8 Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Diposting pada

Bagaimana sih Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina? Jika dilihat sepintas mungkin tidak begitu jelas perbedaannya. Namun, sebenarnya burung Anis Kembang Jantan dan Betina memiliki ciri khas masing-masing.

8 Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina
8 Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Tidak sedikit pembeli yang merasa bingung membedakan burung Anis Kembang Jantan dan Betina ketika mereka beli secara sepasang.

Memang bukan hanya dari tampilan luar saja yang jadi faktor pembeda, karena Anis Kembang Jantan dan yang Betina memiliki kemiripan atau dimorfik.

Inilah mengapa ada sebagian orang keliru dalam hal melihat perbedaan burung tersebut.

Apalagi buat pemula yang baru saja memelihara jenis burung kicauan. Biar tidak salah memilih Anis Kembang Jantan dan Betina yuk cari tahu ciri-ciri antara keduanya.

Simak penjelasannya tentang perbedaan yang dimiliki jenis burung ini, sebagai berikut.

Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Anda bisa mengetahui perbedaan antara burung anis kembang jantan dan betina lewat ciri-ciri keduanya. Dari segi keseluruhan tampilan dan suara akan terlihat jelas bentuk perbedaan anis kembang jantan dan betina.

Jadi, perhatikan dan pahami hal yang membedakan dari burung anis kembang ini agar Anda tidak salah dalam memilih jenis kelamin hewan unggas tersebut. Berikut penjelasan soal perbedaannya antara lain.

1. Bagian Mata Anis Kembang

Perbedaan yang mencolok adalah bola mata. Coba perhatikan bola mata anis kembang, apabila terlihat agak menonjol dengan sorot mata tajam, itu menandakan burung anis kembang jantan.

Namun, jika tampilan bola mata terlihat datar atau tidak menonjol dan tidak melotot dengan sorot mata sayu artinya burung anis kembang berjenis kelamin betina.

Hal ini berbanding terbalik dengan ciri bagian mata sebelumnya.

Bola mata juga merupakan unsur penting dalam membedakan burung anis kembang tergolong jantan atau betina.

2. Postur Tubuh Anis Kembang

Setelah melihat perbedaan bagian mata, kemudian Anda juga harus memperhatikan postur tubuh anis kembang.

Untuk anis kembang jantan memiliki postur tubuhnya terlihat panjang dan juga serasi.

Burung anis kembang betina memiliki postur tubuh yang terlihat lebih buntet. Dan cenderung lebih pendek daripada anis kembang jantan.

3. Warna Bulu Anis Kembang

Ini juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli burung anis kembang tergolong jantan ataupun betina.

Jika dilihat secara seksama atau lebih detail pada warna bulu anis kembang akan terlihat perbedaannya.

Warna bulu dari anis kembang jantan umumnya lebih mengkilap dan kontras. Tetapi untuk anis kembang betina memiliki warna bulu tidak kontras.

Atau tidak tegas kata lain terlihat lebih kusam atau pudar dibandingkan anis kembang jantan.

4. Bagian Ekor Anis Kembang

Perbedaan selanjutnya terletak pada bagian ekor. Burung anis kembang jantan pada bagian ekornya lebih panjang dibandingkan yang betina.

Anis kembang jantan bagian pantat memiliki tampilan warna bulu hitam atau abu-abu yang berbentuk menyerupai tampilan awan.

Sedangkan anis kembang betina bagian pantat terdapat bulu berwarna putih. Jenis warnanya ada dua yaitu warna putih bersih dan juga berwarna putih keruh pada burung anis kembang betina.

Faktor pembeda yang satu ini harus dilihat dengan jeli, detail. Karena bagian ekor dan warna bulu tidak terlalu jelas dengan hanya sepintas saja, maka dari penting dalam hal membedakan anis kembang jantan dan betina.

5. Bentuk Kaki Anis Kembang

Anis kembang jantan memiliki bentuk kaki yang lebih rapat dan terasa keras kalau ditekan dengan jari.

Tampilan bentuk kaki anis kembang betina terlihat lebih berjarak lebar dan juga terasa lunak kalau ditekan dengan jari.

Bentuk kaki anis kembang termasuk hal pembeda yang cukup mudah dilakukan ketika hendak membedakan jantan atau betina. Pastikan Anda tidak melawati poin yang satu ini.

6. Suara Kicauan Burung Anis Kembang

Ngeriwik atau suara kicau menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam membedakan burung anis kembang jantan atau betina. Untuk anis kembang jantan kalau sedang ngeriwik biasanya akan membuka paruhnya.

Hal ini sering terjadi ketika anis kembang jantan dalam masa anakan, trotolan atau bakalan.

Kalau ngeriwiknya hanya terlihat lehernya saja yang menggelembung dengan suara yang cukup nyaring kemungkinan adalah anis kembang betina.

Jadi, perhatikan baik-baik saat burung anis kembang ngeriwik atau berkicau dan suara yang dikeluarkan tergolong nyaring atau tidak.

Meskipun umumnya hewan unggas ini terkenal memiliki suara kicauan yang keras dan nyaring.

Tetapi bukan berarti Anda melewatikan poin ini dalam hal membedakan burung anis jantan atau betina. Pastikan sudah paham akan hal tersebut sebelum memutuskan untuk membeli burung anis kembang ini.

Jangan sampai Anda berniat membeli sepasang jantan dan betina, malah dua-dua berjenis kelamin sama. Tentu akan kecewa, jadi perhatikan poin ciri-ciri keduanya.

7. Gaya Berdiri Anis Kembang

Cara berdiri burung anis kembang jantan lebih cenderung merapatkan kakinya. Jika anis kembang betina ketika berdiri akan terlihat merenggangkan kaki dan sedikit menunduk.

Perhatikan ketika burung anis kembang berdiri, lihat bagaimana cara hewan unggas ini saat berdiri. Lalu Anda tinggal cocokan dengan ciri-ciri khas kedua jenis kelamin burung anis kembang. Mudah bukan?

8. Masa Birahi Anis Kembang

Birahi atau juga disebut masa dewasa. Untuk anis kembang jantan yang memasuki masa birahi atau sudah dewasa, ciri umumnya akan menunjukkan sifat agresifnya.

Apabila ketika berada dekat burung anis kembang betina seperti menunduk atau menyundul-nyundul dan berkicau.

Sedangkan anis kembang betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup bagian sayap.

Bahkan menggetarkan sayapnya ketika berada didekat burung anis kembang jantan yang tengah berkicau.

Inilah menandakan bahwa anis kembang betina merespon dari kicauan burung anis kembang jantan.

Itulah beberapa hal yang membedakan burung anis kembang jantan dan betina, jadi Anda sudah tidak bingung lagi kan? kenapa harus paham membedakan burung anis kembang jantan atau betina. Tujuannya supaya Anda tidak mudah ditipu oleh oknum nakal.

Meskipun terlihat hampir sama antara jantan dan betina, namun ternyata ia memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara hewan satu ini, ketahui soal kelebihan dan kekurangan pada jenis burung tersebut.

Keuntungan dari burung anis kembang ini yaitu memiliki suara dan alunan lagu sangat keras dan nyaring. Suara merdu burung anis kembang ternyata lebih ragam bervariasi ketika sedang berkicau.

Umumnya jenis unggas ini memiliki suara yang terbilang cukup nyaring dan kecang, tetapi tidak membuat telinga pendengarnya merasa terganggu.

Malah jadi terhibur saat mendengarkan kicauan merdu jenis burung anis kembang tersebut.

Ada kelebihan pasti ada kekurangan begitu juga pada burung anis kembang.

Bagi pencinta hewan unggas yang satu ini, anis kembang termasuk hewan gampang terserang penyakit. Hal ini juga berdampak pada tingkat daya tahan tubuhnya jadi sangat rentan.

Dan anis kembang sangat mudah stres bahkan lebih cenderung rentan terhadap gangguan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Demikianlah artikel singkat ini tentang Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *