Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Budidaya Ikan Black Ghost? Bagaimana cara budidaya ikan Black Ghost? Mungkin tampilan ikan ini sedikit menakutkan.

Cara Budidaya Ikan Black Ghost
Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Padahal ikan tersebut merupakan ikan yang permintaan pasarnya tidak pernah sepi.

Hanya saja kamu harus memiliki ikan yang berkualitas agar orang-orang tertarik untuk membeli ikan Black Ghost yang kamu miliki.

Maka dari itu penting memahami bagaimana cara membudidayakan ikan ini dengan benar.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Jika kamu tertarik memelihara atau membudidayakan ikan Black Ghost, kamu perlu memperhatikan informasi berikut ini.

Dijamin setelah memahami penjelasan dari kami, bisa membudidayakan ikan tersebut dengan benar.

Ikanmu akan tumbuh sehat dan kemungkinan besar nilai jualnya pun juga semakin bagus karena kamu memiliki ikan yang sehat.

1. Persiapkan Akuarium

Seperti membudidayakan ikan pada umumnya, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tentang tempat tinggal dari ikan tersebut. untuk kandang atau akuarium yang kamu siapkan kurang lebih berukuran 10 x 40 x 40 cm.

Untuk ukuran tersebut, setidaknya kamu bisa meletakkan 10 ekor indukan ikan Black Ghost.

Jangan lupa menambahkan peralatan seperti filter, aerator, tempat untuk menyimpan telur yaitu pakis. Sekadar tambahan bahwa pakis biasanya dipakai untuk menanam anggrek.

Untuk menggunakan pakis sangat mudah. Kamu perlu menumbuknya kemudian kamu beri sekat berupa beberapa potongan lidi agar memiliki cela.

Selanjutnya kamu tumpuk pakis dengan menggunakan batu agar tenggelam. Hal ini perlu karena Black Ghost suka menaruh telurnya pada sela-sela kayu atau batu.

Kamu juga perlu memberikan tambahan aksesoris yang lainnya seperti kayu berwarna hitam atau bisa juga akar bakau. Bisa juga dengan menambahkan bebatuan warna hitam.

Aksesoris tersebut nantinya akan digunakan Black Ghost sebagai tempat bersembunyi. Jangan memberikan aksesoris tambahan yang memiliki warna mencolok.

Hal ini hanya akan mengganggu penglihatan ikan tersebut yang memang sensitif terhadap warna cerah.

2. Pemberian Air

Setelah menyiapkan akuarium, sekarang kamu perlu mengisinya dengan air. Pengisian air pun juga tidak boleh sembarangan karena ikan ini memerlukan air jernih dengan pH sekitar 6 sampai 7.

Sementara untuk suhu airnya berkisar antara 26 sampai dengan 27 derajat celcius. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti air kurang lebih 5 hari sekali.

Air yang kamu gunakan adalah air tanah yang sebelumnya telah kamu endapkan selama 24 jam dengan aerator.

Jika tidak ada air tanah, kamu bisa menggunakan air PAM. Namun perlu diperhatikan ketika menggunakan air PAM, endapkan air tersebut kurang lebih 3 hari. Baru kamu bisa memasukkannya ke dalam akuarium.

3. Pemilihan Indukan

Cara budidaya ikan Black Ghost yang ketiga yaitu dengan memperhatikan bagaimana cara memilih indukan. Inilah yang akan menjadi kunci kesuksesanmu dalam membudidayakan ikan tersebut.

Untuk indukan yang berkualitas kemungkinan besar akan menghasilkan anakan yang berkualitas juga. Beberapa ciri memilih indukan ikan Black Ghost adalah sebagai berikut:

  • Indukan jantan yang bagus biasanya terdapat dagu yang lebih panjang. Selain itu, badannya juga lebih pendek dengan ukuran mencapai kurang lebih 30 cm
  • Sementara indukan betina memiliki dagu yang lebih pendek dari indukan jantan. Badannya pun juga lebih pendek dengan ukuran mencapai 15 sampai 23 cm
  • Indukan berkualitas adalah indukan yang usianya sudah lebih dari 1 tahun
  • Indukan ikan Black Ghost yang berkualitas adalah yang kondisinya sehat, tidak ada cacat, serta tidak memiliki penyakit atau organisme di tubuhnya

4. Pembenihan Ikan Black Ghost

Proses pembenihan ikan Black Ghost berbeda dengan ikan pada umumnya. Kamu bisa melakukan pembenihan ikan dengan dua cara.

Kedua cara tersebut yaitu pembenihan masal atau pembenihan berpasangan. Jika memilih cara yang pertama, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pastikan kamu menggunakan kolam khusus. Bisa juga dengan memakai bak fiber berukuran 2,5 c 1,5 x 0,5 m
  • Ukuran tersebut bisa menampung setidaknya 20 ekor indukan Black Ghost
  • Satu kolam tersebut menggunakan perbandingan antara jantan dan betina yaitu 8:12
  • Isi kolam menggunakan air bersih dengan tinggi 30 cm

Sementara untuk cara yang kedua memakai pemijakan berpasangan dengan langkah-langkah:

  • Siapkan akuarium berukuran 100 x 50 x 40 cm
  • Untuk satu akuarium bisa kamu masukkan 7 ekor indukan dengan perbandingan 3 jantan dan 4 betina. Bisa juga dengan 5 ekor ikan Black Ghost dengan perbandingan 2 jantan dan 3 ekor betina indukan
  • Isi dengan air setinggi 30 cm

Ketika proses pembenihan, jangan lupa menyiapkan tempat bersembunyi ikan-ikan tersebut.

Tinggal siapkan paralon berukuran besar. Selain itu, siapkan tempat untuk menempel telur Black Ghost serta lengkapi akuarium dengan aerator.

5. Penetasan

Untuk penetasan ikan Black Ghost biasanya terjadi di tempat terpisah. Jika ada tanda telur menempel di pakis atau tempat khusus untuk peletakan telur, maka segera pindahkan.

Akuarium sebagai tempat penetasan bisa berukuran 80 cm x 60 cm x 40 cm. Ketinggian airnya kurang lebih 30 cm. Gunakan juga empat titik aerasi pada setiap akuarium dan hidupkan selama proses penetasan.

Telur akan menetas setelah kurang lebih 3 sampai 4 hari. Kamu bisa memberikan pakan berupa naupi aetemi selama 2 minggu.

Setelah itu bisa kamu berikan pakan utama berupa cacing, jentik nyamuk, dan lain-lain ketika usianya sudah mencapai 2 minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *