Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina? Burung kutilang adalah pilihan yang tepat untuk dipelihara dengan perawatan yang sederhana.

Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

Mereka tidak membutuhkan perawatan yang rumit, namun tetap ramah seperti jenis burung peliharaan lainnya. Meskipun tidak secerewet burung beo, burung kutilang merupakan burung yang ceria dan mudah berinteraksi dengan sesamanya.

Jenis peliharaan yang satu ini dapat hidup berbahagia dalam kelompok campuran. Bagi Anda yang tidak senang mengembang biakkan kutilang, Anda mesti mengetahui cara membedakan burung kutilang jantan dan betina.

Jika tidak, mereka akan berkembang biak dengan pesat. Sehingga memaksa Anda untuk memberikan perhatian ekstra.

Penerapan Metode

Burung kutilang jantan dan betina dapat dibedakan dengan menerapkan metode subjektif dan objektif.

1. Subjektif

Penerapan metode subjektif dapat dilakukan pada sampel burung kutilang yang sudah dewasa. Mereka akan mudah diidentifikasi berdasarkan warna dan penampakan fisik lainnya.

Setelah musim kawin usai, burung kutilang jantan dan betina akan sulit diidentifikasi karena keduanya terlihat identik. Ini terjadi pada kutilang jeruk (Ploceus aurantius) dan kutilang stroberi (Amandava amandava).

2. Objektif

Penerapan metode objektif dapat dilakukan dengan memasukkan kamera berukuran nano ke dalam tubuh burung kutilang.

Dokter hewan akan membantu Anda memvisualisasikan organ reproduksi yang terekam pada peralatan mereka.

Alternatif lainnya adalah melakukan pengujian genetik dengan menyertakan sampel bulu dan darah. Kode genetik yang terbaca setelah melakukan pengujian akan menentukan hasilnya.

Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan dan Betina

Apabila Anda tertarik untuk memelihara burung kutilang, identifikasilah jenis kelaminnya terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa trik khusus.

Perhatikan warna atau pola bulunya. Umumnya, kedua hal ini yang akan membantu Anda mendapatkan jawaban yang tepat.

Selain itu, Anda bisa membedakan burung kutilang jantan dan betina dengan melihat ukuran, bentuk, lingkungan dan perilaku, dan perubahan musim.

1. Warna

Kutilang merupakan jenis burung dimorfik seksual. Ini berarti bahwa burung kutilang dapat dibedakan antara jantan dan betina berdasarkan ciri-ciri yang terlihat pada fisiknya.

Burung kutilang jantan memiliki warna yang lebih terang dan cerah dibandingkan kutilang betina. Selain itu, burung kutilang jantan memiliki dada dan tambalan pipi yang berwarna cerah pula.

Burung kutilang jantan dewasa berwarna kemerahan pada area wajah, punggung, dan dada.

Ekor mereka umumnya bewarna cokelat dengan sedikit warna merah di bagian ujungnya. Sementara itu, kutilang betina memiliki warna yang agak gelap dengan garis-garis yang tebal.

2. Ukuran dan Bentuk

Burung kutilang jantan memiliki bentuk tubuh yang terlihat ramping dan memanjang. Berbeda halnya dengan burung kutilang betina yang cenderung terlihat bulat.

Anda juga bisa membedakan burung kutilang jantan dan betina berdasarkan ukuran kepala. Biasanya, ukuran kepala kutilang betina lebih kecil dibandingkan burung kutilang jantan.

3. Perilaku

Pada musim kawin, burung kutilang jantan akan cenderung menunjukkan pesonanya. Mereka senang melompat, bernyanyi, dan mempertunjukkan keunggulan lainnya.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membedakan burung kutilang jantan dan betina dari siapa di antara mereka yang mengerami telur. Tentunya, hal ini hanya bisa terlihat ketika kutilang telah tumbuh dewasa.

4. Lingkungan

Untuk beberapa jenis burung kutilang tertentu, akan sulit membedakan manakah yang jantan dan betina.

Beruntungnya, Anda bisa memperhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan sesamanya. Burung kutilang jantan cenderung lebih senang mempertunjukkan siapa dirinya ketika musim kawin tiba.

Mereka akan menari dan bernyanyi demi menarik perhatian betinanya. Sehingga, Anda dapat mengidentifikasi dengan mudah, mana kutilang jantan dan betina.

5. Perubahan Musim

Burung kutilang jantan akan mengalami perubahan bulu musiman. Ini membuat mereka terlihat seperti burung kutilang betina.

Mereka bersikap lebih agresif ketika musim kawin tiba. Berbeda halnya dengan burung kutilang betina yang selalu berperilaku dan berpenampilan sama.

Burung kutilang Jantan dan Betina Berdasarkan Jenisnya

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membedakan burung kutilang jantan dan betina.

Cara tersebut dapat diterapkan berdasarkan spesies burung kutilang tertentu. Seperti halnya pada kutilang Zebra, Gouldian, dan lainnya.

1. Kutilang Zebra

Kutilang Zebra jantan memiliki kombinasi pola dan warna yang berbeda dengan kutilang betina. Menurut Johnson Lab di Florida State University, kutilang Zebra jantan mulai bernyanyi ketika berumur sekitar 35 hari.

Berbeda halnya dengan burung betina yang tidak bernyanyi sama sekali. Dalam kebanyakan kasus, kutilang Zebra jantan memiliki tambalan pipi, sisi berbintik, atau palang di dada.

Sementara itu, kutilang Zebra betina tidak memiliki karakteristik demikian.

2. Kutilang Gouldian

Kutilang Gouldian jantan dan betina dapat dibedakan dengan mengamati warnanya. Meskipun perbedaan yang tepat bervariasi dari satu bentuk warna ke bentuk lainnya, kutilang jantan hampir selalu memiliki warna yang lebih berani dibandingkan kutilang betina.

Secara umum, hewan dengan warna kepala yang rapi adalah jantan. Sedangkan hewan dengan kepala yang sedikit kusam dan berbintik hitam adalah betina. Jantan berkepala hitam biasanya memiliki cincin leher yang lebih terang daripada betina.

3. Jenis Burung Kutilang Lainnya

Lebih sulit untuk membedakan jenis kelamin beberapa spesies kutilang lainnya. Misalnya, kutilang rempah-rempah dan kutilang domestik yag pada dasarnya memiliki bulu yang identik. Sehingga tidak mungkin membedakan jenis kelamin secara sekilas.

Anda harus mendengarkan mereka bernyanyi atau meminta bantuan dokter hewan untuk tindakan lebih lanjut.

Perilaku vokal sangat membantu untuk membedakan antara burung kutilang hijau jantan dan betina. Ini karena pejantan sering menghabiskan banyak waktu untuk bernyanyi.

Namun, kutilang penyanyi juga memiliki perbedaan warna yang halus. Seperti halnya kutilang jantan yang memiliki lebih banyak warna hijau dibandingkan kutilang betina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *