5 Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula? Trend memelihara ikan hias yang belakangan sedang marak di tanah air membuat ikan hias kini menjadi sesuatu yang banyak di cari oleh masyarakat.

5 Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula
5 Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula

Pasar-pasar ikan tak pernah sepi dari para calon pembeli yang mencari ikan hias.

Berbagai macam ikan hias pun diperdagangkan dan diantaranya menjadi favorit karena keunikan dan kecantikan warnanya.

Selain itu pemeliharaan yang relatif mudah membuat  banyak orang tak ragu untuk memeliharanya di rumah.

Salah satu jenis ikan hias yang sedang trend dan sangat laku di pasaran adalah Ikan Zebra. Merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di iklim tropis membuat ikan ini sangat mudah untuk dipelihara.

Selain itu karena memang corak dan warnanya yang begitu menarik membuat makin banyak penggiat ikan hias yang berminat pada Ikan Zebra ini.

Karena semakin banyaknya peminat dari waktu ke waktu maka bisnis menjual Ikan Zebra ini bisa menjadi peluang usaha yang baik, apalagi di situasi pandemi seperti ini yang menuntut harus lebih kreatif dalam mendapat pundi-pundi rupiah.

Sebagai ikan berhabitat asli di wilayah Asia Selatan yang beriklim tropis membuat Ikan Zebra ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia.

Pemeliharaan dan perawatannya yang relatif mudah menjadikan budidaya Ikan Zebra ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula sekalipun.

Walau begitu tetap dibutuhkan berbagai treatment khusus agar Ikan Zebra bisa tumbuh dengan baik dan mampu berkembang biak secara maksimal.

Cara Budidaya Ikan Zebra

Berikut ini adalah beberapa tahapan dan Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula yang harus dipahami :

1. Menyiapkan Wadah

Jika ingin memulai budidaya Ikan Zebra maka hal yang pertama harus disiapkan tentu saja adalah wadah yang digunakan oleh ikan untuk tinggal.

Dan wadah yang bisa digunakan untuk Budidaya Ikan Zebra ini adalah Aquarium.

Karena akan digunakan untuk budidaya dan tentu harus dapat menampung banyak ikan maka dibutuhkan aquarium berukuran besar yang bisa diisi air dengan volume kurang lebih 40 liter.

Sebagai pelengkap agar Ikan Zebra tumbuh dengan optimal maka diperlukan berbagai tambahan, mulai dari Bio Wheel, filter hingga pemanas.

Meski ikan Zebra adalah ikan tropis yang bisa hidup di suhu normal di Indonesia, tapi tetap diperlukan pemanas untuk menjaga suhu dalam aquarium selalu stabil agar kondisi Ikan Zebra selalu optimal.

Selain itu diperlukan juga bahan kimia pengolah air agar menghilangkan kandungan klorin yang ada pada air. Sebab kandungan Klorin yang berlebih bisa berbahaya bagi Ikan Zebra.

Yang terakhir tambahkan lapisan krikil di dasar aquarium karena Ikan Zebra sangat menyukai lapisan krikil. Dengan begitu Ikan Zebra akan merasa nyaman.

2. Memasukkan Induk Ikan Zebra Ke Dalam Aquarium

Setelah aquarium telah siap, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan indukan Ikan Zebra.

Dalam pemilihan induk Ikan Zebra pun tak boleh sembarangan, karena kualitas dari Indukan ini sangat berpengaruh pada berhasil atau tidaknya proses budidaya.

Pilihlah Induk Ikan Zebra yang sehat, tidak terserang hama dan aktif bergerak. Itu adalah ciri-ciri indukan Ikan Zebra yang baik.

Untuk memulai budidaya Ikan Zebra maka diperlukan minimal 6-8 indukan Ikan Zebra dengan jenis kelamin yang berbeda-beda. Hal ini dimaksudkan untuk proses reproduksi, karena perkawinan Ikan Zebra berjalan secara alami.

Namun sebelum mencampurkan Ikan Zebra pejantan dan betina, keduanya harus di rawat dulu dalam aquarium yang berbeda.

Pencampuran bisa dilakukan ketika induk betina Ikan Zebra perutnya sudah mengembung dan penuh dengan sel telur. Agar optimal, perbandingan yang baik dalam satu aquarium adalah 2:1 (2Jantan:1 Betina).

3. Pemisahan Telur Ikan Zebra

Setelah proses perkawinan dan menghasilkan telur. Maka segera lakukan pemisahan ketika telur Ikan Zebra sudah keluar.

