9 Cara Memilih Bibit Domba Yang Unggul Dan Berkualitas

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Memilih Bibit Domba Yang Unggul Dan Berkualitas? Domba adalah hewan ternak yang memiliki banyak manfaat. Selain diambil dagingnya, domba juga dapat diambil susunya.

9 Cara Memilih Bibit Domba Yang Unggul Dan Berkualitas
9 Cara Memilih Bibit Domba Yang Unggul Dan Berkualitas

Di era sekarang beternak domba merupakan sebuah lading bisnis yang bagus. Hal ini lantaran permintaan yang tinggi atas produk yang dihasilkan dari domba.

Domba adalah hewan yang bisa dikatakan cukup ramah dan bersahabat sehingga dalam pemeliharannya pun tidak terlalu rumit.

Dalam beternak domba diperlukan ketekunan dan keuletan dalam membangun sistem yang baik dan benar agar menghasilkan produksi domba yang sesuai dengan harapan.

Salah satu hal yang bisa menjadi indikator penting dalam berhasil atau tidaknya budidaya domba adalah pemilihan indukan di awal memulai budidaya.

Dalam memulai budidaya domba perlu kiranya untuk mencari bibit domba yang unggul serta berkualitas sehingga nantinya akan menghasilkan domba-domba yang bagus.

Kriteria unggul dan berkualitas disini diantaranya dilihat dari kesehatannya, ukurannya dan tidak mengalami cacat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih bibit domba yang unggul serta berkualitas. Artikel ini akan memberikan informasi tersebut secara ringkas dan jelas.

Cara Memilih Bibit Domba Yang Unggul Dan Berkualitas

Ketika ingin memulai sebuah usaha budidaya domba maka perlu dimulai dengan memilih bibit domba yang baik. Sebab kualitas indukan nantinya akan sangat berpengaruh pada kualitas anak-anak domba untuk kedepannya.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk memilih bibit domba yang unggul dan berkualitas:

1. Memperhatikan Dari Bentuk Fisik Domba

Domba yang unggul adalah domba yang sehat dan tidak mengalami cacat. Untuk mengetahui apakah domba sehat atau tidak adalah dengan mengamati ciri-ciri pada tubuhnya.  Indikator yang bisa dipakai antara lain adalah:

  • Bibit domba tidak terlalu gemuk dan memiliki bentuk badan yang proporsional. Ini bisa dilihat dari ciri pinggang dan punggung domba yang lurus serta bulunya yang lunak dan mengkilat. Bobot ideal untuk indukan domba adalah sekitar 15-20 kg.
  • Memiliki sorot mata yang ramah dan tidak sayu. Domba yang memiliki sorot mata sayu bisa menjadi indikasi bahwa ia sedang sakit.
  • Perhatikan keempat kakinya, jika mampu berdiri dengan baik dan lurus maka bisa dikatakan domba tersebut sehat.
  • Memiliki gigi yang lengkap pada rahang atas maupun rahang bawah.
  • Jumlah putingnya ada dua dan tidak ada cacat disekitarnya.
  • Pastikan juga untuk mengecek hal-hal detail seperti pada telinga, ekor dan badan secara keseluruhan untuk memastikan tidak ada cacat pada domba.

2. Memastikan Usia Domba

Usia domba yang baik untuk memulai budidaya adalah domba muda dengan rataan usia sekitar 1.5-2 tahunan.

Jangan memilih bibit domba yang terlalu muda atau bahkan terlalu tua karena hal tersebut bisa beresiko fatal dalam proses mengandung atau melahirkan.

3. Perhatikan Pada Bagian Kepala

Domba yangs bagus memiliki bentuk kepala yang besar dan lebar dengan bagian moncong yang tidak runcing. Selain itu ukuran tanduknya sedang dengan daun telinga yang panjang.

Perikas juga pada bagian mata domba apakah rabun atau tidak, caranya adalah dengan mendekatkan jari tangan ke depan matanya, jika domba berkedip maka bisa dipastikan ia tidak rabun.

4. Memeriksa Kesehatan Domba

Untuk melihat apakah domba dalam kondisi sehat atau tidak adalah dengan mengamati tingkah laku dan nafsu makannya. Domba sehat akan memiliki nafus maka yang tinggi serta gerakannya lincah dan tidak lesu.

5. Bulu

Pilihlah bibit domba yang memiliki bulu yang halus, tidak kasar dan warnanya tidak pucat. Warna bulu putih polos bisa menjadi indikator dari bibit domba yang berkualitas.

6. Cek Alat Kelamin

Ini menjadi hal yang krusial dalam pemilihan domba untuk budidaya karena sangat berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya budidaya.

Ketika memilih bibit domba jangan lupa untuk mengecek pada bagian kelamin domba. Pastikan domba jantan memiliki dua testis, memiliki birahi yang tinggi serta aktif bergerak.

7. Disarankan Untuk Memilih Domba Lokal

Dalam memulai budidaya domba, disarankan untuk memilih indukan domba yang berasal dari daerah local. Hal ini karena domba akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Namun jika domba didatangkan dari daerah yang berbeda dengan kondisi cuaca dan suhu yang berbeda, diperlukan masa adaptasi sekitar satu bulan lamanya.

Ini tentunya akan menambah keluaran dana lebih banyak dalam budidayanya jika dibanding menggunakan domba lokal.

8. Keturunan

Pilihlah bibit indukan domba yang merupakan keturunan kembar atau yang pernah beranak kembar atau induk dari kelahiran tunggal.

9. Memiliki Sifat Keibuan

Dalam memilih indukan domba, penting untuk memilih domba yang punya sifat keibuan agar dapat merawat anaknya dengan baik.

Domba dengan sifat seperti ini bisa dilihat dari ciri-cirinya yaitu sorot mata ramah dan memiliki penampilan yang jinak.

Baca Juga : Cara Mengobati Kudis Pada Kambing dan Domba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *