Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina? Di dunia ikan hias ternyata ada ikan unik yang namanya menimbulkan kesan yang seram, yaitu ikan black ghost.

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina
Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Meski namanya cukup menyeramkan namun sebenarnya ikan ini memiliki wujud yang cantik dan banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.

Kecantikan ikan black ghost terutama ada pada bagian siripnya yang memanjang dan menari-nari ketika ia bergerak.

Mengenal Ikan Black Ghost

Penamaan ghost atau hantu sendiri didasari oleh warnanya yang dominan hitam. Meski begitu saat ini ikan black ghost menjadi salah satu primadona dan perkembangannya cukup pesat.

Selain cantik, Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini ternyata memiliki fakta lain yang cukup mengejutkan yaitu ia juga bisa menghasilkan energi listrik layaknya belut listrik.

Hanya saja aliran listrik pada ikan black ghost sangat lemah dan difungsikan untuk berkomunikasi antar sesamanya

Ikan black ghost terkenal memiliki sifat yang pemalu, sehingga ia kerap kali bersembunyi di celah-celah batuan.

Meskipun begitu ia juga bisa menjadi “galak” ketika mempertahankan teritori wilayah kekuasannya dari ancaman.

Dalam sebuah penelitian dikatakan ikan black ghost memiliki umur yang panjang. Ia bisa hidup hingga usia 15 tahun. Tentu saja dengan ikan berukuran kecil seperti itu 15 tahun bisa dikatakan merupakan masa hidup yang sangat lama.

Karena merupakan ikan yang hidup di iklim tropis maka ikan black ghost sangat cocok untuk dipelihara ataupun diternakkan di Indonesia. Terlebih lagi ikan ini juga dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Tidak perlu perawatan khusus bagi ikan black ghost, cukup dengan akuarium dengan air yang bersih cukup membuatnya nyaman.

Namun yang perlu diketahui bahwa ikan black ghost adalah tipe hewan monomorfik atau yang artinya antara jantan dan betina nyaris sama dan sulit dibedakan dalam hal ciri-cirinya. Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang berniat ingin membudidakannya.

Meskipun begitu tetap saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membedakan antara ikan black ghost jantan dan betina.

Namun dalam penguasaan ilmu ini diperlukan latihan-latihan dan kebiasaan, karena harus dilakukan pengamatan secara seksama dan teliti.

Cara Membedakan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Meskipun tidak mencolok ada beberapa perbedaan pada ikan black ghost yang jantan dan betina yang bisa dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelaminnya.

Sebagian besar perbedaan tersebut ada pada bagian fisiknya, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Ukuran Badan

Cara pertama melakukan pengamatan untuk membedakan jenis kelami dari ikan black ghost adalah dengan melihat dari ukuran tubuhnya.

Ikan black Ghost jantan memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar dan panjang daripada ikan black ghost betina.

Ikan black ghost jantan yang sudah dewasa biasanya memiliki panjang tubuh mencapai 30 cm, sementara untuk ikan black ghost betina rata-rata ukurannya berkisar di angka 15-23 cm.

2. Bentuk Dagu

Cara selanjutnya yang juga bisa digunakan dalam membedakan jenis kelamin ikan black ghost adalah dengan mengamati pada bagian dagu.

Pada ikan black ghost jantan ukuran dagunya akan lebih panjang, sedangkan ikan black ghost betina dagunya relatif lebih pendek.

Dalam menerapkan cara ini memang dibutuhkan ketelitian dan pengamatan yang harus hati-hati karena memang agak sulit melihat perbedaannya.

3. Bentuk Kepala

Ikan black ghost jantan memiliki bentuk kepala yang agak mirip seperti kuda selain itu pada si pejantan ini posisi matanya lebih mengarah ke atas kepala.

Sementara itu untuk ikan black ghost betina ia akan memiliki bentuk kepala yang lebih ramping daripada si jantan, kemudian untuk posisi matanya sedikit lebih rendah dan lebih ke arah depan (lebih dekat dengan mulutnya).

4. Urut Pada Bagian Perut

Cara berikutnya untuk lebih memastikan apakah ikan black ghost berkelamin janta atau betina adalah dengan melakukan kegiatan pengurutan pada bagian perutnya.

Ketika perut ikan black ghost diurut dan mengeluarkan cairan putih maka bisa dipastikan itu adalah black ghost berkelamin jantan ( cairan putih tersebut adalah sperma.

Sementara untuk ikan yang berkelamin betina tidak akan mengeluarkan cairan putih tersebut.

5. Bentuk Badan

Pada ikan black ghost jantan selain tubuhnya lebih panjang ciri lainnya adalah tubuhnya lebih lurus dan ramping. Hal ini tentu saja berbeda dengan ikan black ghost betina dimana tubuhnya terlihat lebih bulat dan gemuk.

Namun cara yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan dan lebih baik jadi alternatif yang terakhir saja, karena tak jarang juga ikan black ghost betina bentuk tubuhnya ramping dan tidak gemuk.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan antara ikan black ghost jantan dan betina.

Meski cukup sulit karena keduanya relatif sama namun dengan pengamatan yang teliti cara-cara tersebut cukup efektif dalam membedakan jenis kelamin si ikan.

Baca Juga : Cara Pembenihan Ikan Black Ghost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *