Klasifikasi, Ciri, Jenis, Habitat dan Makanan Burung Gelatik

Diposting pada

Tahukah Anda mnegenai Klasifikasi, Ciri, Jenis, Habitat dan Makanan Burung Gelatik? Burung Gelatik merupakan hewan,yang tersebar di berbagai negara termasuk di negara Indonesia.

Klasifikasi, Ciri, Jenis, Habitat dan Makanan Burung Gelatik
Klasifikasi, Ciri, Jenis, Habitat dan Makanan Burung Gelatik

Hewan ini mempunyai kekhasan sendiri,sehingga membedakannya dengan yang lain. Berikut ini adalah informasinya.

Klasifikasi Burung Gelatik

Filum

Filum dari hewan ini adalah Chordata,yang mana mereka mempunyai bagian tulang belakang.Selain mempunyai tulang belakang,terdapat juga buntut atau ekor di bagian belakang tubuhnya.

Kelas

Untuk kelasnya tergabung dalam kelas Aves,yang mana berkembang biaknya dengan cara bertelur. Mereka akan menetas dengan sendirinya,dari dalam telur tersebut.

Ordo, Family

Untuk ordonya mereka tergabung dalam ordo Passeriformes, dan family nya adalah Estrildidae. Biasanya mereka bisa berkicau atau mengeluarkan suara indah,dan tempat tinggalnya ada di daerah yang cuacanya panas atau tropis.

Genus

Hewan ini tergabung dalam Genus Padda,yang mana hewan ini dapat hidup di daerah Indonesia. Mereka dapat hidup di wilayah Timur,atau wilayah Selatan Indonesia.

Ciri Tubuh Burung Gelatik

Warna Bulu

Bulu pada hewan ini adalah warna hitam,dengan sedikit campuran warna coklat. Bagian ekornya juga mempunyai hitam, dan juga mempunyai warna hitam yang cukup cerah atau mengkilap. Ada juga warna bulu yang satu warna saja,yakni warna putih pekat.

Bagian Ekor Atau Buntut

Ekor juga terdapat pada hewan ini,agar mereka bisa mengetahui yang ada di sekitarnya. Untuk ukurannya tidak pendek,melainkan ukurannya cukup panjang.Warnanya adalah hitam,dengan sedikit campuran warna putih.

Paruh Atau Mulut

Mulut atau paruh seringkali digunakan,untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. Ukuran paruh pada hewan ini cukup panjang,sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan makanannya.

Warna pada muluntya ada yang memiliki warna merah muda,dan juga berwarna kehitaman.

Bulatan Pada Bagian Mata

Bulatan pada mata juga ada pada hewan peliharaan ini,dan bulatan ini merupakan kekhasan pada bagian tubuhnya.Ukuran bulatannya hampir menutup mata,dan warnanya adalah warna merah.

Jenis Burung  Gelatik

Tipe Wingko

Tipe Wingko merupakan salah satu tipe,yang dapat bertahan hidup di alam liar.Warna tubuhnya adalah hitam sedikit putih,dan dibelakangnya terdapat ekor yang ukurannya cukup pendek. Paruhnya juga cukup pendek,dan warnanya adalah warna hitam.

Tipe Oryzovira

Tipe Oryzovira atau dikenal juga dengan Jawa,adalah tipe yang unik. Jenis Tipe ini unik karena mempunyai warna bulu,abu abu dengan sedikit kehitaman.Warna pada mulutnya juga unik,karena berwarna merah muda.

Tipe Putih

Tipe Putih juga mempunyai kekhasannya tersendiri,karena bulunya mempunyai satu warna yakni putih.

Pada bagian mulut dan juga bagian kakinya, mempunyai warna merah yang cukup merah.Banyak sekali yang suka dengan tipe atau jenis ini,sampai ingin memeliharanya di rumah.

Tipe Holand

Tipe Holand juga terdapat di wilayah Indonesia,dan mempunyai kekhasan sendiri di dalamnya. Warna pada bulunya adalah krem,dengan sedikit campuran warna kuning. Ukuran ekornya sedikit lebih panjang,dibanding dengan yang lainnya.

Habitat Burung Gelatik

Daerah Persawahan

Untuk habitat atau tempat tinggalnya mereka bisa di alam liar, termasuk di wilayah persawahan. Di persawahan terdapat banyak sekali makanan yang disukai,mulai dari serangga hingga jenis yang lainnya.

Hutan

Hutan juga merupakan tempat tinggal bagi mereka,karena disana banyak sekali pepohonan yang cukup tinggi.

Pepohonan yang tinggi tersebut membuatnya jadi nyaman,dan juga memudahkan untuk kawin dan berkembang biak.

Kebun

Kebun juga sangat disukai,karena terdapat pohon tinggi yang menjadi tempat untuk tinggal. Apabila ingin mencari pakannya,mereka mudah untuk mencari pakan yang diinginkan.

Ada banyak jenis pakan disana,sehingga mereka mudah jika ingin menyantap pakan tersebut.

Makanan Untuk Burung Gelatik

Buah Pepaya

Buah Pepaya merupakan pakan yang cocok untuk hewan ini,karena di dalamnya terdapat vitamin dan juga nutrisi yang cukup banyak. Dengan jenis vitamin yang banyak,nantinya mereka akan lebih sehat tubuhnya.

Sayur Kangkung

Kangkung tidak hanya berguna untuk manusia saja,namun kangkung juga sangat berguna untuk hewan.

Hal tersebut karena kangkung terdapat kandungan vitamin di dalamnya, dan kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan tubuh. Apabila ingin kicauannya lebih lantang dan merdu,pemilik bisa memberikan jenis pakan ini.

Voer

Voer atau tipe pakan instan ini juga bisa di beli,untuk makanan hewan ini. Di dalamnya terdapat sebuah kandungan mineral,dan kandungan tersebut berguna membuat kicauan menjadi indah. Pemberian secara rutin bisa dilakukan,agar kicauan atau suara yang di keluarkan menjadi tambah indah.

Biji Bijian

Biji bijian dapat diberikan oleh pemilik,namun bukan sebagai jenis pakan utama. Pada Biji ini dapat di berikan,pada saat mereka ingin mencoba pakan yang lainnya.

Namun setelah mengonsumsinya harus diberi air putih banyak,agar cairan tubuh tetap terjaga dan tidak menjadi berkurang.

Demikianlah informasi mengenai ciri,dan juga tempat tinggal serta pakan dari Gelatik.Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda,yang ingin memelihara dan juga mengembangbiakan hewan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *