Jenis, Ciri, Habitat, dan Harga Burung Jalak

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis, Ciri, Habitat, dan Harga Burung Jalak? Burung jalak merupakan jenis burung yang cukup populer. Mereka tergolong dalam keluarga Sturnidae yang senang hidup berkelompok.

Jenis, Ciri, Habitat, dan Harga Burung Jalak
Jenis, Ciri, Habitat, dan Harga Burung Jalak

Penampilan burung jalak tidak begitu mencolok. Umumnya, tubuh jalak terlihat sedikit gemuk, berekor pendek, dan berkaki merah muda. Meskipun demikian, burung jalak tetap diminati para pecinta burung karena kicauannya yang lantang.

Jalak memiliki variasi bulu yang unik. Sekilas, burung jalak betina dan jantan terlihat sama. Jika diperhatikan dengan seksama, jalak jantan memiliki bulu yang lebih mengkilap daripada jalak betina.

Jenis Burung Jalak

Burung jalak terdiri atas beragam jenis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jalak Bali

Sesuai dengan namanya, jalak bali (Leucopsar rothschildi) merupakan jenis burung jalak yang dapat dijumpai di Bali.

Jalak jenis ini memiliki bentuk tubuh yang tidak begitu gemuk dan senang berkicau sambil menari. Tubuhnya diselimuti dengan bulu berwarna putih. Mereka memiliki paruh berwarna hitam ke abu-abuan.

2. Jalak Brahmana

Jalak Brahmana atau jalak pagoda (Brahminy straling) merupakan jenis burung jalak yang berasal dari Asia Selatan. Dinamakan sebagai jalak pagoda karena burung ini sering berada di kawasan kuil atau candi.

Jalak Brahmana diselimuti oleh bulu berwarna cokelat muda. Memiliki paruh berwarna hitam dan kuning serta sayap yang berwarna cokelat ke abu-abuan. Umumnya, mereka senang memakan pisang, pepaya, dan buah-buahan manis lainnya.

3. Jalak Eropa

Jalak eropa atau European Starling (Sturnus vulgaris) merupakan jenis jalak yang tersebar di beberapa wilayah seperti Eropa, Afrika, Australia, Selandia Baru, Amerika Utara, Argentina, dan kawasan Asia.

Mereka tergolong jalak yang begitu pintar dan memiliki kicauan yang bervariasi. Ini karena jalak eropa mudah meniru suara jalak lainnya.

Jalak eropa memiliki ukuran tubuh sekitar 20 cm. Tubuh mereka diselimuti bulu berwarna hitam dengan bintik-bintik putih.

Mereka memiliki paruh berwarna hitam. Uniknya, paruh tersebut dapat berubah menjadi kuning ketika musim panas tiba. Tak salah kenapa jenis jalak yang satu ini begitu diminati karena keunikannya.

4. Jalak Kerbau

Jalak kerbau atau jalak hitam (Acridotheres javanicus) merupakan jenis jalak yang sering dipelihara. Ini karena mereka tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan mudah beradaptasi.

Jalak kerbau diselimuti bulu berwarna hitam keabu-abuan. Pada bagian paruh dan kakinya berwarna kuning tua.

5. Jalak Mawar

Jalak mawar atau Rosy Pastor (Pastor roseus) merupakan jenis jalak yang tersebar di kawasan Eropa dan Asia. Tubuh mereka diselimuti bulu berwarna merah muda yang begitu mempesona.

Mereka tinggal secara berkoloni dan senang berteman. Jalak mawar dapat hidup hingga lima tahun. Mereka memiliki bobot sebesar 60-90 gram dengan panjang sekitar 22 cm.

6. Jalak Nias

Jalak Nias atau jalak kerak ungu (Acridotheres tristis) merupakan jenis jalak yang tersebar di kawasan Asia Tenggara, Afrika, hingga Amerika.

Mereka hidup di ketinggian 3.000 mdpl atau di kawasan pegunungan. Tubuh jalak nias diselimuti oleh bulu berwarna cokelat.

Mereka memiliki kepala berwarna hitam, mata yang juga berwarna hitam, serta kaki dan paruh berwarna kuning tua.

7. Jalak Suren

Jalak suren (Sturnus contra) merupakan jenis jalak yang bermukim di kawasan Asia Tenggara.

Mereka diselimuti oleh bulu berwarna hitam dan putih, memiliki paruh berwarna kuning dan jingga, serta mata yang berwarna hitam. Ukuran tubuh mereka juga cukup panjang yaitu 24 cm.

Ini merupakan jenis jalak yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Itulah sebabnya kenapa jalak suren sering dijadikan sebagai pilihan piaraan.

8. Jalak Sutra

Jalak sutra atau jalak kapas (Sturnus sturninus) merupakan jenis burung jalak yang berasal dari negeri China. Ini adalah jalak yang paling diminati karena kicauannya yang indah dan harganya yang cukup terjangkau.

Pada bagian kepala dan dada jalak sutra berwarna abu-abu. Sementara itu, sayap, punggung, dan ekornya berwarna hitam dengan sentuhan warna putih. Mata dan paruh mereka berwarna hitam pekat.

Ciri Burung Jalak

Jika dibandingkan dengan jenis burung yang lain, burung jalak memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan paruh pendek, runcing, ekor pendek, dan sayap segitiga.

Warna bulu burung jalak bervariasi sesuai musim. Bulu mereka akan berkilau ungu dan hijau yang begitu mencolok di musim kawin.

Burung jalak dapat tumbuh dan berkembang hingga 20 sampai 25 cm. Dengan tubuh yang gagah, mereka memiliki paruh yang lurus dan kuat.

Kaki mereka juga panjang dan sesuai dengan tinggi tubuhnya. Burung jalak termasuk burung yang mudah dijinakkan dan dapat menirukan jenis suara burung lainnya.

Habitat Burung Jalak

Burung jalak umumnya tinggal di dataran rendah non pegunungan. Pada waktu tertentu, burung jalak menginginkan habitat yang lebih luas dan terbuka seperti padang rumput, pinggiran kota, savanna, dan daerah terrestrial sedang. Mereka akan membutuhkan lubang untuk bersarang ketika musim kawin tiba.

Pada musim kawin, burung jalak akan memanfaatkan celah pohon, atap, dan bangunan untuk membangun sarang. Bahkan mereka juga akan mencari sarang burung lain dan menempatinya.

Harga Burung Jalak

Burung jalak dibanderol dengan harga yang bervariasi. Hal tersebut tergantung pada jenis burung jalak mana yang akan dibeli. Berikut adalah daftar harga burung jalak beserta jenisnya.

  • Burung jalak suren anakan dibanderol dengan harga Rp.600.000
  • Burung jalak suren dewasa dibanderol dengan harga Rp.2.000.000
  • Burung jalak suren jawa anakan dibanderol dengan harga Rp.650.000
  • Burung jalak suren jawa dewasa dibanderol dengan harga Rp.2.000.000
  • Burung jalak suren gacor dibanderol dengan harga Rp.600.000
  • Burung jalak hitam anakan dibanderol dengan harga Rp.100.000
  • Burung jalak hitam dewasa dibanderol dengan harga Rp.300.000
  • Burung jalak putih anakan dibanderol dengan harga Rp.1.000.000
  • Burung jalak putih dewasa dibanderol dengan harga Rp.3.000.000
  • Burung jalak bali anakan dibanderol dengan harga Rp.10.000.000
  • Burung jalak bali dewasa dibanderol dengan harga Rp.25.000.000
  • Burung jalak kebo anakan dibanderol dengan harga Rp.100.000
  • Burung jalak kebo dewasa dibanderol dengan harga Rp.400.000
  • Burung jalak nias anakan dibanderol dengan harga Rp.150.000
  • Burung jalak papua dibanderol dengan harga Rp.150.000
  • Burung jalak sumatera dibanderol dengan harga Rp.350.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *