Cara Membedakan Burung Merak Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Merak Jantan dan Betina? Pesona burung merak memang selalu membuat orang takjub.

Cara Membedakan Burung Merak Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Merak Jantan dan Betina

Ketika burung merak membentangkan ekornya yang dipenuhi bulu-bulu dengan motif yang khas, semua orang yang melihatnya pasti akan berdecak kagum.

Oleh sebab itu burung merak dinobatkan sebagai burung paling cantik dan paling indah di dunia.

Burung merak berasal dari ordo Galliformes, kelas Aves, Famili Phasianidae, filum Chordata dan kingdom Animalia. Lantas, dimana habitat burung merak sebenarnya?

Apa makanan burung merak? Bagaimana cara membedakan burung merak jantan dan betina?

Habitat Burung Merak

Burung merak bukan hewan asli Indonesia. Habitat burung merak tergantung pada jenisnya.

Jenis Burung merak hijau, habitat aslinya adalah di hutan terbuka dengan padang rumput di China, Indocina bahkan Indonesia terutama di pulau Jawa.

Burung merak biru habitat aslinya adalah di hutan yang terbuka dengan padang rumput yaitu di India, Bhutan, Sri Lanka, Pakistan serta Nepal dan Afrika Tengah. Burung merak putih habitatnya tersebar di Srilanka dan India.

Di Indonesia, anda dapat menemukan burung merak putih di Bali Bird Park dan Batu Secret Zoo.

Burung merak kongo habitat aslinya adalah di dataran rendah Afrika. Burung merak kongo ini hanya terdapat di dataran rendah Afrika saja tidak ada di wilayah lainnya.

Beberapa jenis burung merak seperti burung merak putih salah satunya, keberadaannya sangat dilindungi pemerintah karena populasinya yang langka dan sangat diburu oleh orang-orang karena tampilannya yang unik dan indah.

Makanan Burung Merak

Jika anda tertarik untuk membudidayakan burung merak maka simaklah informasi berikut. Burung merak biasanya makan 2 kali dalam sehari.

Anda dapat memberikan burung merak voer atau konsentrat yang dicampur dengan sayuran dan bekatul, serta biji-bijian.

Terkadang, burung merak akan merasa bosan terhadap pakannya. Sebagai solusi, agar burung merak tetap mau makan, anda dapat memberikan makanan tambahan seperti kadal kecil, jangkrik, bahkan ulat kecil ketika burung merak mulai bosan.

Pakan-pakan burung merak ini dapat anda temukan dengan mudah di penjual burung. Agar burung merak tidak gampang sakit anda dapat memberikan vitamin tambahan bahkan vaksin tentunya dengan saran orang yang ahli terhadap itu.

Cara Membedakan Burung Merak Jantan dan Betina

Ada beberapa perbedaan antara burung merak jantan dengan burung merak betina yang dapat dilihat dari ukurannya, lehernya, punggung bagian belakang serta sayapnya, matanya, ekornya, kakinya dan yang terakhir adalah dari segi tampilannya, lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Ukuran

Pada Ukuran tubuh burung merak betina lebih kecil dibandingkan ukuran tubuh burung merak betina.

Ukuran panjang tubuh burung merak betina sekitar 76 hingga 106 cm sedangkan ukuran panjang tubuh burung merak jantan sekitar 228 cm (termasuk ekor).

2. Leher

Terdapat bulu berwarna biru pada bagian leher burung merak jantan sedangkan pada burung merak betina terdapat bulu berwarna hijau metalik terlihat seperti sisik, lebat, pada bagian lehernya.

Burung merak betina sering menggelembungkan bulu di bagian lehernya agar terlihat gemuk.

3. Punggung Bagian Belakang serta Sayap

Burung merak jantan memiliki bulu seperti sisik dengan bulu-bulu halus di bagian punggungnya. Bagian sayap burung merak jantan terdapat garis berwarna solid.

Burung merak betina pada bagian belakang punggungnya berwarna cokelat dan bulunya mirip seperti sisik.

4. Mata

Burung merak jantan dan betina memiliki tanda putih di bagian atas dan bawah matanya.

Namun, burung merak jantan memiliki tanda putih yang lebih menonjol dibandingkan burung merak betina.

5. Ekor

Burung merak jantan memiliki ekor yang berwarna warni dan terdapat corak seperti mata pada saat ekornya tersebht mekar.

Hal ini yang membuat takjub orang yang melihatnya. Tak hanya itu, tujuan burung merak jantan mengembangkan ekornya adalah agar menarik perhatian burung merak betina. Ekor burung merak betina tidak berwarna dan cenderung kusam.

Jadi, tidak semua burung merak memiliki keindahan ekor saat dikembangkan. Hal ini hanya dimiliki oleh burung merak jantan.

6. Kaki

Ukuran kaki burung merak jantan lebih panjang jika dibandingkan dengan ukuran kaki burung merak betina.

Bagian kaki burung merak jantan dan betina sama-sama memiliki taji namun taji burung merak jantan lebih runcing dibandingkan burung merak betina.

7. Tampilan

Tampilan tubuh burung merak jantan lebih menarik jika dibandingkan dengan burung merak betina. Mengapa?

Karena burung merak jantan pada saat mengembangkan bagian ekornya ketika birahi sangat menarik perhatian tidak hanya manusia tapi juga perhatian burung merak betina.

Burung merak betina yang ekornya tidak terlalu panjang namun bisa juga mengembangkan ekornya sewaktu-waktu, tidak saat birahi saja, misalnya saat bertarung dengan burung merak betina lainnya untuk memperebutkan burung merak jantan.

Sekian pemaparan informasi terkait habitat, makanan, dan cara membedakan burung merak jantan dengan burung merak betina.

Mari kita lestarikan keberadaan burung merak agar populasinya tidak kian menurun dan agar kita tetap dapat melihat keindahan burung merak.

Baca Juga : Fakta Burung Merak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *