6 Cara Membuat Burung Kenari Gacor

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membuat Burung Kenari Gacor? Burung kenari masuk ke dalam jajaran burung dengan suara yang indah.

6 Cara Membuat Burung Kenari Gacor
6 Cara Membuat Burung Kenari Gacor

Karenanya, sudah sejak lama burung kenari menjadi burung peliharaan berjajar dengan dengan jenis burung peliharaan bersuara indah yang lain.

Jika kalian merupakan salah satu peminat dari burung kenari, perlu kalian ketahui bahwa kenari menjadi peliharaan para pembesar pada abad ke-17, mulai dari keluarga kerajaan Spanyol hingga Inggris.

Pada jaman itu, kenari dianggap sebagai sebuah unjuk gigi keteranan dan kekayaan. Dijaman sekarang, kenari diminati karena kecantikan serta suara khas miliknya yang merdu. Bahkan, mulai diadakan kompetisi menyanyi untuk para bintang kecil.

Cara Membuat Burung Kenari Gacor

Bagi para pemilik kenari yang juga ingin agar peliharaan kalian dapat mengikuti kontes, ataupun kalian yang memang hanya senang mendengarkan suara merdu mereka; kami akan memberikan tips cara membuat burung kenari gacor. Mari kita simak!

1. Perhatikan Konsumsi Makanan Kenari

Banyak sekali jenis makanan yang dijual bebas diluaran untuk pemeliharaan kenari kalian.

Mulai dari prodak olahan jadi, hingga jenis-jenis makanan segar yang dapat kita pilih sebagai santapan hewan peliharaan kita.

Menu makanan diet alami dari kenari adalah biji-bijian, jadi jangan sampai lupa untuk memberikan biji-bijian sehat untuknya.

Juga disarankan untuk memberikan makan segar seperti buahan-buahan dan sayur mayur untuk mencukupi keperluan berbagai zat yang akan membantu menjaga kesehatan kenari, seperti mineral dan protein.

Berbagai sayur dan buahan-buahan yang dapat diberikan kepada kenari juga bervariasi, mulai dari: apel, pisang, jeruk, peterseli, jagung muda, sawi, dan masih banyak lainnya.

Namun ingat, jadikan buah-buahan dan sayuran sebagai makan selingan atau makanan tambahan saja.

2. Berikan Dedaunan

Masih sebagai pelengkap dalam menu diet, beberapa ahli menyarankan para pemilik kenari untuk memberikan beberapa jenis dedauanan yang dapat memberikan sokongan gizi seimbang untuk kesehatan kenari milik kalian.

Berikut ini adalah beberapa contoh dedaunan yang dapat kalian beli dan hidangkan untuk kenari: daun ginseng jawa, daun krokot, daun binahong, daun mengkudu, daun dewa.

3. Jangan Lewatkan Mandi Pagi

Tidak hanya manusia yang harus mandi untuk menajaga kebersihan tubuh, para pemilik kenari juga harus rajin memandikan hewan peliharaan kalian setiap pagi. Dengan rutin memandikan kenari, kita akan memastikan kesehatan kulit dan bulu pada kenari.

Bagaimana cara memandikan burung kenari kalian? Beberapa orang memasukkan bak air kecil atau semacam bathub  ke dalam sangkar.

Jika kalian kurang suka dengan cara yang satu ini, kalian bisa mencoba menggunakan hand-spayer dan menyemprotkan air perlahan pada burung kenari. Lakukan kegiatan ini setiap pagi setelah matahari terbit.

4. Jemur Kenari Setiap Pagi dan Sore

Sinar matahari yang didapatkan oleh kenari dapat membantunya menjaga kesehatan bulu mereka dari serangan para parasit tungau dan kutu.

Diketahui juga penjemuran yang dilakukan secara rutin dapat meningkatan kualiatas suara kenari menjadi kian lantang dan merdu.

Bagaimana proses penjemurannya? Cukup jemur peliharaan kenari kalian kurang lebih satu hingga dua jam, tidak lebih setiap pagi dan sore.

Jikalau, ternyata burung kenari telah terlanjur terjangkit oleh kutu dan tungau, cobalah untuk memakai obat kutu komersial yang dapat kalian dapatkan di pet-shop.

5. Pemberian Multivitamin Tambahan

Multivitamin juga diterapkan oleh berbagai jenis peliharaan lainnya. Tidak hanya didapatkan dari diet makan kenari sehari-hari seperti sayur dan buah-buahan, kalian juga bisa memberikan multivitamin tambahan untuk kenari milik kalian.

Kelebihan dari multivitamin adalah kelengkapan sempurna semua zat menjadi satu dalam satu prodak.

Menurut pemeriksaan, terdapat kekurangan tiga vitamin yang sering sekali terjadi pada burung peliharaan: kekurangan vitamin D, A, dan E. Karenanya, ada baiknya kalian sedia payung sebelum hujan demi kebaikan si kecil kenari.

Penggunaan vitamin dianjurkan berkisar antara dua hingga tiga kali seminggu, untuk prodak vitamin sendiri kalian bisa mendapatkannya secara bebas di pet-shop maupun online.

6. Pastikan untuk Menjaga Kebersihan Kandang

Seperti halnya rumah kita (manusia), jika rumah tidak kita rawat dengan baik, penuh dengan debu dan kotoran tentunya semua hal negative tersebut juga akan berimbas kepada penghuni rumah tersebut.

Begitu juga dengan sangkar atau kandang tempat kenari kalian berteduh dan melakukan kegiatan sehari-hari.

Pada umumnya, kenari yang sehat akan selalu aktif dan energik di dalam sangkar mereka.

Jika kalian dapati terdapat perbedaan kebiasaan dari sebelumnya, terdapat kemungkinan bahwa burung kenari sedang tidak nyaman atau dalam kondisi tidak sehat.

Selalu periksa dan bersihkan sangkar secara teratur, bersihkan segala aksesoris yang kalian pasang di dalamnya: tempat makan dan minum, bak mandi, mainan, dan sebagainya.

Di dalam sangkar, segala macam kotoran berkumpul, seperti rontakan makanan dan faeces, jika terus dibiarkan bertumpuk nantinya akan memproduksi berbagai bakteria maupun jamur yang berbahaya.

Baca Juga : Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *