Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba

Diposting pada

Tahukah Anda Bagaimana Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba? Penyakit kudis pada kambing dan domba sejatinya adalah penyakit zoologis yang tergolong penyakit tidak mematikan.

Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba
Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba

Akan tetapi, ketika penyakit yang disebabkan oleh tungau sarcoptes scabiei sudah menyerang kambing atau domba. Maka hewan ternak kambing dan domba akan merasa sangat tidak nyaman.

Hal ini bisa dideteksi dengan seringnya hewan ternak kambing dan domba menggesek – gesekkan bagian kulitnya kepada permukaan kandang yang kasar seperti tembok atau kayu.

Jika dalam jangka panjang, maka akan terlihat luka lecet yang menganga hingga berdarah. Dalam kasus yang sudah serius, akan terjadi penebalan kulit kambing dan domba serta kerontokan pada bulunya.

Untuk mendapatkan keuntungan dan harga yang terbaik dari hewan ternak kambing dan domba maka para peternak tentu harus menjaga kualitas yang paling baik dari hewan ternaknya.

Tidak terkecuali dengan cara menjaga kesehatan dan kualitas kebersihan kandang. Agar hewan ternak kambing dan domba tidak mudah terkena penyakit kulit seperti kudis atau scabies.

Baca Juga :

Nah, bagaimana cara mengobati dan menangani penyakit kudis pada kambing dan domba? Berikut ini langkah-langkahnya…

Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba

Apabila hewan ternak kambing dan domba sudah mulai terjangkit penyakit kudis, lakukan tindakan agar penyakit tidak menyebar ke ternak-ternak yang lain.

  1. Langkah pertama yang bisa diambil adalah memisahkan atau mengkarantina hewan ternak kambing dan domba yang sudah terjangkit scabies ke tempat khusus. Hindari menempatkan hewan ternak kambing dan domba yang sudah terinfeksi kudis dalam satu kandang dengan hewan ternak kambing dan domba yang sehat.
  2. Mandikan hewan ternak kambing dan domba setidaknya satu kali dalam satu minggu. Hal ini masih cukup ringan ketimbang Anda harus menelan kerugian karena banyak hewan ternak kambing dan domba yang terkena kudis menyebar ke seluruh hewan ternak kambing dan domba yang ada di dalam kandang.
  3. Selalu menjaga kebersihan kandang. Selain rajin dibersihkan setiap pagi dan sore. Jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan agar menghindari tungau tungau maupun serangga lain yang bisa menyebabkan penyakit kulit.
  4. Pastikan lantai kandang tetap bersih dan bebas kuman. Selain kotoran dan urin, lantai kandang yang kotor bisa menyebabkan aneka penyakit menular. Dianjurkan memberikan desinfektan setiap 3 bulan sekali agar membunuh semua kuman dan bakteri. Tidak dianjurkan untuk terlalu sering menyemprotkan desinfektan karena juga bisa mempengaruhi kesehatan pernapasan serta dapat menyebabkan kuman atau bakteri kebal.
  5. Jaga kandang hewan ternak kambing dan domba tetap kering dan bebas lembap. Pencahayaan serta pembersihan kandang mutlak diperhatikan dengan detail. Kandang yang berada di lokasi yang curah hujan tinggi menyebabkan kondisi lembap yang mudah ditumbuhi jamur ataupun bakteri untuk berkembang biak.
  6. Langkah pencegahan adalah menyuntik vaksinasi terhadap hewan ternak kambing dan domba. Agar bebas dari serangan berbagai penyakit kulit menular. Metode ini bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan ternak yang ada di lingkungan Anda.
  7. Memberikan ramuan tradisional berupa campuran dari bahan 95 mililiter oli bekas, 2 mililiter cuka yang berkadar 3% serta 5 buah bawang merah yang sudah dihaluskan. Campurkan ketiga bahan ini secara merata lalu bisa langsung dioleskan ke bagian kulit hewan ternak kambing dan domba yang terinfeksi kudis.

Itu dia beberapa Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba. Semoga memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *