Cara Membedakan Burung Kakatua Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Burung Kakatua Jantan dan Betina? Mendengar burung kakatua mungkin sudah tidak asing lagi di telinga.

Cara Membedakan Burung Kakatua Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Kakatua Jantan dan Betina

Burung yang menjadi populer karena juga dijadikan sebuah lagu anak-anak ini adalah burung yang memiliki banyak keunikan salah satunya kecerdasannya dalam menirukan suara manusia.

Di Indonesia kakatua seringkali dijadikan peliharaan karena terkenal memiliki sifat yang setia dan mampu menjadi teman bagi si pemilik. Selain karena friendly, kakatua juga memiliki ciri-ciri yang indah mulai dari bulu, mata hingga paruhnya.

Bahkan menurut seorang pakar burung bernama Gisela Kaplan, jika kakatua dipelihara sejak kecil ia bisa menirukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia, karena kakatua diklaim memiliki kecerdasan setara dengan simpanse.

Kakatua merupakan burung “monomorphic” atau “sexual dimorphism” yang secara garis besar memiliki arti antara pejantan dengan betina hampir sama sehingga sulit untuk membedakan jenis kelaminnya.

Berbeda dengan burung-burung lain yang dalam membedakan jenis kelaminnya orang awam pun bisa, untuk burung kakatua harus dilakukan pengamatan mendalan agar bisa mengusai pengetahuan tentang membedakan jenis kelamin antara kakatuan jantan dan betina.

Secara habitat kakatua biasa menghuni area-area tepi hutan di hutan primer maupun hutan sekunder yang tinggi dengan ketinggian maksimal 1000 meter.

Di Indonesia sendiri kakatua tersebar di beberapa pulau daerah timur mulai dari Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba hingga Timor. Selain itu burung kakatua juga ada di pulau Sulawesi.

Burung Kakatua adalah tipe hewan yang suka berkelompok. Ia akan terbang dengan kelompok kecil untuk mencari makanannya.

Burung kakatua biasa memakan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, beri,  bunga akar,  hingga tanaman seperti kuncup daun. Namun beberapa spesies diteliti juga suka memakan serangga maupun larva.

Meski merupakan burung yang cantik dan memiliki harga jual yang mahal, burung kakatua juga bisa dianggap hama karena beberapa kali ditemukan laporan kakatua menyerang pertanian yang siap panen.

Ciri Burung Kakatua Jantan

Meski sulit untuk membedakan burung kakatua yang jantan dan betina, namun ada beberapa bagian yang bisa menjadi patokan dalam membedakan antara burung kakatuan jantan dengan yang betina, berikut adalah diantaranya:

1. Mata Kakatua Jantan

Ciri yang bisa dilihat pertama pada kakatua jantan adalah dengan mengamati pada bagian matanya. Pada burung kakatua jantan ia memiliki warna bola mata yang hitam pekat.

Cara ini bisa dilihat pada burung kakatuan yang sudah cukup dewasa dengan usia sekitar 7 bulanan.

2. Paruh Kakatuan Jantan

Burung kakatua jantan memiliki paruh yang ukurannya relatif lebih besar dibandingkan dengan burung kakatua betina.

Namun khusus untuk jenis burung kakatua hitam ia memiliki ciri yang sedikit berbeda dimana paruhnya berbentuk pipih dan lebih kecil dibandingkan dengan betinanya.

3. Bulu Pada Ekor 

Cara selanjutnya untuk membuat pengamatan dalam membedakan jenis kelamin burung kakatuan adalah dengan melihat bulu pada bagian ekornya.

Untuk burung kakatua jantan ia memiliki ekor yang lebih lebar dengan bulu lebih banyak.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan namun tetap harus dibutuhkan kebiasan dalam melihat kedua kakatua (baik jantan maupun betina) agara benar-benar tahu.

4. Bulu Jenggot Kakatua Jantan

Melihat bagian bulu jenggot juga bisa menjadi cara dalam melihat jenis kelamin dari burung kakatua.

Pada burung kakatua jantan ia memiliki bulu jenggot yang banyak dan cukup lebat. Bisa dibilang cara ini juga cukup mudah seperti halnya membedakan pada bagian matanya.

Ciri Burung Kakatua Betina

Selanjutnya adalah ciri dari burung kakatua betina yang merupakan kebalikan dari kakatua jantan:

1. Bagian Mata Kakatua Betina

Jika pada burun kakatua jantan bola matanya berwarna hitam pekat, maka untuk burung kakatua betina sedikit memiliki perbedaan.

Pada burung kakatua betina matanya berwarna hitam namun terdapat warna merah hati yang melingkar di sisi warna hitam.

2. Paruh Kakatua Betina

Burung kakatua betina memiliki paruh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung kakatuan jantan.

Namun khusus untuk jenis burung kakatua hitam, untuk betina paruhnya lebih besar dibandingkan dengan yang jantan

3. Bulu Ekor

Pada burung kakatua betina bulu pada ekornya tidak lebar seperti halnya kakatua jantan. Selain itu bulu pada ekor tersebut tidak selebat kakatua jantan.

4. Bulu Jenggot

Pada bulu dibagian jenggot, burung kakatuan betina bulu jenggotnya sangat sedikit. Bahkan banyak juga burung kakatua betina yang sama sekali tidak memiliki bulu jenggot.

Selain cara-cara tersebut, cara lainnya yang punya tingkat akurasi paling tinggi adalah dengan memanfaarkan teknologi melalui tes DNA.

Di Indonesia saat ini sudah ada tempat-tempat dan teknologi tes DNA burung untuk melihat jenis kelamin burung.

Ada dua metode tes DNA burung termasuk burung kakatua yaitu melalui metode sampel bulu maupun metode sampel darah.

Baca Juga : Jenis Burung Kakak Tua Paling Cantik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *