Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kencur

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kencur – Kencur merupakan salah satu tanaman rempah  atau hal ini bisa dijadikan sebagai bahan penyadap dari sebuah makanan maupun obat-obatan secara herbal.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kencur
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kencur

Tanaman kencur pada dasarnya telah memiliki berbagai manfaat. Bahkan fungsi dari tanaman kencur ini dapat membantu seseorang dalam meredakan batuk anda. Selain itu, ternyata tanaman kencur ini mampu menghilangkan rasa stress.

Tanaman kencur ini mampu menghilangkan rasa cemas, stress dan juga depresi yang berlebihan. Tanaman kencur menjadi salah satu tanaman yang mudah untuk membudidayakan tanaman kencur.

Tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia mampu dijadikan sebagai alat untuk itu tanaman ini juga herbal dalam mengatasinya.

Nah seperti apa yang sudah dijudulkan, dimana kami disini akan membahas secara lengkap mengenai klasifikasi dan diserta dengan warna.

Apa saja yang menjadi klasifikasin dan juga morfologi dari tanama. Buaya? Dibawah inilah yang menjadi klasifikasi dan morfologi yang terlengkap. Apa saja yang menjadi klasifikasi dan morfologinya?   Langsung saja disimak pembahasan yang ada dibawah ini.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kencur

Klasifikasi Tanaman Kencur

Tanaman kencur memiliki bahasa latin yakni Kaempferia Galanga beserta dengan klasifikasinya. Seperti apa klasifikasi dari tanaman kencur ini? Langsung saja disimak ulasan yang telah tertulis dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Zingiberales
  • Super Ordo : Lilianae
  • Famili : Zingiberaceae
  • Genus : Kaempferia L.
  • Spesies : Kaempferia Galanga L.

Morfologi Tanaman Kencur

Pada tanaman kencur ini terdapat rizihome yang bertumbuh dalam tanah dengan cara yang berkelompok serta bercabang.

Sementara morfologi dari tanaman kencur ini akan meliputi pada akar, batang, daun, bunga hingga buah dan bijinya. Mari kita simak bersama mengenai morfologi tanaman kencur, seperti apa yang sudah tertulis dibawah ini.

1. Morfologi Akar Dari Tanaman Kencur

Akar tanaman kencur umumnya bertumbuh dengan cara yang berkelompok serta memiliki cabang bersama serabut yang berwarna putih.

Selain itu, akar tanaman kencur memiliki akar yang bertumbuh secara berdampingan dengan rimpang atau rizihome berwarna coklat yang keputih-putihan.

Pada umumnya akar dari tanaman kencur ini memiliki warna coklat yang cukup keras apabila dibandingkan dengan rimpang atau rizihome nya.

2. Morfologi Bunga Dari Tanaman Kencur

Bunga yang dimiliki oleh tanaman kencur terdapat warna yang putih serta berbau harum dan memiliki empat helai mahkota daun.

Pada tangkai bunga kencur ini terdapat  daun yang kecil dengan ukuran panjang berkisar 2 hingga 3 cm. Bahkan tangkai tersebut memiliki cabang api dan mampu bertumbuh berbagai tangkai yang memiliki panjang berkisar 5 hingga 7 cm dengan bentuk bulat beruas.

Bunga dari tanaman kencur ini berbentuk majemuk yang telah disusun secara setengah duduk di kuntum yang berjumlah 4 hingga 12 buah. Di bagian bibir bunga atau labellum memiliki lembayung yang berwarna putih lebih dominan.

3. Morfologi Daun Dari Tanaman Kencur

Morfologi daun dari tanaman kencur terdapat helaian daun dan telah tersembunyi dibagian tanah dalam. Daun dari tanaman kencur ini memiliki pertumbuhan yang secara mendatar dibagian permukaan tanah atas yang disertai dengan bentuk yang besar eliptis ataupun rizihome.

Di bagian tandan bunga yang berasal dari bunga kencur dan telah dilengkapi dengan 4 hingga mencapai 12 bunga yang berwarna putih serta memiliki bentuk.

Tanaman kencur telah menyediakan daun rizihome dengan tenggalam yang berada pada  RS. Selain itu, rizihome yang dimiliki oleh tanaman mampu bertumbuh dengan dan telah disertai dengan warna hijau yang akan bertumbuh dengan cara yang bergerombolan ataupun bekerlompok.

Jumlah daun dari tanaman kencur ini memiliki 2 hingga 3 helai. Akan tetapi hal ini jarang untuk ditemukan dengan apa yang telah disebutkan tadi.

4. Morfologi Batang Dari Tanaman Kencur

Pada umumnya tanaman kencur ini tidak tersedia batang, namun meski tidak memiliki batang, tanaman kencur memiliki banyaknya rizihome dengan cabang yang disertai warna hitam agak keabu-abuan.

Bahkan mampu bertumbuh kurang lebih berkisar 30 hingga 70 cm dan hidup dengan cara parennial. Di bagian akar akan membentuk umbi yang disertai dengan warna coklat seperti daging dan pada bagian dalam terdapat warna kuning keputihan.

Nah umbi tersebut memiliki bentuk yang bulat memanjang dan disertai dengan bau yang secara khas ataupun aromatik.

5. Morfologi Buah Beserta Dengan Biji Tanaman Kencur

Tahukah anda kalau tanaman kencur ini telah tersedia rizihome yang terdapat pada dalam tanah. Bahkan di bagian rizihome akan tumbuh dengan cara yang bercabang dan juga berkelompok yang telah diposisikan pada induk tengah.

Memang pada umumnya kulit dari tanaman kencur telah memiliki sebuah warna, yakni coklat, namun di suatu bagian tepatnya di dalam telah tersedia sebuah warna yaitu warna putih.

Perlu diketahui kalau rizihome yang masih berwarna kuning ini bertanda kalau usianya masih mudah dengan kandungan air yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan rizihome yang telah tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *