Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kola

Diposting pada

Salah satu tanaman yang bisa dibilang unik adalah tanaman kola. Pasalnya tanaman ini memiliki ciri-ciri yang tidak sama dengan tumbuhan yang lain. Karena alasan inilah perlu kiranya dijelaskan ciri-ciri tanaman kola.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kola
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kola

Menurut bahasa populernya ciri-ciri tanaman kola disebut klasifikasi tanaman. Sedangkan untuk ciri-ciri khusus disebut morfologi tanaman. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang keduanya yang dikemas dengan kalimat uraian yang mudah dan jelas.

Klasifikasi dan morfologi tanaman kola adalah kajian dari taksonomi tanaman. Di dalamnya dijelaskan tentang ciri-ciri tanaman kola baik yang umum, khusus maupun yang ilmiah. Tujuannya adalah supaya masyarakat lebih tahu tentang tanaman ini.

Umumnya kajian ini didasarkan pada riset ahli botani yang telah dilakukan bertahun-tahun. Sehingga penjelasannya tidak mungkin asal sehingga layak dijadikan sebagai ilmu pengetahuan. Berikut ulasan yang dimaksud:

Klasifikasi Tanaman Kola

Tanaman kola adalah tanaman yang bijinya banyak dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Selain rasanya enak ternyata biji tanaman ini bagus untuk asma serta menyegarkan badan. Maka dari itu banyak masyarakat yang mencoba untuk membudidayakannya.

Tanaman kola tumbuh subur di daerah yang contour tanahnya lembap. Seperti di daerah yang masih masuk ke dalam kawasan benua Afrika. Di sinilah tanaman kola dianggap pertama kali muncul.

Tanaman kola adalah tanaman yang rentan mati. Maka dari itu jika ingin membudidayakannya pastikan gulma dan penyakit harus dibasmi semuanya. Karena sekali tanaman kola diserang hama maka daun akan langsung mengering.

Umumnya tanaman kola ditanam dari bijinya. Namun sebagian petani juga ada yang membudidayakannya dengan cara steak batang. Bagaimanapun jenis penanamannya jika tanahnya subur peluang tanaman untuk tumbuh sangat besar.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kola

Tanaman kola adalah tumbuhan yang berjenis kingdom plantae. Sedangkan untuk genusnya ialah cola yang masuk ke dalam spesies malvaceae. Tanaman ini tergolong kelas magnoliopsida dengan ordo malvales. Ini dia uraian klasifikasi Tanaman Kola yang lebih lengkap:

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Rosanae
  • Ordo : Malvales
  • Famili : Malvaceae
  • Genus : Cola
  • Spesies : Cola acuminate

Morfologi Tanaman Kola

Jika sudah mengetahui tentang klasifikasi tanaman kola berikut akan dijelaskan tentang morfologi tanaman. Uraian yang terkait dengan ciri-ciri tanaman yang lebih khusus. Seperti ciri-ciri tentang daun, batang, akar dan buah. Berikut uraiannya:

1. Morfologi Akar

Akar tanaman kola bersifat tunggang. Warnanya seperti tanah atau cokelat kotor yang batang akarnya menembus tanah dengan kedalaman beberapa senti. Akar inilah yang menjadi penopang tanaman.

Selain itu akar tanaman kola menjadi syarat tumbuhan tumbuh dengan baik. Karena salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan air dan nutrisi tanah untuk diantarkan pada batang, daun dan juga buah.

2. Morfologi Batang

Tanaman kola memiliki batang dengan tekstur keras dan alot. Sedangkan sifat batangnya adalah berkayu dengan diameter cukup besar dan bercabang. Jika diraba permukaannya terasa kasar dengan ketinggian batang mencapai 10-20 meter.

3. Morfologi Daun

Tanaman kola memiliki daun unik. Pasalnya helai daun ini berbentuk mirip mata tombak. Yaitu bulat telur dengan tekstur semakin ke ujung semakin lancip dan tajam. Untuk sifatnya adalah berkelompok sehingga jika tanaman sudah tua batang pun sulit dilihat.

Warna utama daun tanaman kola adalah hijau. Ini sudah termasuk tanaman yang tua maupun yang masih muda. Karena warna hijau yang kental pertulangan daun nyaris tidak terlihat. Padahal jenisnya menyirip dengan jumlah ganda yang saling berlawanan.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman kola berjenis majemuk dengan ukuran yang sangat kecil. Sekalipun demikian di dalam satu pohon terdapat dua jenis sekaligus yaitu bunga jantan dan bunga betina. Maka dari itu pembuahan tanaman ini mudah dilakukan.

Hampir semua spesies tanaman kola memiliki bunga berwarna putih dan cream. Namun karena teksturnya terlalu kecil maka bunga-bunga ini lebih sering gugur di awal pertumbuhannya.

5. Morfologi Buah

Yang unik berikutnya adalah buah tanaman kola. Pasalnya buah tanaman ini berbentuk knobs yang berwarna hijau tua.

Buah ini sedikit terbuka karena tidak kuat menampung biji yang ada di dalamnya. Dari sini terlihat biji dan daging buah yang berwarna merah dan ungu.

Itulah penjelasan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kola. Sebuah uraian terkait dengan taksonomi tanaman yang harus diketahui oleh semua orang. Terutama kalangan mahasiswa, petani dan praktisi botani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *