Cara Membedakan Burung Jalak Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Burung Jalak Jantan dan Betina? Dalam bahasa Latin, burung jalak dinamakan sebagai Sturnus vulgaris yang berarti “burung jalak biasa” atau jalak Eropa.

Cara Membedakan Burung Jalak Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Jalak Jantan dan Betina

Ini merupakan salah satu jenis burung yang senang berteman dan mudah beradaptasi. Mereka dikenal sebagai burung yang begitu memukau karena gumamannya.

Burung jalak berasal dari keluarga Sturnidae yang senang bermain di alam terbuka. Namun saat ini burung jalak dikategorikan sebagai burung yang dilindungi karena ancaman global.

Karakteristik Burung Jalak

Burung jalak adalah jenis burung yang mudah beradaptasi bahkan di saat mereka mencari makanan. Mereka senang memakan apa saja seperti siput, biji-bijian, cacing, dan serangga.

Burung jalak bisa menghabiskan makanannya dengan begitu cepat hanya dalam hitungan menit. Akan tetapi, burung jalak tidak terlepas dari kebiasaan buruk mereka ketika makan.

Mereka tidak segan untuk berebut makanan dengan kawanannya. Namun itu masih dinilai sebagai hal yang wajar.

Burung jalak memiliki penampilan yang sangat berkarismatik. Dulunya, mereka dijadikan sebagai bagian dari pertunjukan atau pengisi sirkus walaupun tubuh burung jalak terlihat sedikit gemuk.

Mereka memiliki ekor yang pendek, paruh yang panjang dan ramping, serta kaki berwarna merah muda. Tubuh mereka diselimuti bulu berwarna hitam. Namun, bulu tersebut terlihat kecokelatan pada musim dingin.

Lalu, apakah penampakan burung jalak jantan dan betina itu sama?

Sekilas, tidak ada perbedaan yang mencolok antara burung jalak jantan dan betina. Akan tetapi, jika diperhatikan dengan seksama, terdapat beberapa perbedaan ketajaman warna, bentuk mata atau warna iris, hingga kebiasaan dan perilaku mereka.

Cara Membedakan Burung Jalak Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan burung jalak jantan dan betina? Berikut adalah beberapa hal yang mesti diketahui untuk membedakan antara burung jalak jantan dan betina secara umum.

1. Perilaku Jalak

Cara membedakan burung jalak jantan dan betina dapat dilihat dari kebiasaan mereka membangun sarang. Burung jalak jantanlah yang paling berperan dalam membangun sarang.

Mereka membuat sarang dari rerumputan dan menempatkannya di bangunan, lubang di dinding, dan pepohonan.

Sementara itu, burung jalak betina mengokohkan sarang dengan menambahkan lumut, wol, dan bulu. Setelah itu, burung jalak jantan menghias sarang tersebut dengan kelopak bunga dan dedaunan.

2. Bentuk Mata

Penampakan fisik adalah langkah yang bisa dilakukan untuk membedakan antara burung jalak jantan dan betina walaupun ini bukanlah cara yang akurat. Ketika burung jalak berada di bawah terik matahari, perhatikanlah bentuk iris matanya. Mata burung jalak jantan lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Sehingga mata mereka terlihat lebih terang dibandingkan mata burung jalak betina. Sementara itu, ketebalan iris mata burung jalak betina dapat berubah menyesuaikan cahaya.

3. Warna

Jika diperhatikan secara mendalam, terdapat beberapa perbedaan antara burung jalak jantan dan betina dalam hal warna dan bulu mereka.

Ini terlihat dari bulu yang terdapat di bawah tenggorokan. Betina dewasa memiliki bulu yang lebih pendek dibandingkan burung jalak jantan.

Ketika berkembang biak, burung jalak jantan memiliki paruh berwarna kuning dan pangkal rahang berwarna abu-abu kebiruan. Sementara itu, para betina memiliki pangkal rahang berwarna merah muda.

4. Bobot Tubuh

Untuk perbedaan bobot tubuh, jalak jantan lebih berat dibandingkan dengan jalak betina. Jalak jantan memiliki berat sekitar 73 hingga 96 gram. Sedangkan jalak betina memiliki berat tubuh sekitar 69 hingga 93 gram.

5. Umur

Cara membedakan burung jalak jantan dan betina juga dapat dibedakan berdasarkan umur. Setiap tingkatan pertumbuhan jalak mempengaruhi warna bulu mereka. Sehingga, Anda bisa menganalisa perbedaan antara jalak jantan dan betina.

Ketika bayi, tubuh jalak diselimuti bulu berwarna abu-abu kecokelatan. Bulu tersebut berubah warna di saat mereka beranjak remaja. Bulu burung jalak remaja berwarna gelap.

Ketika dewasa, burung jalak jantan memiliki bulu berwarna hitam kehijauan atau keunguan mengkilap dengan sentuhan bintik-bintik putih yang menyebar di seluruh tubuh. Mereka memiliki paruh yang tipis dan tajam berwarna kuning.

6. Perubahan Musim

Ketika musim dingin tiba, paruh jalak jantan berubah menjadi warna hitam. Kaki terlihat kusam dan bulu mereka berbintik putih.

Selain terjadi perubahan dengan warna bulu, kebiasaan mereka pun juga berubah. Burung jalak jantan senang bertengger di kawat sambil bergumam bersama kawanannya di musim dingin.

Ketika musim panas tiba, bulu burung jalak jantan berubah warna menjadi hitam mengkilap. Dada, punggung, dan perut mereka berwarna merah muda.

Sementara itu, paruh mereka berwarna kuning cerah dan terdapat aksen biru di bawahnya, serta kaki mereka berwarna merah hingga cokelat muda.

Berbeda halnya dengan jalak betina yang memiliki paruh berwarna kuning kemerahan di kala pergantian musim.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan burung jalak jantan dan betina. Demi mendapatkan hasil yang akurat, Anda dapat melakukan test DNA dengan menghubungi dokter hewan terdekat.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Jalak Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *