Jenis Makanan Burung Kenari Yang Baik Agar Gacor

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Makanan Burung Kenari Agar Gacor? Kenari pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut berkebangsaan Perancis bernama Jean de Berthan pada abad ke-15.

Jenis Makanan Burung Kenari Yang Baik Agar Gacor
Jenis Makanan Burung Kenari Yang Baik Agar Gacor

Nama Kenari sendiri diambil dari pulau si burung kecil ini ditemukan yaitu, Pulau Canary. Di dunia modern saat ini, Canary menjadi salah satu bisnis jual-beli yang cukup menjajikan; Belanda menjadi salah satu pemasok terbesar burung kenari di Indonesia.

Menjadi salah satu jenis burung favorit kalangan pecinta burung, bentuk dan warna tubuhnya yang anggun menarik minat banyak orang untuk memeliharanya.

Memelihara hewan sendiri adalah tugas yang terbilang susah dan mudah; tanggung jawab merupakan poin terpenting yang harus dilimiliki oleh semua pemelihara.

Begitu pula kasus pada burung kenari, kita tidak bisa sembarangan memelihara hewan kecil ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap jenis hewan memiliki pola makan khusus dan berbeda-beda.

Pemberian makanan yang salah juga dapat menimbulkan dampak buruk terhadap hewan pelihaaran kita.

Mulai dari penurun kesehatan, kerontokan bulu pada kenari, dan pada kasus terburuk hingga merenggut nyawa mereka.

Jenis Makanan Burung Kenari Yang Baik Agar Gacor

Tentunya sebagai pemilik, kita tentunya tidak ingin nasib seperti itu terjadi atas hewan peliharaan kita.

Karenanya, pada pembahasan kita kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai jenis makanan burung kenari yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Telur Puyuh

Tidak hanya enak dilidah manusia, teryata burung peliharaan kenari kalian juga menyukai makanan yang satu ini.

Tentu saja bukan hanya karena rasanya, namun juga karena zat-zat penting yang terkandung di dalam telur puyuh itu sendiri.

Perlu kalian ketahui, bahwa telur puyuh memiliki kandungan protein yang sangat tinggi pada setiap butirnya, bahkan lebih tinggi dari telur ayam yang menjadi menu kita sehari-hari.

Tetapi ingat, bahwa telur puyuh tidaklah dijadikan sebagai menu utama dalam keseharian diet burung kenari kalian; baiklah telur puyuh ini dijadikan sebagai makanan pelengkap saja bagi hewan kecil ini.

Bagian terpenting darinya adalah si kuning telur; baiklah rebus dulu telur puyuh yang sudah ada, dan kemudian hidangkan sebagai makanan pendamping bagi kenari.

2. Sayur Mayur nan Segar

Sudah tidak asing lagi bahwa sayur mayur merupakan makanan super yang harus menjadi salah satu asupan pokok untuk manusia dan pada kasus kali ini si burung kenari.

Berbagai kandungan kompleks yang diperlukan tubuh: semua jenis vitamin mulai dari vitamin A, B, C, E, dan K, serat, protein, mineral, dan juga antioksidan akan membantu memelihara tubuh setiap penikmatnya dari dalam.

Namun, tetaplah ingat teman, bahwa burung kenari peliharaanmu tetaplah berbeda dari manusia.

Ada beberapa jenis sayuran yang pantang untuk dikonsumsi kenari, tapi kali ini kami akan memberikan beberapa contoh sayuran yang wajib diberikan kepada kenari: gambas, mentimun, kubis, wortel, cabe merah, jagung muda, dan sawi.

3. Ulat Hongkong

Kurang enak jika kita tidak menyertakan menu favorit dari hewan yang satu ini. Sejak kecil kita telah melihat dan mengetahui bahwa ulat merupakan salah satu menu diet utama dari hewan yang kita sebut burung.

Di alam liar, para burung sering mencari ulat-ulat di pepohonan maupun tanah. Karenanya, jangan sampai kita melupakan pola makan natural yang telah diciptakan oleh alam semesta.

Salah satu jenis ulat yang sangat kami rekomendasikan untuk burung kenari adalah ulat hongkong.

Tenang saja, kalian tidak harus jauh-jauh ke Hongkong untuk membeli ulat yang satu ini; di Indonesia sendiri sudah sangat banyak peternak yang mengembangbiakkan ulat tersebut.

Dalam pemberian, pastikan bahwa kalian memberikan ulat tersebut secukupnya, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Diketahui, bahwa pemberian yang berlebihan dapat menyebab keterlambatan mabung pada burung kenari milik kalian.

4. Buah-buahan

Tak perlu diragukan kembali kasiat dari buahan-buahan. Mengandung berbagai mineral dan vitamin penting untuk menjaga tubuh burung kenari milik kalian dari dalam.

Selalu ingat untuk memberikan buah yang terbaik bagi si kenari. Periksalah bagian buah yang akan kalian berikan untuk memastikan tidak ada bagian yang busuk di dalamnya.

Jadi, buah apa sajakah yang baik dikonsumsi oleh si kecil kenari? Variasi yang ditawarkan untuk buah cukup luas dan beragam, mulai dari jeruk, papaya, pisang, apel, alpukat, strawberry, dan lainnya. Pesan dari kami, lebih baik memberikan satu jenis buah per-hari bagi peliharaan kenari kalian.

Selalu pastikan bahwa teman-teman sekalian memberikan makanan yang terbaik untuk si kecil kenari. Makanan yang sehat dan bergizi merupakan poin terpenting untuk menjaga keseluruhan tubuh dari kenari.

Mulai dari suaranya yang sangat diidolakan banyak pecintanya, dan juga kualitas bulu kuning indah kenari.

Seringkali permasalahan bulu rontok disebabkan oleh pola dan jenis makanan yang tidak cocok pada kenari. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Membuat Burung Kenari Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *