Ciri, Jenis dan Keistimewaan Ayam Mangon

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Ciri, Jenis dan Keistimewaan Ayam Mangon? Ngomongin tentang ayam memang nggak ada habisnya, sebab unggas ini paling banyak dipelihara masyarakat Indonesia.

Ciri, Jenis dan Keistimewaan Ayam Mangon
Ciri, Jenis dan Keistimewaan Ayam Mangon

Jenis-jenis ayam sendiri pun sangat beraneka ragam. Bahkan tiap daerah di Indonesia mempunyai macam-macam ayam yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang ayam mangon. Konon katanya ayam mangon ini berasal dari luar Indonesia loh! Penasaran?

Ayam mangon berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Namun menurut pengamatan para penghobi ayam, ayam mangon sebenarnya hasil persilangan 2 jenis ayam, yakni ayam saigon dan ayam birma.

Agar lebih tahu tentang ayam mangon, berikut kami sajikan ciri-ciri dari ayam mangon.

Ciri Ayam Mangon

  1. Untuk mengetahui ciri-ciri dari ayam mangon, anda dapat melihat bulunya. Bulu ayam mangon begitu lebat, biarpun indukan ayam mangon ada yang botak (ayam saigon). Namun antara ayam mangon dan ayam saigon merupakan 2 jenis ayam yang berbeda.
  2. Warna bulunya. Ayam mangon memiliki bulu yang hampir gelap, antara lain : hitam jragen, hitam merah, blorok abu-abu, widu dan kelabu emas. Sebagian besar orang mengakui kalau bulu ayam mangon tidak terlalu menarik dan kurang cerah.
  3. Untuk mengetahui ciri-ciri ayam mangon, langkah ketiga yang bisa anda lakukan adalah tulangnya. Ayam mangon memiliki tulang yang besar dan kasar. Dengan postur tubuh seperti itu, bobot ayam mangon bisa mencapai 5 kg.
  4. Tak hanya bulu, warna bulu dan tulangnya, ayam mangon dapat diketahui dengan mudah melalui kakinya yang besar dan bersisik kering. Warna kaki ayam mangon didominasi oleh warna gelap seperti warna pada bulunya.

Meski hanya 4 poin saja dalam menggambarkan ciri-cir ayam mangon, namun sebenarnya 4 poin tersebut sudah mewaikili ciri-ciri ayam mangon secara keseluruhan.

Sebagai jenis ayam berukuran besar, ayam mangon memerlukan perawatan khusus. Perawatan tersebut dimulai dari segi pakan, kandang, hingga jamu bagi ayam mangon.

Dimulai dari pakan. Ayam mangon membutuhkan pakan yang bergizi setiap harinya. Ada beberapa jenis pakan bergizi yang bagus untuk ayam mangon.

Anda bisa memberi pur ayam 511 dengan campuran katul. Adapun komposisinya yaitu 50 pur ayam dan 50 campuran antara karak atau nasi.

Anda bisa memberi pakan bergizi ini di pagi hari. Selain campuran pur ayam tersebut, anda juga bisa memberinya jagung giling yang disajikan kering.

Tak hanya pakan, perhatikan pula air untuk ayam mangon. Dalam memberi air untuk ayam mangon, pastikan airnya bersih, diganti sehari sekali atau minimal seminggu dua kali.

Setelah pakan yang bergizi, perhatikan pula kandang untuk ayam mangon. Kandang untuk ayam mangon merupakan kandang jenis umbaran.

Kandang model umbaran mendukung ayam mangon untuk tumbuh lebih cepat dan sehat. Ketika ayam mangon sudah mencapai umur 2 bulan dengan jumlah 10 ekor, maka siapkan kandang model umbaran dengan panjang setidaknya 5 meter.

Pastikan cahaya matahari masuk ke kandang tersebut. Jangan lupa pula untuk memberikan tempat berteduh bagi ayam mangon.

Upayakan untuk mengumbar ayam mangon sampai umurnya 6 bulan. Selain kandang umbaran, ayam mangon juga dibuatkan kandangan rawatan.

Kandang rawatan berukuran 1,5 meter x 1,5 meter. Beri kandang susun dalam kandang rawatan, sehingga ayam mangon bisa beristirahat di dalamnya.

Hal terakhir yang perlu dilakukan dalam merawat ayam mangon adalah memberinya jamu. Berikan ayam mangon jamu ini minimal satu kali dalam seminggu. Adapun resep dalam membuat jamu tersebut adalah :

  1. Jahe satu siung
  2. Kunyit sau siung
  3. Kencur satu siung
  4. Tomat setengah
  5. Gula aren atau gula merah dengan ukuran 2 biji jagung.
  6. Madu sesendok

Adapun cara untuk memberi jamu yang sudah diolah tadi adalah dengan melolohnya secara langsung.

Dengan perawatan yang tepat mulai dari memberi pakan yang sesuai, pembuatan kandang yang mendukung, serta pemberian jamu yang tepat, maka ayam mangon anda akan tumbuh lebih optimal.

Jenis-jenis ayam mangon

Ada beberapa jenis ayam mangon yang kami paparkan di sini, antara lain : ayam mangon ori, pamangon, mangon IQ, mangon khoy dan mangon thai.

  1. Ayam mangon ori. Ayam mangon jenis ini merupakan hasil persilangan dari ayam sangon dan ayam pama. Jenis ayam mangon ini belum disilangkan dengan ayam dari ras lain.
  2. Harga ayam pamangon di pasaran mencapai Rp. 1.500.000 per ekor. Tak heran jika ayam ini menjadi incaran banyak orang untuk memilikinya.
  3. Mangon IQ. Ayam mangon jenis mangon IQ juga menjadi primadona para pecinta ayam mangon. Harga telur fertilnya saja di pasaran bisa mencapai Rp. 35.000.
  4. Mangon khoy. Tak hanya di luar negeri saja, jenis ayam mangon khoy banyak diminati masyarakat di dalam negeri. Harga mangon khoy dibanderol antara Rp. 150 ribuan hingga Rp. 30 juta.

Keistimewaan ayam mangon

Ayam mangon memang ayam yang istimewa dan spesial. Beberapa keistimewaan ayam mangon sebenarnya sudah kami singgung pada awal paragraf.

Namun tak menjadi soal, di sini kami tambah beberapa kesitimewaan lain dari ayam mangon, antara lain :

  1. Ukuran ayam tak tak kecil
  2. Kecepatan pergerakannya bagus
  3. Memiliki tulang yang tebal

Demikian ulasan kami mengenai ciri-ciri ayam mangon, jenis dan keistimewaannya. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *