Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Diposting pada

Tahukah Anda Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari? Memiliki kecantikan warna yang cerah dari bulunya dan kemampuan kicauan yang indah, membuat burung kenari menjadi salah satu burung peliharaan yang banyak sekali digemari di Indonesia.

Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari
Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Sebagian besar para peternak kenari sebelum memeliharanya biasanya sudah akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai masalah apa yang biasa dihadapi oleh burung kenari ketika dipelihara.

Salah satu permasalahan yang sering kali terjadi adalah masalah kebotakan pada burung kenari.

Burung kenari yang mengalami kebotakan dan tidak akan tumbuh bulu lagi merupakan hal yang umum terjadi terutama pada burung kenari betina yang telah memproduksi 2 hingga 3 kali.

Penyebab Kebotakan Pada Kenari

Penyakit kebotakan pada burung kenari inilah yang harus senantiasa diwaspadai oleh para peternaknya, karena dapat mempengaruhi kesehatan burung kenari tersebut.

Berikut akan disampaikan beberapa penyebab terjadinya kebotakan pada burung kenari, diantaranya:

1. Kurangnya nutrisi

Salah satu faktor yang dapat memicu kebotakan pada burung kenari adalah kurangnya asupan nutrisi yang diterima oleh burung kenari sehari-harinya.

Burung kenari membutuhkan nutrisi yang tinggi dalam makanannya. Yang paling sering terjadi adalah kurangnya zat iodium yang mana sangat dibutuhkan oleh burung kenari dalam pertumbuhan dan kecerdasannya.

2. Adanya infeksi jamur, bakteri, kutu atau tungau

Infeksi dari jamur, kutu atau bakteri dapat membuat bulu-bulu burung kenari rontok dan bisa menyebabkan kebotakan yang merata.

Burung kenari yang terinfeksi bakteri ini, bulunya akan tampak berjatuhan disekitar burung tersebut.

Serangan kutu atau tungau kantung udara pun bisa terjadi dari udara sekitar tempat burung kenari tersebut ditempatkan.

Dampaknya burung akan berada dalam kondisi yang tidak nyaman dan bisa menyebabkan stress berat karena kutu tersebut sehingga membuat bulu-bulunya menjadi banyak rontok.

3. Kekurangan hormone

Kurangnya hormon pada burung kenari bisa berdampak pada terganggunya kelenjar adrenalin sehingga akan memungkinkan untuk burung mudah terserang penyakit Addison dan juga gangguan pada kelenjar tiroidnya.

Ketidakstabilan hormone ini akan dapat menyebabkan bulu-bulu burung kenari akan rontok dengan sendirinya.

Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari

Dari beberapa penyebab kebotakan pada kenari yang telah dijabarkan diatas, berikutnya akan disampaikan bagaimana cara mencegah dan mengobati kebotakan pada kenari.

1. Pemberian nutrisi dan vitamin

Proses Pemberian iodium disertai dengan vitamin serta mineral dapat membantu merangsang kelenjar tiroid dan mendorong pertumbuhan bulu-bulu burung kenari.

Pemberian iodium yang tepat pada pakan sehari-harinya dapat membantu tumbuhnya bulu-bulu jarum pada bagian tubuh kenari yang mengalami kebotakan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan yang mengandung iodium seperti parutan tulang sotong, lalu ditambahkan ke pakan kenari yaitu buah-buahan atau sayuran hijau.

Ini akan menambah kalsium, iodium yang bermanfaat untuk pertumbuhan bulu burung kenari.

2. Pemberian obat

Untuk burung kenari yang mengalami kebotakan akibat adanya virus, anda bisa memberikan birdmineral selama dalam masa penyembuhan, ini berfungsi mempercepat pertumbuhan bulu-bulu baru.

Atau bila burung kenari mengalami infeksi akibat bakteri, jamur, anda bisa menggunakan FreshAvies untuk pengobatannya.

Pertama anda harus melakukan karantina tersendiri burung kenari yang memiliki permasalahan tersebut, tempatkan pada kandang terpisah dan pastikan kebersihannya.

Anda bisa menyemprotkan obat FreshAvies ini pada tubuh burung kenari dan juga pada sangkarnya. Hal ini berguna untuk membunuh bakteri serta jamur yang menempel pada burung tersebut.

Untuk mengatasi burung kenari yang botak akibat tungau kantung udara, anda bisa menggunakan BirdFresh, yaitu dengan cara mengoles pada bagian bulu kenali yang sudah rontok tersebut.

3. Penggunaan Lidah buaya

Cara mengobati kebotakan pada kenari selanjutnya yakni dengan lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki kandungan Glycoprotein dimana sangat berkhasiat dalam merangsang tumbuhnya rambut serta bulu.

Lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai obat anti jamur dan bakteri serta dapat merangsang kembali sel-sel tubuh yang sudah mati.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memotong daun lidah buaya kemudian diiris-iris, bagian dalam lidah buaya tersebut dioleskan ke tubuh burung kenari yang mengalami kebotakan.

Lakukan berulang kali secara rutin selama masa terapi. Penggunaan lidah buaya ini juga bisa dibarengi dengan pemberian obat pada burung kenari.

4. Menggunakan minyak kemiri

Minyak kemiri dari dulu memiliki khasiat dalam membantu menyuburkan rambut dan membuatnya menjadi lebih hitam. Penggunaan minyak kemiri juga bisa mengatasi kebotakan pada burung kenari.

Caranya adalah dengan menumbuk kemiri yang telah dibakar, lalu ambil minyaknya dan oleskan pada bagian tubuh burung kenari yang mengalami keotakan.

5. Perawatan Intensif

Ketika anda sudah mencoba beberapa cara diatas untuk membantu merangsang pertumbuhan bulu burung kenari, dan sudah mulai terlihat hasilnya, maka sangat dibutuhkan perawatan yang terus menerus agar kebotakan pada kenari tidak terulang kembali.

Beberapa yang harus anda perhatikan, diantaranya:

  • Rajin membersihkan sangkar burung. Kebersihan tempat tinggal burung kenari adalah hal utama. Tempat yang nyaman akan membuat burung tidak mengalami stress dan tidak mudah terjangkau penyakit
  • Memberi makan yang bergizi. Selalu memberikan pakan terbaik agar burung kenari dapat tumbuh dengan sehat.
  • Masukkan burung ketika malam hari. Udara malam yang kurang baik tentunya akan dapat membuat burung kenari jatuh sakit. Sebaiknya tempatkan burung kenari pada kondisi udara yang normal dan lebih aman untuk dimasukkan ke dalam rumah bila malam hari.

Dengan melakukan perawatan yang rutin dan baik, semoga menjadikan burung kenari yang anda pelihara dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nah itulah Penyebab dan Cara Mengobati Kebotakan Pada Kenari yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *