Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina? Peminat ikan hias tengah meningkat. Hal ini menggugah semangat kami untuk mengulas beberapa ikan hias yang lagi hits.

Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina
Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina

Adalah ramirezi, ikan hias yang memiliki warna menarik dan cantik. Jenis ikan air tawar ini sangat bagus untuk dipelihara di dalam akuarium.

Ikan ramirezi termasuk dalam keluarga cichlids. Ketika ditaruh dalam sebuah akuarium, ikan ini akan berkelap kelip layaknya berlian yang sangat cantik. Kelap kelip tersebut berasal dari perpaduan warna ikan ramirezi yang memang eksotik.

Ikan ramirezi memiliki nama ilmiah Ram Cichlid, yang juga dikenal sebagai Mikrogeophagus Ramirezi.

Pemberian nama ramirezi ini berasal dari seorang kolektor yang juga importir, Manual Ramirez. Ikan ramirezi mulai dikenal pada tahun 1948 oleh George S. Myers dan R. R Harry.

Ikan yang berkembang biak dengan cara bertelur ini memiliki habitat asli di Sungai Orinoco, Vanezuela. Selain itu ikan ramirezi juga banyak ditemukan di Kolombia.

Beberapa orang menilai bahwa ramirezi merupakan ikan yang galak. Tapi sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ikan ramirezi termasuk dalam ikan semi agresif.

Ikan ramirezi ini tergolong ikan dengan ukuran yang kecil. Sebab pertumbuhannya hanya mencapai 5 cm saja, atau rata-rata diantara angka 3 cm.

Ikan ramirezi akan semakin cantik ketika berkembang biak di alam liar. Meski begitu, ikan ini juga cukup bagus untuk dipelihara dalam akuarium atau penangkaran.

Sebab ikan yang dipelihara di penangkaran biasanya mengalami perkawinan satu keturunan atau juga dikenal sebagai inbreed.

Ikan ramirezi memiliki bentuk tubuh yang agak pipih. Ukuran kepala ikan ramirezi termasuk besar.

Pada bagian mata didominasi oleh warna merah saga, sementara pada bagian pupil dan iris lebih banyak didominasi oleh warna hitam.

Pada bagian atas ikan ramirezi terdapat sirip yang berdiri tegak dan nampak bergerigi pada bagian ujungnya. Kemudian pada bagian insang terdapat 2 sirip yang bentuknya panjang seperti ikan cupang.

Lalu pada bagian perut juga ada sirip dengan ukuran yang lebih kecil. Ikan ramirezi memiliki ekor dengan ukuran sedang, dimana bentuk ekor tersebut layaknya kipas yang dibentangkan.

Jenis-jenis ikan ramirezi

1. Ikan ramirezi blue elektrik

Seperti namanya, ramirezi blue elektrik didominasi oleh warna biru di seluruh tubuhnya. Pada bagian sirip atas punggung ramirezi jenis ini terdapat gerigi yang berukuran agak lebar.

Ramirezi blue elektrik memiliki 2 sirip yang terletak di bagian bawah insangnya. Selain itu siripnya juga ada di bawah perut. Pada bagian ekornya, ramirezi blue elektrik memiliki ekor berbentuk seperti kipas dan berwarna biru.

Harga ikan ramirezi blue elektrik termasuk terjangkau. Kisarannya dimulai dari Rp. 5.000-an sampai Rp. 20.000-an. Biasanya tiap daerah memiliki perbedaan harga masing-masing.

2. Ikan ramirezi slayer

Jenis ikan ramirezi berikutnya adalah ramirezi slayer. Gerakannya yang meliuk-liuk di akuarium membuat ikan ini begitu cantik.

Perpaduan warna dan gerakannya tersebut membuat ramirezi slayer sangat pantas dipelihara. Keindahan yang dimiliki ramirezi slayer berbanding lurus dengan harganya.

Harga ikan ini berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 45.000. Memang cukup mahal, selain karena keindahannya, ikan ramirezi slayer juga cukup sulit dibudidayakan.

3. Ikan ramirezi german

Jenis ramirezi selanjutnya adalah ramirezi german. Selain perpaduan warnanya yang cantik, keindahan ikan ini juga terdapat pada bintik-bintik biru yang menyala di sekujur badannya.

Keindahan bintik-bintik tersebut bagaikan permata yang menghiasi seluruh tubuh ramirezi german. Harga ikan ramirezi german cukup terjangkau, antara Rp. 7.000 hingga Rp. 15.000.

4. Ikan ramirezi balon

Ikan ramirezi jenis balon menjadi pokok bahasan utama pada artikel yang sedang anda baca ini. Penggemar ikan ramirezi jenis balon ini cukup banyak.

Keindahan corak warna ikan ramirezi balon begitu indah, apalagi ketika ikan ini meliuk-liuk di dalam akuarium. Ikan ramirezi balon asalnya dari rawa-rawa di Hutan Amazon.

Ukuran tubuh ikan ramirezi balon cukup mungil, yakni antara 3 cm hingga 5 cm. Meski digemari banyak orang, harga ikan ramirezi balon cukup terjangkau, dimulai dari Rp. 4.500 hingga Rp. 10.000.

Cara Membedakan Ikan Ramirezi Balon Jantan dan Betina

Jika ingin membudidayakan ikan ramirezi, maka harus tahu mana yang jantan dan ramirezi mana yang betina.

Kesalahan dalam membedakan jantan dan betina ini bisa menyebabkan kegagalan dalam membudidayakannya.

Untuk dapat membedakan antara ikan ramirezi balon jantan dengan ikan ramirezi balon betina, dapat dilihat dari bagian siripnya.

Ikan ramirezi balon jantan memiliki sirip atas yang lebih panjang. Sirip atas tersebut bentuknya seperti duri, tajam. Sedangkan ikan ramirezi betina memiliki sirip yang lebih pendek daripada ikan ramirezi balon jantan.

Demikianlah artikel tentang cara membedakan ikan ramirezi balon jantan dengan ikan ramirezi balon betina. Semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca mengenai ikan hias yang lagi hits ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *