Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres? Burung Murai Batu merpakan hewan peliharaan, yang mempunyai keunikan di dalamnya.

Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres
Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Stres

Keunikan dari hewan ini, adalah suara atau kicauannya yang cukup kencang. Namun mereka juga bisa menjadi depsresi, dan itulah yang harus diatasi oleh pemiliknya. Berikut adalah informasinya.

Baca Juga : Jenis Makanan Murai Batu Agar Gacor

Penyebab Burung Murai Batu Stres

1. Tempat Tinggalnya Yang Tidak Nyaman

Tempat tinggal atau sangkar pada hewan ini, sangat mempengaruhi kenyamanan mereka saat berada di tempatnya.

Apabila tempatnya cukup besar dan nyaman, maka mereka akan menjadi cukup nyaman.

Namun jika mereka di beri tempat tinggal yang cukup sederhana dan sempit, maka mereka akan menjadi lebih depresi.  Bila mereka depresi atau tidak nyaman, maka akan mempengaruhi kesehatan mereka.

2. Berada di Daerah Yang Kotor

Bila pemilik hewan tinggal di daerah yang kotor seperti berdebu, maka hal tersebut akan mempengaruhi kondisi dari hewan tersebut. Hewan nantinya bisa menjadi depresi, karena berada di tempat yang kondisinya cukup kotor dan tak terawat.

Jika mereka tinggal di tempat tersebut selamanya, maka juga akan mempengaruhi kesehatan mereka juga. Mereka tidak mau makan serta minum, dan hal tersebut membuat tubuh mereka menjadi lemas.

3. Terganggu Oleh Kehadiran Hewan Lainnya

Biasanya hewan satu dengan yang lain, disatukan dalam suatu ruangan oleh pemiliknya. Dengan keadaan dan kondisi yang seperti itu, tentunya membuat hewan ini menjadi lebih depresi.

Nantinya mereka akan menjadi tergaggu jika ingin bergerak, dan juga menjadi tidak nyaman di ruangan tersebut. Penting sekali bagi pemilik, agar menempatkan peliharaanya di tempat yang berbeda beda.

Ciri Burung Murai Batu Stres

1. Perubahan Perilaku

Ketika hewan ini mengalami depresi, terdapat hal hal yang bisa berubah dibanding sebelumnya. Contohnya mereka dahulu mempunyai sikap yang cukup baik, namun ketika depresi mereka sikapnya menjadi lebih galak.

Perubahan lainnya adalah, dahulu mereka mudah untuk di dekati. Namun jika perasaanya sedang tidak baik, mereka tidak mau untuk di dekati. Perubahan inilah yang harus diketahui pemilik, agar bisa di carikan solusinya.

2. Tidak Mau Untuk Makan Dan Minum

Tanda selanjutnya yang ditunjukan adalah, biasanya hewan ini tidak mau lagi untuk makan makanan yang sudah di berikan. Biasanya mereka akan menolak, dan hanya bisa tidur dalam tempatnya tersebut.

Selain tidak mau untuk makan, mereka juga tidak mau untuk minum. Minuman sangat diperlukan, agar mereka tidak kekurangan cairan.

Namun jika mereka tidak mau untuk minum, mereka akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini sangat berdampak buruk, bagi kesehatan mereka.

3. Tidak Mau Mengeluarkan Suaranya

Kehebatan hewan ini, adalah suara atau kicauannya yang cukup kencang. Namun jika mereka mengalami depresi pada tubuh mereka, nantinya mereka tidak akan mengeluarkan suara yang kencang lagi.

Suara yang di keluarkan hanya seadanya saja, dengan nada yang cukup lemas.

Mereka hanya menghabiskan waktu di tempat tinggalnya, dan tidak bergerak sama sekali di dalam tempatnya tersebut.

Disarankan bagi pemilik, agar memperhatikan peliharaannya saat mereka sedang lemas.

Cara Mengatasi Stres Burung Murai Batu

Setelah mengetahui yang menyebabkan hewan ini depresi, ada beberapa cara untuk membuatnya kembali seperti semula. Inilah perawatan yang bisa dilakukan:

1. Membuat Lingkungan Yang Cukup Bersih

Sebab dari hewan ini depresi, adalah tempat tinggalnya yang tidak bersih. Untuk membuatnya kembali seperti semula, pemilik bisa menciptakan lingkungan yang nyaman serta bersih.

Tempat tinggalnya juga bisa dibersihkan secara rutin, supaya mereka lebih sehat lagi.

Tidak hanya  tempat tinggalnya saja yang bersih, namun tempat untuk makannya juga harus bersih.

Tempat makan yang bersih juga membuat mereka banyak makan, dan juga mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tubuhnya.

2. Singkirkan Ke Ruangan Yang Sepi

Menyingkirkan ke ruangan yang sepi, bisa dilakukan supaya hewan bisa terhindar dari depresi. Bila di rumah terdapat tempat yang cukup sepi, pemilik bisa memindahkan mereka ke tempat tersebut.

Dengan memindahkan ke tempat yang sedikit tenang, maka kondisinya akan semakin tenang dan juga semakin membaik.

Oleh karena itulah biarkan mereka di tempat  yang sepi, supaya kondisinya semakin membaik dibanding dengan sebelumnya.

3. Memberi Makanan Yang Berkualitas

Bila pemilik ingin hewannya bisa pulih dengan baik, ada baiknya memberi makanan yang berkualitas.

Contoh makanan yang berkualitas, misalnya seperti jagung kering. Beri juga sebuah pancingan, supaya mau untuk mengonsumsi makanannya.

Supaya tubuhnya tambah sehat, mereka juga bisa di beri vitamin. Vitamin ini mudah ditemukan di toko, dan bisa diberikan ke makanannya.

Setelah vitamin di beri kedalam makanan, perlahan lahan kondisinya bisa kembali pulih seperti sediakala.

Demikianlah informasi, cara mengatasi burung murai batu yang mengalami stress. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, agar bisa memperhatikan dan merawatnya.

Baca Juga : Cara Membuat Burung Murai Batu Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *