Cara Budidaya Ikan Ramirezi Balon Agar Selalu Sehat

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Budidaya Ikan Ramirezi Balon? Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memeliharanya karena ikan Ramirezi merupakan ikan yang mudah dipelihara.

Cara Budidaya Ikan Ramirezi Balon Agar Selalu Sehat
Cara Budidaya Ikan Ramirezi Balon Agar Selalu Sehat

Jenis Ikan ini juga memiliki warna yang cantik serta bukan tergolong sebagai ikan yang agresif. Ikan yang juga dinamakan ikan Ram ini adalah ikan jenis air tawar yang juga masih keluarga dari cichlids.

Ikan Ramirezi juga merupakan ikan yang cocok dipelihara oleh pemula. Jika kamu perhatikan, ikan ini memiliki warna yang berkelip-kelip di sekujur tubuhnya.

Itulah mengapa ikan Ram menjadi ikan yang banyak dipelihara. Ketika bergerak ikan ini seperti sebuah permata.

Warna kuning dengan kombinasi biru pada bagian tengah sampai ekor serta warna Jingga kemerahan pada bagian dahi serta ujung sirup membuat ikan Ram semakin indah.

Selain itu, keunikan dari ikan ini adalah terdapat warna hitam vertikal yang menghiasi kepalanya.

Sebuah ikan yang tubuhnya penuh dengan warna dan ketika kamu memasukkannya ke akuarium, kamu akan melihat sendiri betapa indahnya ikan Ramirezi tersebut.

Ditambah lagi dengan sikapnya yang kalem membuat ikan Ram cocok digabungkan dengan jenis ikan yang lainnya.

Cara Budidaya Ikan Ramirezi Balon

Dengan permintaan ikan Ramirezi yang semakin banyak, membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan tersebut. Namun banyak juga yang masih belum tahu bagaimana cara budidaya ikan Ramirezi.

Maka dari itu kami akan menjelaskannya sehingga kamu bisa membudidayakannya dengan benar dan ikan tersebut tumbuh secara sehat.

1. Memperhatikan Kondisi Air dan Ukuran Tempat Tinggalnya

Cara pertama yang harus diperhatikan ketika memelihara ikan Ramirezi adalah kondisi air serta ukuran tempat tinggalnya.

Sangat disarankan agar kamu menggunakan akuarium dengan kapasitas air kurang lebih 5 sampai dengan 10 galon.

Ikan ini juga tergolong tahan air hangat dengan suhu kira-kira 27 sampai 30 derajat celcius. Ikan Ram juga akan lebih tahan pada suhu hangat ketika masa berkembang biak.

Selain itu, kondisi air di dalam akuarium juga harus sedikit asam dengan pH mencapai 4 sampai 7. Bisa juga dengan menyediakan air netral.

Yang tidak kalah penting, perhatikan bahwa oksigen di kurium selalu terjaga agar ikan tersebut dapat hidup dengan baik.

2. Masukkan Pasangan Ikan

Untuk mulai pres perkembangbiakkan, siapkan 3 sampai dengan 4 pasang ikan Ramirezi dan masukkan semuanya ke akuarium. Untuk ikan Ram jantan memiliki ciri berupa sirip dorsal dengan ukuran lebih panjang serta lancip.

Sementara untuk ikan Ram betina ditandai dengan perutnya yang berwarna merah atau jingga. Terkadang perutnya juga lebih gemuk.

Ikan Ram juga termasuk ikan yang setia. Ikan ini akan tetap bersama pasangannya sampai telur menetas. Ketika kamu melihat bahwa ikan tersebut mulai berhubungan, silakan pindahkan pasangan ke tempat yang terpisah.

Jangan gabungkan dengan ikan yang lainnya karena bisa menyebabkan ikan tersebut stres ketika bertelur. Bahkan ikan Ram bisa memakan ikannya sendiri jika kamu tidak segera memisahkannya.

Kamu juga harus menyiapkan akuarium dengan tempat atau sarang untuk ikan Ramirezi bertelur misanya pot bunga kecil yang kamu miringkan atau keramik kecil.

Setelah bertelur, maka telur-telur tersebut akan selalu dilindungi orang tuanya hingga menetas.

3. Perhatikan Penyakit Ikan Ramirezi

Cara budidaya ikan Ramirezi yang juga tidak kalah penting adalah kamu harus memperhatikan penyakit yang biasanya dialami oleh ikan ini.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa pastikan kondisi air selalu terjaga agar ikan Ram terhindar dari berbagai penyakit. Ikan Ramirezi stres karena biasanya tidak menemukan tempat untuk bersembunyi.

Lalu kira-kira apa penyakit yang dialami ikan Ramirezi? Untuk penyakitnya bisa bermacam-macam.

Namun ada penyakit yang umum yaitu White Spot Disease. Penyakit ini juga dinamakan Inchthyobodo Infection atau Ich. Sebuah penyakit yang berasal dari virus.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak putih karena adanya protozoa maupun organisme kecil yang menempel dan menyerang tubuh, sirip, serta insang ikan.

Jika dibiarkan maka penyakit ini akan semakin menular. Akibatnya pergerakan ikan Ram menjadi terbatas. Bahkan untuk kondisi yang lebih buruk malah mengakibatkan kematian.

Untuk menyembuhkannya, kamu perlu menaikkan suhu air mencapai 30 derajat celcius selama 3 kurang lebih 3 hari.

4. Menjaga Warna Ikan Tetap Cantik

Bagi yang belum tahu, ikan Ramirezi yang dikembangbiakkan di akuarium secara terus-menerus membuat ukurannya lebih kecil serta warnanya memudar.

Agar terhindar dari kondisi tersebut, kami menyarankan kamu meletakkan ikan Ram liar k akuarium untuk memulai proses perkembangbiakkan.

Ikan Ram liar mempunyai warna lebih cerah jika dibandingkan dengan yang telah dipeliara. Maka dengan mencampurkan keduanya, akan menghasilkan anak ikan yang kuat dan memiliki warna yang indah.

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara budidaya ikan Ramirezi. Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa tips untuk membudidayakan ikan tersebut. semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.