Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik

Diposting pada

Tahukah Anda mengetahui Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik? Ikan blue elektrik merupakan salah satu jenis ikan hias yang menarik untuk dibudidayakan.

Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik
Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik

Nama lain ikan blue elektrik ini adalah Electric Blue Cichlid atau Electric Blue Hap. Sedangkan untuk nama ilmiahnya adalah Sciaenochromis fryeri.

Jenis ikan hias ini berasal dari Danau Malawi, yang merupakan salah satu danau terbesar di Afrika. Meski menarik untuk dibudidayakan, namun sejatinya ikan ini tak direkomendasikan untuk dibudidaya oleh pemula.

Salah satu penyebabnya karena ikan blue elektrik memerlukan pemeliharaan ekstra dan harga bibit yang tergolong mahal.

Selain itu, pembudidaya blue elektrik juga harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan untuk membudidayakannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara budidaya ikan blue elektrik, ada baiknya mengenal terlebih dulu tentang syarat hidup dan karakter dari ikan blue elektrik.

Seperti namanya, ikan blue elektrik bertubuh biru elektrik di sekujur tubuhnya. Ikan ini ukurannya bisa mencapai 6 sampai 6,5 inci atau sekitar 15,49 cm.

Pada dasarnya ikan blue elektrik memiliki karakter semi agresif. Namun ketika berada di akuarium, ikan blue elektrik menjadi lebih agresif. Hal ini terlihat dari perilakunya yang suka memangsa ikan-ikan yang lebih kecil.

Seperti ikan hias pada umumnya, ikan blue elektrik juga diberi pakan pelet. Usahakan peletnya yang berkualitas, bisa juga diberi krill beku atau brine shrimp sebagai pelengkapnya.

Untuk anakan blue elektrik, pemberian peletnya harus mengandung protein yang sudah dihancurkan. Pemberikan pakan dapat dilakukan beberapa kali dalam satu hari.

Namun pastikan jumlah pakannya kecil dan tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan malah dapat menyebabkan blue elektrik menjadi kembung.

Cara budidaya ikan blue elektrik

Bagi pemula yang ingin membudidayakan ikan blue elektrik, sebaiknya dibuat dalam skala rumahan terlebih dulu. Dalam membudidayakan blue elektrik, memang perlu dilakukan secara bertahap.

Maka dari itu membudidayakannya dalam skala rumahan merupakan tahap pertama yang harus ditempuh. Jika skala rumahan sukses, maka anda bisa melangkah ke skala yang lebih besar lagi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, hal-hal yang perlu dilakukan dalam budidaya ikan blue elektrik adalah sebagai berikut :

1. Siapkan tempat hidup ikan (akuarium)

Akuarium bagi ikan blue elektrik harus benar-benar disesuaikan seperti habitat asalnya, great lake. Maka dari itu di dalam akuarium harus ada bebatuan besar, yang salah satu fungsinya sebagai gua (tempat sembunyi).

Meski begitu, untuk bebatuan sebagai tempat sembunyi jangan sampai terlalu banyak, apalagi sampai memenuhi ruangan.

Jika terlalu penuh bebatuan, ikan blue elektrik jadi susah berenang, terutama di dasar akuarium. Air yang ada dalam akuarium juga harus dijaga suhunya antara 22-27 derajat celcius.

Kemudian pH nya juga harus berada pada skala 7 hingga 8. Selain itu kesadahan airnya juga harus keras, antara 5 hingga 10 dGH.

Untuk ukuran tank akuarium usahakan 208 L, dan panjangnya sekitar 1,2 meter. Di dalam akuarium sebaiknya juga diberi aneka tanaman hidup.

Pakis jawa adalah salah satu tanaman yang cocok untuk diletakkan pada akuarium ikan blue elektrik. Pencahayaan di dalam akuarium juga harus terkontrol dengan baik.

Beri pengatur waktu untuk mengontrol lampu. Sebab pola cahaya yang tidak beraturan dapat membingungkan ikan.

2. Pengisian air ke dalam akuarium

Dalam proses pengisian air lebih baik menggunakan ukuran galon. Dua puluh galon untuk sepasang, jika untuk dua pasang perlu 40 galon.

Agar pH air tetap terjaga sesuai syarat pada nomor 1 di atas, maka perlu diberi pasir laut atau pasir aragonite sebagai dasar akuarium.

3. Pemberian bibit dan perkawinan

Untuk bibit ikan blue elektrik, sebaiknya merupakan pasangan yang memang sudah jodohnya. Untuk pencarian bibit ikan blue elektrik agar berjodoh, bisa dilakukan dengan memasukkan 1 ikan blue elektrik jantan dalam satu akuarium, dimana di dalamnya juga terdapat beberapa ikan blue elektrik betina.

Dengan cara seperti ini, ikan blue elektrik jantan nantinya akan memilih sendiri pasangannya. Setelah berjodoh, maka ikan blue elektrik jantan akan selalu berkumpul dengan pasangannya sendiri-sendiri.

Jumlah yang ideal untuk perjodohan ini adalah 1 jantan dan 4 betina dalam satu akuarium. Jangan sampai menempatkan lebih dari 1 jantan dalam satu akuarium.

Sifatnya yang agresif akan menyebabkan para pejantan saling menyerang. Untuk membedakan ikan blue elektrik jantan dan betina, dapat dilihat dari tubuhnya.

Ikan blue elektrik jantan mempunyai ukuran yang lebih besar dan seluruh tubuhnya berwarna biru elektrik dengan garis-garis vertikal yang gelap.

Kemudian di bagian sirip analnya berwarna kuning, oranye atau merah. Untuk ikan blue elektrik betina berwarna perak dengan garis vertikal yang samar. Saat dewasa ikan blue elektrik betina dapat berubah warna menjadi biru yang sangat redup.

4. Memisahkan induk dengan anakan

Untuk memisahkan induk dan anakan dari akuarium utama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengambil induknya dengan menggunakan jarring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *