10 Fakta Burung Merak Yang Menarik dan Unik

Diposting pada

Tahukah Anda Fakta Burung Merak yang menarik untuk diketahui? Pernahkah anda melihat burung merak?

10 Fakta Burung Merak Yang Menarik dan Unik
10 Fakta Burung Merak Yang Menarik dan Unik

Mungkin di antara kalian ada yang belum pernah melihat secara langsung burung merak, namun pasti anda sudah pernah melihat burung merak baik di majalah atau buku maupun di internet. Burung merak ini sangat unik dan dapat dengan mudah dikenali.

Bagaimana tidak? Ketika burung merak membentangkan ekornya terlihat bulu-bulu ekornya yang sungguh mempesona, terdapat motif seperti mata pada bagian bulu ekornya tersebut.

Tak heran jika banyak kerajinan tangan yang terinspirasi dari bulu ekor burung merak yang sangat mempesona tersebut, dibuat sangat persis menyerupai bulu ekor burung merak yang asli.

Fakta Burung Merak

Ternyata, ada fakta unik dari burung merak yang tidak semua orang ketahui? Apa sajakah fakta uniknya tersebut? Berikut adalah ulasannya:

1. Burung Merak Jantan Dapat Memekarkan Ekornya

Tahukah anda, hanya burung merak jantan saja yang dapat memekarkan atau mengembangkan bulu ekornya?

Burung merak betina tidak memiliki bulu ekor yang panjangnya seperti bulu ekor burung merak dan bulu merak betina cenderung kusam, tidak menarik.

Burung merak betina tidak memiliki bulu ekor yang dapat mengembang seperti burung merak jantan karena ia harus bersembunyi dari ancaman predator saat harus mengerami telur dan membesarkan anak-anak burung merak tersebut.

Apabila ia memiliki warna bulu ekor yang mencolok maka akan menarik perhatian predator dan ini dapat mengancam keselamatan telur-telur dan anak-anak burung merak.

Ternyata burung merak jantan memekarkan atau mengembangkan bulu bagian ekornya ada tujuannya. Tujuannya adalah untuk memikat burung merak betina pada saat burung merak jantan sedang birahi.

2. Peacock adalah Sebutan untuk Burung Merak Jantan

Tidak sedikit orang yang salah paham terhadap bahasa Inggrisnya burung merak adalah peacock.

Peacock adalah burung merak yang berkelamin jantan, sedangkan burung merak betina dalam bahasa inggris disebut sebagai peahen sedangkan anak burung merak bahasa Inggrisnya adalah peachick.

3. Bulu dengan Struktur Mikroskopis Menyerupai Kristal

Bulu burung merak terutama bulu burung merak jantan memiliki warna yang cemerlang dan setiap orang yang melihatnya pasti akan terkagum-kagum termasuk juga burung merak betina.

Tidak banyak yang tahu bahwa bulu burung merak memiliki struktur mikroskopis yang serupa dengan kristal.

Struktur mikroskopis yang menyerupai kristal ini dapat merefleksikan cahaya begitu indah sehingga terlihat sangat cemerlang.

Setiap tahunnya, burung merak akan merontokkan bulunya secara alami setelah musim kawin. Beberapa orang ada yang mengumpulkan bulu burung merak yang rontok secara alami ini untuk kemudian diperjual belikan mengingat peminatnya sangat banyak.

4. Sempurna saat Berusia 2,5 Tahun

Burung merak jantan akan memiliki bulu secara lengkap dan sempurna ketika mereka berusia 2,5 tahun.

Oleh sebab itu, saat belum berusia 2,5 tahun mereka terlihat tidak terlalu mengagumkan karena bulunya belum lengkap dan sempurna.

5. Burung Merak dapat Terbang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata burung merak mampu terbang. Walaupun tubuhnya besar ternyata burung merak dapat terbang namun hanya bisa dalam jarak yang dekat dan terlalu tinggi seperti burung jenis lainnya yang mampu terbang sangat tinggi dan dengan jarak yang sangat jauh.

6. Burung Merak dapat Berlari Kencang

Burung merak dapat tiba-tiba berlari secara kencang karena di habitat aslinya, burung merak berperilaku seperti ini terlebih saat dikejar oleh predator atau mendapat ancaman dari hewan lainnya.

Selain itu, burung merak akan berlari kencang saat mengejar mangsanya. Kecepatan lari burung merak bisa mencapai 16 km per jam dan kecepatan terbangnya bisa mencapai 10 mph.

7. Burung Merak Merupakan Hewan Omnivora

Merak merupakan hewan omnivora yaitu pemakan segala. Burung merak dapat memakan tumbuh-tumbuhan, biji-bijian bahkan serangga dan lain sebagainya.

Di alam liar biasanya burung merak akan memakan cacing, ulat bahkan ular kecil. Burung merak sangat terkenal dapat bertarung dengan ular.

Burung merak memiliki sifat teritorial sehingga ia tidak akan membiarkan ular masuk ke sekitar wilayah tempat tinggalnya, bahkan ular beracun sekalipun dapat ia kalahkan saat bertarung.

8. Burung Merak Memiliki Jenis yang Sangat Langka

Merak terdiri dari beberapa jenis salah satunya adalah burung merak putih yang keberadaannya sangat dilindungi karena langka akibat perburuan liar.

Burung merak putih lahir karena terjadinya mutasi genetik pada burung merak biru atau kejadian ini biasa disebut dengan Leucism atau suatu kondisi dimana ada pigmentasi yang hilang pada burung merak putih ini. Oleh sebab itu bulunya menjadi warna putih.

9. Burung Merak Bertelur Hanya Satu Tahun Sekali

Merak betina rata-rata akan kawin dan bertelur saat usianya mencapai 2 tahun. Burung merak betina akan bertelur 1 kali dalam setahun. Rata-rata jumlah telur dalam sekali bertelur adalah 6 hingga 8 butir.

10. Burung Merak Jantan Memiliki Sifat Poligami

Burung merak jantan memiliki sifat poligami yaitu di habitat aslinya, seekor burung merak jantan dewasa biasanya dapat berpasangan dengan 4 hingga 6 ekor betina.

Bagaimana? Menarik bukan fakta-fakta tentang burung merak tersebut di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *