Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum – Tanaman gandum ini sudah dikenal mulai dari jaman pra sejarah. Di jaman yang seperti ini tanaman gandum sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada pada jaman tersebut.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandum

Ini dikarenakan gandum menjadi suatu kebutuhan pokok ataupun sumber makanan bagi warga masyarakat. Jadi tak salah lagi kalau gandum ini banyak dikenali oleh orang-orang yang sudah tua.

Tanaman gandum menjadi salah satu kelompok dari tanaman serealia untuk dikonsumsi masyarakat sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan mie dan roti.

Gandum termasuk sebuah tanaman yang sangat bermanfaat bagi hewan ternak dan bahan baku utama untuk industri. Pada umumnya gandum ini sangat bermanfaat pada penyakit kronis, misalnya hipertensi, diabetes dan lain sebagainya.

Nah berbicara mengenai kelebihan dari tanaman gandum, kali ini kami akan mengulas tentang klasifikasi beserta dengan morfologi dari tanaman gandum.

Seperti apa sih klasifikasi dan morfologi tanaman gandum? Disinilah anda akan mengetahui klasifikasi tanaman gandum beserta dengan morfologinya. Mari kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Gandum

Untuk hal yang pertama anda harus mengetahui klasifikasi dari tanaman gandum ini. Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi dari tanaman gandum yang paling lengkap dari kami.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Poales
  • Super Ordo : Lilianae
  • Famili : Poaceae
  • Genus : Triticum L
  • Spesies : Triticum Aestivum L

Morfologi Tanaman Gandum

Jika anda telah membaca klasifikasi dari tanaman morfologi, maka selanjutnya anda akan membaca mengenai morfologi dari tanaman gandum.

Morfologi tanaman gandum meliputi akar, batang, daun, bunga dan biji. Seperti apa pembahasannya? Nah dibawah inilah yang merupakan pembahasan terlengkap yang mengenai morfologi tanaman gandum, berikut ulasannya.

1. Morfologi Akar Tanaman Gandum

Tanaman gandum ini memiliki akar yang berserabut, beruas, melebar hingga panjang yang berkisar 1 sampai 2 cm. Akar yang berasal dari tanaman gandum ini telah memiliki warna putih kotor hingga kecoklatan.

Tak hanya itu saja, bahkan akar tanaman gandum ini memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyerap air atau mineral yang ada di dalam tanah.

2. Morfologi Daun Tanaman Gandum

Untuk daun dari tanaman gandum memiliki bentuk yang tumbuh tegak, memanjang, melengkung dan sampai berbentuk garis yang sama halnya dengan pita.

Ukuran dari daun tanaman gandum ini diperkirakan memiliki panjang yang berkisar 30 sampai 60 cm. Sementara itu daun dari tanaman gandum memiliki warna hijau mudah dan hijau tua. Daun dari gandum ini memiliki yang halus serta bulu halus dan  melengkung.

3. Morfologi Batang Tanaman Gandum

Selain kedua morfologi yang ada diatas, ternyata tanaman gandum memiliki batang yang beruas dengan berbentuk bulat yang memanjang.

Bahkan ukuran dari batang tanaman gandum ini diperkirakan mencapai 1 hingga 2 cm dengan panjang batang yang mencapai 3 sampai 5 cm ataupun bisa lebih. Memiliki warna yang hijau mudah dan tekstur lunak.serta geli dan warnanya yaitu hijau mudah.

4. Morfologi Bunga Tanaman Gandum

Bunga dari tanaman gandum ini memiliki jenis yang bermajemuk. Kumpulan spikelet atau bunga bertumpuk yang satu dengan yang lainnya di bagian malai.

Bahkan untuk setiap spikelet telah dilengkapi dengan beberapa bulir dan juga kulir ari. Selanjutnya suatu bulir ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Umumnya setiap spikelet mampu menghasilkan dua hingga tiga biji.

Tanaman gandum merupakan salah satu tanaman mampu meyerbuk dengan cara yang sendiri atau disebut dengan sebutan self pollination.

Bunga tanaman gandum akan mekar dengan cara yang normal dalam beberapa apabila malai telah timbul. Untuk proses pembungaan tanaman gandum biasanya tergantung dari musim, apabila proses pembungaan dijalankan pada musim dingin, maka prosesnya akan melambat.

5. Morfologi Biji Tanaman Gandum

Biji atau biasanya disebut kernel  tanaman gandum dengan bentuk yang bulat oval. Ukurannya telah mencapai yang berkisar 6 hingga 8 mm serta diameter yang berkisar dua sampai tiga mm.

Biji tanaman gandum memiliki tekstur sedikit keras dan dilengkapi dengan tiga bagian, seperti bagian kulit atau bran, bagian lembaga atau biasanya disebut sebagai germ dan juga bagian endosperma.

Setiap itu, ternyata bagian biji sulit memisahkan, ini dikarenakan merupakan suatu kesatuan biji. Tak hanya itu saja, telah diketahui ternyata  bagian yang dipisahkan. Nah untuk memisahkan kulit, biasanya akan melalui sebuah proses penggilingan pada saat pasca memanen.

Bran merupakan suatu kulit yang berasal dari luar biji tanaman gandum. Serta terdiri atas berbagai lapisan, mulai dari aleuron, tests, endokrap dan epidermis.

Endosperma menjadi suatu bagian yang terbesar pada biji gandum dan mengandung protein, mineral dan pati. Bagian lembaga atau germ menjadi suatu bagian yang inti pada biji gandum, dimana bagian lembaga ini merupakan tempat cadangan makanan serta mengandung lemak.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Gandum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *