7 Cara Agar Blog Cepat Terindex oleh Google

Tahukah Anda bagaimana Cara Agar Blog Cepat Terindex oleh Google ? Banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila blog bisa terindex oleh Google.

Salah satunya adalah bisa dijangkau untuk dikunjungi dan dibaca oleh banyak orang, sehingga dapat meningkatkan traffic blog.

Suatu blog yang mengunggah suatu postingan biasanya tidak dapat terindeks langsung oleh Google. Butuh beberapa hari supaya postingan tersebut bisa terindex Google.

Namun, bila menunggu sampai berhari-hari rasanya akan sedikit membuang waktu, terlebih lagi untuk suatu blog yang butuh diindex oleh Google secara cepat.

Tentu saja hal ini tidak perlu dirisaukan dikarenakan ada cara-cara yang bisa ditempuh supaya blog bisa cepat terindex oleh Google.

Cara Agar Blog Cepat Terindex oleh Google

Cara-cara tersebut tergolong mudah dan bisa diikuti oleh pemilik blog pemula. Mari simak ulasan berikut yang berisi cara agar blog cepat terindex oleh Google.

1. Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster, ini akan memudahkan Google untuk mengenali blog yang kita miliki. Untuk bisa mengakses ke Google Webmaster bisa dilakukan dengan gratis.

Caranya yaitu dengan mengunjungi website Google Search Console dan login menggunakan email yang dimiliki.

Selanjutnya, saat sudah diarahkan ke dashboard Console, pilih ‘Add property’ dan masukkan URL blog  pada bagian URL prefix.

Klik ‘Continue’ dan pilih jenis verifikasi yang diinginkan, lalu jangan lupa untuk menekan ‘Verify’.

Untuk memudahkan Google lebih cepat dalam mengindex setiap postingan yang dibuat, pemilik blog sebaiknya menyalin atau copy URL postingan blog di bagian kolom submit yang ada di bagian atas Google Search Console.

Kemudian, silakan klik enter dan klik ‘Request Indexing’. Dengan begitu, maka blog serta postingan bisa diindex oleh Google.

2. Membuat Sitemap untuk Blog

Cara kedua ini bisa diaplikasikan dengan tujuan untuk membantu Google lebih cepat dalam menjelajahi bagan dalam blog yang kita miliki sehingga cepat terindex.

Apabila didefinisikan secara sederhana, sitemap ini merupakan dokumen yang memiliki format XML yang berguna untuk menyaring aneka link yang ada di blog.

Sangat dianjurkan untuk setiap blog yang ingin terindex dengan cepat oleh Google harus memiliki sitemap. Bagi pengguna WordPress, sitemap ini bisa didapatkan dengan menggunakan plugin Yoast SEO.

Namun, untuk pengguna platform lain, bisa menggunakan XML Sitemap Generator lalu mensubmit ke Google Search Console.

3. Memubuat File Robots.txt

Robots.txt pada suatu blog bisa digunakan sebagai informasi yang diberikan untuk Google Bot mengenai apa saja yang perlu diindeks dan apa yang tidak.

Dalam melakukan tugasnya, Google Bot akan mengunjungi robots.txt untuk mengonfirmasi data yang akan diindeks oleh Google.

Jadi, bisa dikatakan jika keberadaan robots.txt ini akan menjadi landasan pertama Google Bot saat melakukan indexing.

4. Menggunakan HTTPS/SSL

Blog yang memiliki URL dengan enkripsi HTTPS atau SSL akan lebih mudah meningkatkan tingkat trafficnya dibandingkan dengan blog yang tidak menggunakan enkripsi tersebut.

Google memberikan peluang yang lebih besar bagi blog atau website yang memiliki enkripsi SSL atau bersertifikat SSL.

Sehingga, hal ini bisa menjadi pertimbangan bila ingin blog lebih cepat terindex oleh Google.

5. Membangun Backlink

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik blog dalam membangun backlink yang berkualitas dan bukan spam.

Secara sederhana, yang dimaksud dengan backlink adalah link pada suatu website yang bisa mengarah ke blog yang kita miliki.

Untuk bisa membangun backlink yang bagus, seorang blogger biasanya melakukan blog walking sambil menulis komentar dengan mencantumkan link blog yang kita miliki di blog orang lain tersebut.

Namun, cara ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan apalagi nampak seperti spam.

Cara lain yang bisa ditempuh dalam hal backlink ini adalah dengan memanfaatkan forum seperti Kaskus, menjadi penulis tamu di blog lain, serta melakukan internal linking.

6. Mempercepat Loading Blog

Bukan hal yang baru lagi ketika membicarakan loading suatu blog adalah salah satu pemicu supaya suatu blog bisa terindex oleh Google.

Ini dikarenakan Google memang memberikan peluang lebih besar bagi suatu blog yang mampu memberikan kecepatan loading yang tidak lama.

Apabila suatu blog butuh waktu yang lama untuk memuat suatu halaman, tentu ini akan membuat pengunjung blog untuk menutup blog dan beralih ke situs yang lain.

Biasanya lamanya loading terjadi dikarenakan muatan pada blog terlalu besar seperti kualitas foto yang terlalu tinggi serta adanya video yang disematkan dalam postingan.

Ada banyak cara untuk mempercepat loading suatu blog dan saat ini cara-cara tersebut sudah banyak diulas oleh para blogger.

7. Optimasikan SEO

Cara terakhir ini bisa dikatakan cara yang paling inti berkenaan dengan index Google. Dengan meningkatkan atau mengoptimalkan SEO, suatu blog sangat mungkin muncul di halaman pertama Google.

Saat ini sudah banyak bertebaran tips-tips yang bisa diaplikasikan dalam hal SEO. Salah satu cara yang paling sering dan umum dilakukan adalah dengan menulis artikel yang ramah SEO.

Nah, itulah tujuh cara agar blog cepat terindex oleh Google. Cara-cara tersebut tentunya tidaklah sulit dan cukup mudah meski untuk pemula.

Jangan lupa untuk tetap memberikan konten yang berkualitas serta rajin mengupdate postingan.

Ini akan membantu Google menandai kalau blog yang kita miliki masih terus berjalan, dan dengan demikian akan lebih cepat pula terindex oleh Google.

Baca Juga : Dampak Negatif Sering Mengganti Theme Blog

Tinggalkan komentar