Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan dan Betina? Burung kepodang termasuk burung yang populer dipelihara oleh masyarakat.

Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan dan Betina

Bahkan, beberapa tahun yang lain harga dari hewan ini cukup tinggi sebelum masuknya lovebird ke Indonesia. Namun, sampai saat ini masih banyak pembudidaya yang tertarik untuk memelihara burung kepodang.

Pembudidaya tidak boleh memelihara burung kepodang sembarangan. Informasi yang harus diketahui terlebih dahulu adalah perbedaan antara burung kepodang jantan dengan burung kepodang yang betina.

Kalau info ini sudah diketahui tentu proses perawatan dan pemeliharaan burung akan semakin mudah.

Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan dan Betina

Nah, terkait dengan alasan di atas, maka pada artikel berikut ini akan dijabarkan tentang cara membedakan burung kepodang jantang dan betina.

Infonya diambil dari berbagai sumber yang terpercaya sehingga pembudidaya tidak perlu khawatir bakal salah ketika melakukan pemilahan. Ini cara yang dimaksud:

1. Mendengarkan Suara Burung

Cara untuk membedakan burung kepodang jantan dengan betina yang pertama adalah melalui suaranya. Suara burung kepodang yang jantan dicirikan dengan suara lantang atau nyaring. Sedangkan suara burung kepodang yang betina lebih pelan dan lembut.

Suara burung kepodang yang jantan memang lantang dan nyaring. Sebab, hewan ini mengandalkan suara lantangnya untuk menarik birahi dari burung kepodang betina.

Suara lantang juga menjadi simbol kejantanan burung dan keperkasaan yang memungkinkan untuk menarik si betina agar mau berkawin dengannya.

2. Mengukur Bentuk Tubuh dan Kepala

Perbedaan antara burung kepodang jantan dengan betina juga bisa dilihat dari ukuran bentuk tubuh dan kepala.

Ukuran tubuh dan kepala burung kepodang yang jantan biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh dan kepala burung kepodang yang betina.

Ini merupakan perbedaan yang paling mencolok serta perbedaan yang mudah dalam pengamatan.

Maka dari itu, pembudidaya jangan sampai salah ketika memilih burung. Periksa terlebih dahulu ukuran tubuh dan kepala, baru bisa memilih burung kepodang jenis apa yang ingin dipelihara. Jika pembudidaya masih bingung, silakan tanya kepada si penjual burung tersebut.

3. Melihat Warna Pangkal Ekor

Jika pembudidaya melihat pangkal ekor, sejatinya tidak ada perbedaan antara pangkal ekor burung kepodang jantan dan betina. Burung harus diamati secara detail baru perbedaan dari sisi ini bisa dilihat dengan jelas dan nyata.

Pangkal ekor burung kepodang jantan memiliki warna kuning yang cerah. Sedangkan pangkal ekor burung kepodang yang betina mempunyai warna kuning yang sedikit memudar.

Perbedaan ini tidak akan terlihat jika burung yang diamati tidak berada di dalam satu sangkar yang sama atau pangkal ekor tidak dilihat secara bersamaan.

4. Melihat Ujung Topeng Kepala

Ciri-ciri burung kepodang yang tidak dimiliki burung lain ialah memiliki topeng di area kepala.

Bentuknya cukup jelas karena terdiri dari bulu lebat berwarna hitam yang terlihat kontras dengan warna bulu yang dominan yaitu warna kuning terang.

Ternyata, jenis kelamin burung kepodang juga bisa dibedakan dari sisi ini. Yang mana, burung kepodang jantan memiliki ujung topeng berbentuk lancip, sedangkan ujung topeng burung kepodang yang betina berbentuk tumpul bahkan ada yang berbentuk lingkaran.

5. Melihat Paruh Burung

Paruh burung kepodang jantan dengan betina memiliki corak warna yang berbeda. Untuk burung kepodang jantan, warna paruh adalah merah menyala dan terlihat jelas, sedangkan paruh burung kepodang yang betina adalah warna merah sedikit memudar.

Jika melihat sekilas, warna paruh burung kepodang betina lebih mendekati warna merah muda daripada warna merah tua.

Warna-warna semacam ini mungkin yang menjadi penyebab burung kepodang jantan berminat pada burung kepodang yang betina.

Baca Juga : Fungsi Paruh Pada Burung

6. Perhatikan Sayap Burung

Sekalipun warna dan bentuk sayap burung kepodang jantan maupun betina adalah sama, ternyata kalau melihat secara detil, perbedaan juga muncul dari sisi ini.

Burung kepodang yang betina memiliki bentuk sayap yang renggang. Sedangkan sayap burung yang jantan memiliki bentuk rapat dan tipis.

Untuk melihat perbedaan ini, pembudidaya burung harus memperhatikan kedua sayap burung secara bersamaan.

Paling tidak, burung yang jantan maupun yang betina harus berada di dalam satu sangkar yang sama. Perawat burung pun harus berhati-hati ketika memeriksa sayap karena sayap burung kepodang rawan lepas dan tanggal.

7. Lihat Variasi Kicau

Burung kepodang yang jantan, tidak hanya memiliki suara kicau yang lantang tetapi juga bervariasi.

Sedangkan suara kicau burung kepodang yang betina terkesan monoton dan lembut. Nah, dari sini saja sudah terlihat kalau kedua burung ini memang satu spesies tetapi lain kelamin.

Sebagian besar orang memelihara burung kepodang yang jantan, karena memang suaranya indah dan agak mendayu-dayu. Namun, burung kepodang betina juga harus dipelihara jika ingin mendapatkan anakan dari keduanya.

Itulah beberapa cara untuk membedakan burung kepodang jantan dengan yang betina. Semoga, informasi ini bisa menjadi tambahan cakrawala berpikir kepada Anda yang berminat untuk memelihara hewan indah yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.