12 Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Menarik

Tahukah Anda Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Menarik? Banyak anggapan yang berkata jika menulis artikel itu tidaklah susah.

Hanya butuh duduk di depan komputer atau laptop, kemudian menulis apapun yang ada di kepala, dan selesai sudah. Nyatanya, menulis artikel tidaklah semudah kelihatannya.

Jika sebuah tulisan atau artikel tersebut tidak menarik dan tidak berkualitas, maka sudah pasti tulisan itu akan ditinggalkan pembacanya.

Untuk itu, jika Anda saat ini termasuk pemilik website atau blog yang ingin menghasilkan tulisan berkualitas, mari simak tips-tips berikut yang akan mengupas secara detail mengenai cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas.

DAFTAR ISI

Ciri Artikel Berkualitas dan Menarik

Sebelum menyentuh komputer dan mulai mengetikkan kalimat panjang lebar, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja ciri dari artikel yang menarik dan berkualitas.

Nah, setidaknya sebuah artikel dikatakan menarik jika artikel tersebut mempunyai kriteria berikut:

  1. Mudah ditemukan oleh mesin pencari
  2. Banyak dibagikan oleh pembaca
  3. Dapat dibaca dengan mudah
  4. Tidak mudah dilupakan oleh pembaca

Keempat ciri di atas adalah kriteria yang paling mendasar yang patut untuk dipenuhi saat menulis artikel berkualitas.

Jika artikel yang Anda tulis mampu ditemukan dengan mudah oleh pembaca, itu berarti Anda telah menggunakan kata kunci yang relevan.

Lalu, sebuah artikel yang berkualitas pastinya akan mengundang pembaca untuk membagikan artikel yang Anda tulis.

Disamping itu, ketika artikel yang Anda tulis juga mengandung informasi yang menarik, pembaca akan mengingat tulisan tersebut bahkan setelah mereka selesai membaca artikel tersebut.

Kemudian, tingkat keterbacaan suatu artikel juga akan mempengaruhi kualitas tulisan. Dalam hal ini, format penulisan artikel Anda harus diperhatikan dengan benar.

Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Menarik

Berikut adalah beberapa hal Cara Membuat Artikel Berkualitas dan Menarik yang harus Anda terapkan :

Mengetahui Target Pembaca

Nah, setelah sekilas menyimak tentang ciri-ciri artikel yang menarik dan berkualitas, berikutnya mari beranjak ke pembahasan utama yaitu mengenai cara pembuatan artikel dengan kriteria tersebut.

Di cara yang pertama ini, Anda tidak akan langsung menulis artikel begitu saja. Melainkan Anda harus mengetahui dulu bagaimanakah kriteria dari pembaca Anda nantinya.

Misalnya, jika website yang Anda miliki memuat tulisan mengenai games, maka Anda harus mengetahui kalangan mana yang akan membaca tulisan tersebut.

Di sini, Anda bisa memperkirakan kalau target pembaca website Anda adalah kebanyakan laki-laki dengan usia muda.

Dengan begitu, nantinya Anda harus menyesuaikan gaya tulisan sesuai dengan target pembaca tersebut.

Gaya tulisan yang terlalu baku pastinya kurang cocok bukan untuk kalangan tersebut? Jadi, cobalah untuk mengenali dulu siapa target pembaca Anda sebenarnya.

Lakukan Riset Sebelum Menulis

Sebuah artikel bisa dikatakan menarik dan berkualitas ketika artikel tersebut mengandung pengetahuan atau informasi tertentu.

Untuk bisa menulis artikel yang mengandung pengetahuan, Anda butuh melakukan yang namanya riset.

Langkah ini penting dilakukan apalagi jika artikel yang Anda tulis ternyata diluar kapasitas pengetahuan Anda.

Riset juga dibutuhkan untuk memperkaya bahan tulisan Anda nantinya. Dalam melakukan riset, Anda bisa mencoba menggabungkan beberapa sumber, entah itu dari buku, website, berita, dan lain sebagainya asalkan sumber tersebut memang kredibel.

Jika cara satu ini Anda lewati, artikel yang ditulis akan menjadi tulisan yang tidak berdasar dan pastinya tidak layak dianggap sebagai tulisan yang berkualitas.

Buat Kerangka Artikel

Jika bahan artikel sudah didapatkan dari riset, Anda bisa memulai masuk ke cara berikutnya yaitu membuat kerangka artikel. Kerangka ini akan membantu Anda menulis artikel lebih sistematis dan terkonsep.

Selain itu, kerangka artikel juga akan membantu mengurangi kesulitan Anda dalam menentukan apa saja hal yang akan ditulis dari paragraf awal hingga paragraf penutup.

Salah satu kesulitan dalam menulis memang adalah merangkai kalimat dari satu kalimat ke kalimat lainnya.

Dengan penerapan kerangka artikel dan metode penulisan yang tepat, kesulitan menulis ini berkurang.

Selain menerapkan pembuatan kerangka artikel, Anda juga bisa menerapkan metode piramida terbalik. Metode ini banyak dipakai oleh para penulis artikel maupun jurnalis.

Dalam metode ini, tulisan harus diawali dengan informasi yang harus diketahui oleh pembaca.

Kemudian, disusul dengan tambahan informasi atau informasi penjelas dari gagasan utama. Barulah dibagian akhir dapat ditutup dengan kesimpulan yang menarik.

Metode ini juga bisa Anda terapkan untuk membagi kerangka artikel Anda sesuai dengan pembagian yang ada di metode piramida terbalik.

Gunakan Judul yang Menarik

Hal pertama kali yang dilakukan oleh pembaca saat menemukan sebuah artikel tentunya adalah membaca judul.

Jika judul yang Anda pakai tidak menarik dan kurang menggugah keinginan pembaca untuk membuka artikel tersebut, sudah pasti artikel Anda akan ditinggalkan begitu saja.

Berbanding terbalik ketika artikel yang Anda tulis menggunakan judul yang menarik, pembaca akan berbondong-bondong mengklik artikel tersebut.

Ketika jumlah klik dan visitor artikel Anda bertambah setiap harinya, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Saat seorang pembaca mencari kata kunci di internet, mereka akan memilih artikel yang bisa menawarkan solusi dari permasalahan mereka.

Oleh karenanya, Anda harus bisa menawarkan solusi tersebut di judul artikel Anda, namun dengan kemasan yang menarik dan membuat orang langsung tergerak untuk membuka artikel tersebut.

Hindari Basa-Basi yang Terlalu Panjang

Tidak jarang, kebutuhan penulisan artikel dengan ketentuan jumlah kata tertentu, membuat penulis artikel melakukan basa-basi yang terlalu panjang supaya jumlah kata yang diinginkan bisa tercapai.

Sayangnya, basa-basi yang berbelit dan tidak ada korelasi penting dengan artikel bisa membuat pembaca Anda meninggalkan artikel tersebut saat itu juga.

Biasanya, panjang sebuah artikel bisa diperkirakan dari luasnya topik yang diambil. Jika topik yang Anda ambil terlalu sempit, maka materi yang akan Anda tulis di artikel juga akan tidak bisa panjang.

Oleh karenanya, jika Anda ingin artikel Anda panjang, maka cobalah untuk memilih topik yang luas.

Namun, Anda juga perlu tahu kalau artikel yang panjang belum tentu dikatakan sebagai artikel berkualitas, meskipun banyak yang menganggap kalau artikel panjang kebanyakan berkualitas.

Hal yang paling terpenting dalam membuat artikel yang berkualitas dan menarik tidak terletak pada panjang artikelnya, tetapi pada seberapa banyak artikel itu bisa memberikan manfaat dan solusi kepada pembaca Anda.

Masukkan Keyword Secara Alami

Dikarenakan terlalu fokus dengan penerapan teknik SEO, tidak sedikit penulis artikel yang mencoba menyelipkan kata-kata kunci dalam tulisan secara tidak alami.

Secara tidak alami di sini maksudnya adalah memaksakan kata kunci tersebut masuk dalam kalimat, sehingga saat kalimat tersebut dibaca, rasanya kalimat itu tidak natural.

Berbeda saat Anda mencoba menyesuaikan kata kunci ke dalam kalimat dengan alami dan masuk akal, pembaca pastinya tidak merasa janggal ketika membaca artikel Anda.

Anda boleh saja berfokus untuk menerapkan teknik SEO, tapi usahakan untuk tidak berlebihan dalam menyelipkan kata kunci.

Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa

Kesalahan ejaan dan tata bahasa kerap terjadi dalam penulisan artikel. Ini bisa terjadi karena penulis tidak melakukan control ulang dengan tulisannya.

Selain kesahalahan ejaan dan tata bahasa, kesalahan tanda baca dan salah ketik (typo) juga sering terjadi.

Untuk menimalisir kejadikan seperti ini, usahakan untuk melakukan koreksi ulang pada tulisan. Tetapi, jangan melakukan koreksi ulang tepat setelah tulisan selesai ditulis.

Hal ini untuk menghindari bias karena Anda baru saja menulisnya. Ambillah jeda terlebih dahulu dan kembalilah membaca tulisan tersebut setelah mengambil cukup jeda.

Jika pikiran sedang fresh, biasanya penulis akan semakin jeli untuk mengoreksi tulisan tersebut.

Jangan sampai Anda tidak melakukan proses ini karena apabila ada kesalahan dalam penulisan dan tulisan sudah diunggah, maka pembaca akan menganggap jika penulisnya kurang kompeten.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memposisikan diri sebagai pembaca, dengan begitu Anda akan tahu apakah tulisan tersebut sudah pas di mata para pembaca atau belum.

Tulis Meta Description yang Menarik

Jika Anda masih awam dengan istilah meta description, istilah ini digunakan untuk merujuk ke ringkasan yang ada di bawah judul sebagai hasil pencarian di mesin pencari.

Ringkasan atau meta description ini juga menjadi hal penting selain judul artikel. Ini dikarenakan dua hal tersebut yang akan mengundang pembaca untuk mengklik artikel Anda tersebut.

Menulis meta description sendiri juga butuh kreativitas khusus karena jumlah katanya dibatasi hingga 160 karakter saja.

Beberapa kesalahan sering kali terjadi saat penulis menuliskan meta description. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah menempatkan kata kunci lebih daru satu dalam meta description tersebut.

Jangan terlalu memaksakan untuk menyertakan kata kunci tersebut ke dalam meta description jika memang tidak sesuai dengan kalimatnya.

Hal yang paling terpenting saat menulis meta description ini adalah bagaimana dengan jumlah kata yang terbatas, Anda bisa menulis kalimat yang menggugah pembaca untuk mengetahui lebih lanjut isi artikel.

Modifikasi URL Artikel

URL untuk sebuah artikel dalam website biasanya akan muncul secara otomatis sesuai dengan judul artikel yang Anda cantumkan.

Namun, tidak jarang judul yang Anda pakai cukup panjang, sehingga URL artikel pun jadi panjang juga. Bagi beberapa orang, URL seperti itu kurang pas apabila dibagikan ke media lain.

Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan memodifikasi URL tersebut. Dalam mengedit URL ini, usahakan jika URL tersebut mengandung keyword utama dan tidak terlalu panjang.

Cantumkan Gambar

Sebuah artikel yang dipublikasikan ke website atau blog akan jadi membosankan jika tidak dilengkapi dengan media lain seperti gambar.

Anda bisa memanfaatkan situs-situs penyedia gambar gratis dan memilih gambar yang cocok dengan topik artikel. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber gambar sebagai bentuk apresiasi kepada pemiliki gambar.

Jangan Gunakan Format Penulisan yang Susah dibaca

Saat membaca sebuah artikel, jika font artikel yang dipakai oleh penulis terlalu kecil, pastinya Anda akan kesulitan membaca artikel tersebut bukan?

Sehingga, pemilihan format tulisan yang tepat juga harus Anda pikirkan saat mengunggah sebuah artikel. Pilihlah jenis font yang dapat dibaca dengan mudah dan tidak membuat orang kesulitan membaca.

Kemudian, jangan menggunakan ukuran font yang terlalu kecil juga karena akan membuat pembaca Anda tidak nyaman membaca.

Satu lagi, perhatikan jarak antar baris kalimat atau antar paragraf. Jika jarak yang Anda pakai terlalu sempit, maka akan membuat font terasa berdempetan dan mata pembaca akan cepat lelah.

Bagikan Tulisan yang Sudah diunggah

Apabila artikel Anda sudah selesai diunggah, jangan serta merta meninggalkan artikel tersebut begitu saja. Anda harus mengingat jika tulisan yang bagus dan berkualitas tidak akan begitu saja ditemukan oleh pembaca jika tidak dibagikan.

Cobalah untuk memanfaatkan sosial media yang Anda miliki untuk membagikan tulisan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan tulisan Anda lewat online sharing yang dilakukan oleh suatu komunitas yang membahasa topik serupa.

Dalam membagikan atau mempromosikan tulisan Anda, usahakan untuk tidak spam supaya tidak mengganggu kenyamanan pengguna media online lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat artikel yang menarik dan berkualitas. Memang untuk menghasilkan tulisan yang bagus tidak bisa dilakukan dengan mudah, butuh proses panjang dan persiapan yang cukup matang.

Namun, jika Anda benar-benar menuliskannya dengan senang hati dan penuh riset yang matang, bisa dipastikan proses penulisan artikel akan berjalan dengan mudah.

Tinggalkan komentar