Pemisahan dilakukan karena kebiasaan Ikan Zebra betina yang suka memakan telur anaknya.

Setelah dipisahkan dalam wadah yang lain maka tunggu telur menetas.

Telur Ikan Zebra akan menetas dalam waktu 24 jam. setelah itu larva dari Ikan Zebra akan mulai berenang tujuh hari setelah proses penetasan.

4. Pemeliharaan Larva

Setelah larva menetas maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan pada larva. Dalam pemeliharaan larva diperlukan suhu yang ideal di aquarium agar bayi Ikan Zebra bisa tumbuh dengan optimal.

Suhu ideal untuk aquarium pada larva Ikan Zebra adalah sekitar 18°-26° Celcius.

Selain itu harus diperhatikan pula kebersihan air dalam aquarium dengan melakukan pembersihan. Hal ini bisa dilakukan setelah larva Ikan Zebra minimal berumur 7 hari.

Dalam membersihkan air aquarium perlu kehati-hatian agar larva Ikan Zebra tidak stres. Karena ini bisa mengganggu pertumbuhannya.

Cara pembersihannya adalah dengan mengganti air sepertiga atau separuhnya saja. untuk frekuensi pergantian air adalah setiap tiga hari.

5. Pemberian pakan Ikan Zebra

sama seperti ikan hias kecil kebanyakan, Ikan Zebra pada dasarnya mudah dalam hal makanan. Untuk Ikan Zebra dewasa bisa diberi pakan berupa pellel yang mudah ditemukan.

Selain itu penting juga ditambahkan sumber nutrisi dari makanan lain seperti cacing hingga udang.

Sementara untuk larva Ikan Zebra pakannya adalah artimea, rotifera atau bisa juga infusoria.

Rotifera dan infusoria sendiri adalah hewan mikroskopis yang mengandung silia di tubuhnya. Larva ikan zebra juga bisa diberi pakan kutu air setelah berumur 3-4 hari

Harga Jual Ikan Zebra

Biasanya Ikan Zebra sudah siap jual ketika sudah berumur kurang lebih 2,5 bulan atau ketika ukurannya mencapai kurang lebih 2,2 cm.

Dimana untuk ukuran tersebut harga jualnya di pasaran adalah sekitar 1.000 hingga 3.000 rupiah.

Sementara untuk Ikan Zebra yang sudah dewasa biasanya dihargai dengan kisaran antara 10.000 hingga 15.000 rupiah.

Saat ini peminat untuk Ikan Zebra ini terus mengalami peningkatan sehingga selalu laku di pasaran. Selain karena warnanya yang cantik, harganya juga sangat terjangkau.

Begitu pun dengan pemeliharaannya yang relatif mudah membuat banyak para pecinta ikan hias pemula yang tertarik untuk merawat ikan ini.

Jenis Ikan Zebra Yang Populer

Ikan Zebra memiliki banyak sekali jenisnya. Dimana tiap jenisnya biasanya dibedakan oleh warna tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa jenis Ikan Zebra yang cukup populer dan sangat laku dipasaran:

  • Zebra Danio
  • Long Fin Zebra Danio
  • Golden Zebra Danio
  • Metalic Pink Zebra Danio
  • Kyathit Spotet Zebra Danio
  • Leopard Danio
  • Pearl Danio
  • Neon Danio
  • Glowlight Danio
  • Hora Danio
  • Inle Lake Danio
  • Devario Strigilifer
  • Yoma Danio
  • Devario Danio
  • Giant Danio
  • Pink Danio

Itulah beberapa jenis Ikan Zebra yang populer di pasaran. jenis-jenis ini bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin melakukan budidaya Ikan Zebra karena banyaknya masyarakat yang menggemari. Meski jenisnya yang berbeda-beda, Ikan Zebra ini memiliki cara perawatan yang sama.

Itulah tadi informasi mengenai pengembangbiakkan Ikan Zebra. Meski terbilang relatif mudah tapi dalam pelaksanaanya memang harus mengerti betul setiap langkahnya agar pengembangbiakkan Ikan Zebra bisa berjalan optimal dan bisa berkembang.

Pengembangbiakkan dan pemeliharaan Ikan Zebra ini jika ditekuni bisa menjadi ladang rejeki dan pundi-pundi rupiah karena banyaknya peminat ikan hias di Indonesia.

Apalagi dalam memulai proses pengembangbiakkan Ikan Zebra tidak perlu modal yang besar sehingga bisa dilakukan masyrakat dari berbagai kalangan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Budidaya Ikan Zebra Untuk Pemula. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *