Cara Menjinakkan Sugar Glider Yang Galak

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Menjinakkan Sugar Glider Yang Galak? Sugar glider merupakan salah satu hewan peliharaan yang memerlukan usaha ekstra untuk dijinakkan.

Cara Menjinakkan Sugar Glider Yang Galak
Cara Menjinakkan Sugar Glider Yang Galak

Karena butuh usaha ekstra, maka perlu kesabaran lebih dalam proses penjinakannya. Proses penjinakkan sugar glider bisa berlangsung antara mingguan hingga bulanan.

Dalam proses penjinakkan sugar glider terdapat istilah bonding. Bonding artinya terikat, itu berarti sugar glider memiliki ikatan yang kuat dengan si pemilik.

Ketika sudah bonding, maka sugar glider akan datang ketika dipanggil, sugar glider akan melompat ketika berada jauh dengan si pemilik, hafal bau badan si pemilik, hingga tak mengeluarkan suara seperti teompet (crabbing).

Bicara tentang penjinakan, erat kaitannya dengan umur sugar glider. Pada umumnya akan lebih cepat menjinakkan sugar glider yang masih muda (glider joey).

Kategori sugar glider masih muda umurnya antara 1,5 hingga 2 bulan. Sebab jika sugar glider telah berumur 3 bulan ke atas, akan lebih susah dalam penjinakannya.

Sugar glider usia 3 bulan ke atas sudah lebih tua dan pengalamannya di luar lebih banyak. Meski susah, bukan berarti tidak bisa dijinakkan sama sekali.

Cara Menjinakkan Sugar Glider Yang Galak

Lantas cara apa saja yang bisa digunakan untuk menjinakkan sugar glider? Anda bisa mempelajarinya pada paragraf di bawah ini :

1. Ajak bermain

Ajaklah sugar glider yang ingin anda jinakkan untuk bermain setiap harinya. Habiskan waktu bersama sugar glider tersebut. Belaian lembut dari si pemilik dapat mempercepat proses penjinakan sugar glider.

2. Melakukan handfeed

Handfeed merupakan istilah memberikan makan dengan tangan pada hewan peliharaan. Lakukan hal ini pada sugar glider anda.

Memberinya makan dengan tangan dapat menumbuhkan rasa percaya sugar glider pada si pemilik. Jika anda baru saja membeli sugar glider, ada baiknya untuk mendiamkannya dalam kandangan selama 3 hari.

Dengan kata lain jangan lakukan handfeed pada sugar glider yang baru anda beli. Setelah 3 hari berlalu, barulah anda bisa melakukan handfeed pada sugar glider tersebut.

Lakukan handfeed secara perlahan agar sugar glider mulai nyaman. Batasi tiap suapan dengan porsi kecil, antara 2 hingga 3 sendok bubur.

Hal ini dimaksudkan agar sugar glider mau makan. Anda bisa memberinya makan di pagi atau sore hari. Jika sugar glider melakukan crabbing, colekkan bubur dengan jari ke mulutnya secara pelan-pelan.

Lakukan hal ini dengan posisi jari terbalik (kuku jari anda berada di bawah). Hal ini dimaksudkan untuk menghindari gigitan sugar glider.

Yang perlu diingat, ketika sugar glider mengalami crabbing, jangan pernah menarik tangan anda. Hal tersebut akan membuatnya hafal cara mengusir anda ketika tak mau disuapi.

3. Menaruh kandang di tempat yang dilewati banyak orang

Hal ini bertujuan agar sugar glider terbiasa dengan keberadaan manusia di lingkungan sekitarnya. Semakin sering sugar glider bertemu dengan manusia, maka semakin bagus.

Sebab hal ini membuat sugar glider jadi tak takut dengan manusia. Namun pastikan manusia yang melewati kandang sugar glider tidak mengganggunya. Biasanya ada manusia yang iseng mengagetkan, meniupi, hingga mengguncangkan kandang.

4. Hafal bau keringat

Buat sugar glider agar hafal dengan bau keringat anda sebagai pemiliknya. Sugar glider tergolong hewan teritorial, dimana ia suka menandai sesuatu yang dikenalnya melalui bau.

Yang bisa anda lakukan pada proses ini adalah dengan meletakkan baju yang bau keringat ke dalam kandang sugar glider.

Dengan begitu sugar glider akan cepat mengenali bau keringat tersebut tanpa anda perlu melakukan aktivitas khusus.

Setelah lebih dari 1 hari, ambil baju keringat tadi dari kandang, ganti dengan baju keringat yang lain. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri pada baju berkeringat tadi.

Cara lain agar sugar glider cepat hafal bau keringat si pemilik adalah dengan membawanya kemana-mana bersama kandangnya. Dengan begini sugar glider tak bisa lari dan selalu mencium bau keringat anda.

5. Memilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk menjinakkan sugar glider adalah siang hari. Karena pada siang hari sugar glider dalam keadaan lelah dan mengantuk.

Sehingga nanti ketika dijinakkan akan lebih banyak diam dan tidur. Kalaupun nanti menggigit, gigitannya tak sekuat ketika malam hari.

Ketika anda melatihnya di siang hari, bisa jadi sugar glider anda tak sadar saat anda membuatnya tidur di pangkuan.

6. Miliki kebiasaan

Kemampuan mengingat sugar glider termasuk tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuatnya memiliki suatu kebiasaan.

Sebagai contoh, anda bisa membiasakan memasukkan sugar glider ke dalam kantong baju. Ketika sudah dibiasakan masuk kantong baju, maka sugar glider dengan sendirinya akan terbiasa masuk ke kantong baju anda.

Sugar glider juga bisa dibiasakan untuk kaget. Dengan begitu lama kelamaan dia tak akan mudah kaget. Namun syaratnya sugar glider harus sudah sedikit lebih jinak.

Anda juga bisa membiasakan mengekep sugar glider dengan tangan. Dengan begini lama kelamaan sugar glider akan terbiasa untuk diam di tangan anda.

Baca Juga : Cara Ternak Sugar Glider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *