Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam – Tumbuhan nilam ini merupakan tanaman berupa semak yang mempunyai tinggi bisa mencapai sekitar satu meter. Tanaman ini sangat menyukai suasana yang cukup teduh, hangat, dan juga lembap.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam

Nilam ini sering kali mudah layu jika telah terkena sinar matahari langsung ataupun kekurangan air. Bunganya akan menyebarkan bau wangi yang sangat kuat. Bijinya sangat kecil. Perkembangan  nilam ini biasanya dilakukan secara vegetatif.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara pemasok nilam terbesar yang ada di pasaran internasional dengan kontribusi bisa mencapai 90%.

Sebagian besar dari produk minyak nilam yang diekspor ini akan dipergunakan dalam sebuah industri parfum, kosmetik, dan juga insektisida.

Kandungan nilam ini tidak hanya minyak astiri, yang mana tanaman nilam ini juga mempunyai kandungan kimia yang sangat banyak. Kandungan kimia dari tumbuhan nilam tersebut antara lain tanim, saponin, dan flavonoida, serta terpenoid, steroid.

Selain itu, minyak nilam ini juga mempunyai kandungan alkohol yang berfungsi sebagai sebuah bahan untuk anti bakteri. Senyawa ini bisa menghampat pertumbuhan dari bakteri. Untuk bisa mengenal lebih jelas mengenai berbagai macam tanaman nilam ini, maka berikut ini telah disajikan klasifikasi dan morfologi  dari nilam.

Klasifikasi Tanaman Nilam

Nama ilmiah dari nilam ataupun nama latin nilam yaitu Pogostemon cablin Benth. Klasifikasi untuk tumbuhan nilam ini yaitu sebagai berikut :

  • KINGDOM : Plantae
  • SUB KINGDOM : Viridiplantae
  • INFRA KINGDOM : Streptophyta
  • SUPER DIVISI : Embryophyta
  • DIVISI : Tracheophyta
  • SUB DIVISI : Spermatophytina
  • KELAS : Magnoliopsida
  • SUPER ORDO : Asteranae
  • ORDO : Lamiales
  • FAMILI : Lamiaceae
  • GENUS : Pogostemon Desf.
  • SPESIES : Pogostemon cablin (Blanco) Benth

Morfologi Tanaman Nilam

1. Morfologi Akar Nilam

Perakaran tanaman nilam ini merupakan akar serabut yang sangat wangi dan tumbuhnya terlihat menjalar di dalam tanah. Akar-akar sekunder dari tanaman yang sudah dewasa akan menyebar sekitar 20 – 30 cm yang ada di bawah permukaan tanah.

Tanaman yang berasal dari sebuah perbanyakan vegetatif atau stek ini biasanya mempunyai akar serabut yang sangat kuat sehingga tanaman ini bisa berdiri tegak dan juga kuat.

2. Morfologi Batang Nilam

Batang dari tanaman ini adalah batang berkayu yang panjangnya kira-kira sekitar 20 – 40 cm dengan diameter batang sekitar 10 sampai 20 mm.

Sistem dari percabangan tanaman ini sangat bertingkat mengelilingi batang, biasanya terdapat 3 sampai 5 cabang untuk per tingkat dan cabang tanaman ini berjumlah banyak.

Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai kurang lebih sekitar 1 meter dengan radius cabang selebar kurang lebih sekitar 60 cm jika tanaman tersebut sudah berumur 6 bulan.

3. Morfologi Daun Nilam

Daun tanaman ini terlihat berbentuk bulat oval sampai bulat panjang atau lonjong dan menyerupai jantung. Ukuran daun untuk tamanan ini yaitu sekitar 5 sampai 10 cm.

Daun yang memiliki warna hijau ini terlihat tipis dan tidak kaku. Pada permukaan daun pada bagian atas telah terdapat bulu-bulu dan terasa kasar.

Letak dari duduk daun saling berhadap-hadapan, pada bagian ujung daun terlihat tumpul dan urat daun terlihat menonjol keluar. Pada sebagian besar daun yang telah melekat di ranting tersebut hampir selalu akan berpasangan satu sama lainnya.

Manfaat Daun Nilam

  • Obat Sakit Kepala

Khasiat untuk tanaman nilam pertama yaitu merupakan obat herbal untuk sakit kepala. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun nilam ini bisa meredakan sakit kepala, termasuk juga migrain.

  • Mengatasi Diare

Khasiat selanjutnya dari daun nilam yaitu untuk pengobatan diare dan akan mencegahnya datang kembali. Daun nilam ini mempunyai sifat antibakteri yang kuat untuk bisa mengeluarkan bakteri penyebab penyakit diare di saluran pencernaan Anda.

  • Mengobati Disentri

Penyakit lainnya yang bisa Anda untuk Anda obati dengan khasiat yang ada di daun nilam yaitu disentri. Memang tidak ada salahnya untuk Anda mencoba sebuah campuran herbal dari daun nilam ini. Hal ini dipercayakan untuk bisa mengatasi penyakit disentri dan juga mencegah untuk menyerang tubuh lagi.

  • Menghilangkan Bau Badan

Khasiat tanaman nilam lainnya yang efektif yaitu untuk mengatasi berbagai bau badan yang berlebihan. Satu daun nilam ini diketahui mengandung senyawa yang sangat tepat untuk mencegah tubuh Anda dari keringat berlebih. Sehingga hal ini tidak menghasilkan bau badan yang sangat tidak menyenangkan.

  • Anti Rematik

Khasiat lainnya untuk daun nilam juga mempunyai fungsi sebagai anti-rematik. Daun ini bisa mencegah berbagai penyakit rematik yang akan mempengaruhi tulang Anda. Kelebihan dari daun nilam juga bisa untuk memperkuat tulang Anda dari berbagai penyakit dan juga memadatkan strukturnya.

  • Obat Bisul

Manfaat lainnya dari daun nilam ini salah satunya bisa untuk mengobati bisul. Bisul merupakan gejala kulit bengkak yang bisa diakibatkan oleh berbagai faktor tertentu seperti halnya peradangan ataupun alergi. Anda bisa mengempeskannya dengan menggunakan daun nilam ini.

Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman nilam serta berbagai macam manfaat yang dihasilkanya. Apabila Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat dari tanaman ini maka Anda bisa menanamnya dengan mudah. Mengetahui morfologi dari tanaman ini akan memudahkan Anda untuk menanamnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Nilam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *