Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina? Nama burung macaw mungkin masih agak asing di telinga.

Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina

Tetapi apabila mendengar mengenai beo, paruh bengkok, atau parrot maka mungkin kita tak asing lagi. Macaw termasuk burung yang masuk dalam keluarga paruh bengkok dan dapat pula dikategorikan sebagai salah satu jenis beo.

Burung macaw merupakan burung yang asli berasal dari Meksiko, Amerika Tengah.

Burung macaw merupakan burung yang hidup di hutan Amazon di Amerika Selatan. Namun, ada pula burung macaw yang hidup di Karibia.

Burung macaw, merupakan salah satu simbol bagi suku di Amazon. Dahulu, terdapat ribuan spesies dari burung macaw. Namun, keberadaan burung macaw yang banyak kini hampir punah karena banyaknya burung macaw yang dijual secara bebas.

Karena keberadaan burung macaw yang hampir punah, maka terdapat beberapa jenis burung yang dilindungi secara undang-undang serta jika ingin membelinya, harus memiliki sertifikat khusus.

Dari berbagai jenis burung macaw, ada beberapa yang terkenal dan bisa diamati dari perbedaan morfologinya.

Misalnya burung macaw blue&gold yang bisa dibilang merupakan salah satu burung macaw yang paling digemari dan dikenal.

Burung ini sesuai dengan namanya memiliki warna bulu dominan biru dan juga bulu berwarna kuning.

Macaw jenis ini juga banyak ditemukan hidup di rawa atau lubang pepohonan. Tubuh burung mawac jenis blue and gold ini biasanya memiliki ukuran berkisar 90 cm.

Selanjutnya, jenis burung macaw yang cukup terkenal adalah macaw jenis scarlet. Macaw jenis ini cukup banyak dipelihara karena warnanya yang unik dengan beragam warna dalam satu badan.

Macaw jenis scarlet juga bisa dijinakkan karena itu cukup banyak yang memeliharanya.

Ada pula macaw jenis buffons yang berasal dari Kolombia, Kosta, dan Ekuador. Macaw jenis buffons memiliki bulu berwarna hijau dan ciri yang paling mudah dikenali adalah macaw ini memiliki jambul berwarna merah cerah di kepalanya.

Namun, sayangnya, burung macaw jenis ini cukup langka sehingga sulit ditemui.

Jenis burung macaw lain yang cukup langka adalah hyacinth macaw yang memiliki tubuh berwarna biru dengan paruh warna hitam. Burung macaw jenis ini cukup agresif dan susah untuk dikembangbiakkan.

Selain itu, ukuran tubuh dan kekuatan gigitan dari macaw hyacinth membuatnya menjadi burung macaw yang sulit untuk dijinakkan.

Bila mencari burung macaw yang cukup mudah untuk dijinakkan, ada macaw jenis illiger yang memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Burung macaw jenis ini memiliki ukuran tubuh 43 cm dan karena cukup mudah dijinakkan, maka peminatnya pun cukup banyak.

Cara Membedakan Burung Macaw Jantan dan Betina

Untuk membedakan burung macaw jantan dan betina memang menjadi hal yang perlu dilakukan terutama apabila tujuan pemeliharaan untuk dikembangbiakkan.

Tetapi, secara morfologi, membedakan antara macaw jantan dan betina merupakan hal yang cukup sulit karena keduanya terkadang memiliki ciri morfologi yang sama.

Namun, ada beberapa hal yang mungkin bisa memberikan tanda mengenai perbedaan macaw jantan dan betina seperti burung macaw jantan biasanya memiliki kepala yang lebih datar dibandingkan burung macaw betina.

Selain itu, bagian paruh pada macaw betiina juga lebih kecil dibandingkan dengan bagian paruh dari macaw jantan.

Namun, selain kedua hal di atas, harus ditunggu hingga macaw dewasa untuk bisa mengidentifikasi macaw jantan maupun macaw betina. Macaw betina biasanya akan mengeluarkan dua hingga tiga telur dan meletakkannya di sarang.

Ada yang mengatakan bahwa macaw jantan juga lebih agresif dan macaw betina lebih jinak.

Selain dari perbedaan di atas, hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan macaw jantan dan betina adalah dengan melakukan operasi untuk mengetahui jenis kelamin maupun melakukan tes DNA yang dilakukan oleh dokter hewan.

Melakukan tes DNA untuk mengetahui jenis kelamin dari burung macaw bisa dilakukan dengan mengambil darah, atau bagian bulu dari dada burung macaw.

Sedangkan untuk operasi untuk menentukan jenis kelamin, akan diperlukan prosedur anestesi untuk mengetahui jenis kelamin burung macaw.

Pada prosedur ini, dokter hewan akan membuat sayatan kecil pada bagian perut burung dan memasukkan endoskop untuk memvisualisasikan organ seksual dari burung macaw sehingga bisa diketahui jenis kelamin dari burung macaw.

Cara Merawat Burung Macaw

Memelihara burung peliharaan, terlebih lagi burung macaw yang memiliki harga cukup mahal, tentu harus diperhatikan dengan sangat hati-hati.

Burung macaw yang hidup di wilayah tropis bisa dikatakan cocok bila dipelihara di Indonesia, tetapi tentu ini tak membuat burung macaw bisa dibiarkan tanpa perawatan yang memadai.

Hal pertama yang perlu diketahui ketika merawat burung macaw adalah dengan meletakkannya di tempat yang teduh.

Karena bila diletakkan di tempat yang panas, burung macaw akan mengalami dehidrasi dan bisa menyebabkan kematian pada burung macaw.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sangkar tempat burung tinggal. Burung macaw harus ditempatkan pada sangkar yang memiliki lebar minimal 1,5 meter dan tinggi 2 meter.

Sangkar burung macaw bisa dibuat menggunakan besi maupun kawat halus. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah kayu tempat tangkringan burung tak boleh berasal dari pohon yang memiliki getah karena macaw bisa mematuki kayu tersebut dan ini tentu bisa mengganggu kesehatan burung macaw.

Berkaitan dengan sangkar, sangkar burung macaw juga perlu dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk menghindari kotoran yang bisa menimbulaakn bakteri dan kuman.

Hal paling penting yang juga perlu diperhatikan adalah pemberian pakan pada burung macaw. Burung macaw bisa diberikan pakan berupa biji-bijian, sayur, maupun buah.

Tetapi yang perlu diingat adalah untuk tidak memberikan alpukat kepada burung macaw karena bisa menyebabkan burung keracunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *