  • Famili : Begoniaceae
  • Genus : Begonia
  • Spesies : Begonia SP

Morfologi Tanaman Begonia

Setelah kalian membaca dan memahami klasifikasi diatas, maka kali ini kita akan lanjut dengan pembahasan morfologi Begonia. Umumnya bentuk morfologi dari tanaman ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjalasan dari kami.

1. Morfologi Akar Tanaman Begonia

Akar merupakan bagian dari tanaman yang berfungsi untuk mencari makan dan juga bisa berfungsi sebagai alat penyimpan candangan makanan. Bentuk akar dari tanaman Begonia ini menyerupai serabut halus yang keluar dari pangkal batang.

2. Morfologi Batang Tanaman Begonia

Bentuk dari tanaman Begonia biasanya bersemak dan menjalar, sehingga bentuk batang dari tanaman tersebut sebagian ada yang muncul dipermukaan dan ada yang tertanam bersama dengan tanah.

Untuk batang yang berada di permukaan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruas-ruas, lalu karakter batang berbentuk tabung atau silindris, berambut serta memiliki warna hijau kemerahan.

3. Morfologi Daun Tanaman Begonia

Disebuah tanaman, daun merupakan salah satu bagian terpenting dalam kelangsungan hidup bagi tumbuhan. Disini adalah tempat terjadinya fotosintesis suatu tumbuhan yang dibantu dengan peranan sinar matahari.

Untuk bentuk daun yang dimiliki oleh Begonia cukup unik, karena karakter bentuk daunya tidak sama alias asimetris. Sehingga ketika kalian coba melipat ujung sisi ke ujung sisi daun maka ukurannya tidak sama dan tidak simetris.

Berbeda jenis berbeda juga bentuk pangkal daun yang dimilliki oleh Begonia ini, ada yang berbentuk menyerupai oval, hati, berumbai-rumbai, menjari dan masih banyak lagi.

Selain itu kontur ketebalan daun juga berbeda-beda ada yang tebal ada juga yang tipis. Secara visual tekstur daun Begonia ada yang mengkilap dan bergelombang. Untuk warna daun sangat bervariatif, hal ini bisa disebabkan oleh faktor gen dan kromosom tanaman.

4. Morfologi Bunga Tanaman Begonia

Bunga disuatu tanaman digunakan untuk tempat pembuahan atau penyerbukan. Salah satu proses yang akan terjadi di dalam bunga adalah bertemunya benang sari dengan ovum.

Untuk tanaman Begonia memiliki bunga majemuk, dimana bunga ini akan muncul dibagian ujung batang tanaman. Karakter bunga pada tanaman Begonia ini khususnya untuk bunga jantan memiliki 2 sampai 4 buah bunga dan disini akan ditemukan banyak benang sari yang siap untuk proses membuahi.

Sementara untuk bunga betina memiliki 2 sampai 5 bunga. Kalau secara visual, tampilan bunga dari tanaman Begonia ini sangat beragam, ada yang berwarna putih, kuning, pink dan banyak warna lainnya.

Bunga akan mekar menyerupai bentuk seperti payung, dan didalamnya memiliki tangkai sari berukuran panjang 5 sampai 10 cm.

5. Morfologi Buah Tanaman Begonia

Bisa dibilang jenis buah dari dari tanaman Begonia ada dua macam, yakni buah bertipe daging basah, buah bertipe kapsul, bertanduk, berongga dan bersayap.

Warnanya cukup bervariatif, seperti warna putih, pink, orange, hijau, merah ada juga yang coklat. Sedangkan untuk bentuk bijinya sangat kecil dan halus, bisanya biji bunga Begonia berwarna coklat. Buah ini nantinya dijadikan pembeda setiap jenis tanaman Begonia yang satu dengan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *