Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina? Di masa pandemi banyak bermunculan hobi-hobi baru yang beragam.

Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina
Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina

Rasa bosan yang melanda karena pembatasan kegiatan membuat masyarakat mencari cara untuk mengusir kebosanan kala berada di rumah.

Salah satu hobi yang kini sedang jadi trend adalah mengoleksi ikan hias. Saat ini banyak masyarakat yang mulai menaruh keterarikan dalam memelihara berbagai macam ikan warna-warni.

Hal ini berdampak pada penjualan ikan hias yang justru laris ketika pandemi. Karena makin banyak peminat, maka makin lama jenis yang dijual pun makin beragam dan beraneka rupa.

Salah satu yang saat ini digemari dan cukup laku di pasaran adalah jenis ikan Zebra. Lalu sebenarnya apakah Ikan Zebra itu dan bagaimanakah ciri-cirinya?

Mengenal Ikan Zebra

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ciri-ciri corak badan yang belang bergaris-garis menyerupai hewan Zebra.

Memiliki nama latin Danio Rerio, dimana istilah Danio sendiri diambil dari kata “Dhani” yang merupakan bahasa Bengali yang artinya adalah “Persawahan Yang Hijau”

ikan Zebra  adalah jenis ikan air tawar yang memiliki habitat asli di wilayah Asia Selatan.

Karena merupakan jenis ikan air tawar dan hidup di iklim yang tropis membuat ikan Zebra sangat mudah untuk dipelihara, terutama bagi para pemula yang baru ingin memelihara ikan hias.

Ikan Zebra memiliki karakteristik yang khas sehingga akan mudah membedakan Ikan Zebra dengan ikan hias jenis lain.

Bertubuh ramping dan kecil membuat ikan ini mampu bergerak dengan cepat dan cukup agresif. Rata-rata ukuran Ikan Zebra adalah 5 cm.

Karakteristik lainnya adalah Ikan Zebra ini sangat suka bergerombol. Sehingga jika ingin memelihara ikan ini alangkah baiknya lebih dari satu.

Apalagi dengan tubuhnya yang kecil, akan lebih enak dipandang jika melihat ikan ini berenang bergerombol kesana kemari  dalam satu aquarium.

Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina

Selain memiliki karakteristik yang berbeda dengan ikan-ikan lain, Ikan Zebra juga memiliki perbedaan yang cukup kentara antara yang jantan dan betina.

Hal ini sangatlah penting karena bisa menjadi informasi bagi yang ini mengembangbiakkan Ikan Zebra.

Setidaknya ada tiga cara yang mudah untuk membedakan Ikan Zebra jantan dan Ikan Zebra betina, Yaitu:

1. Membedakan Ikan Zebra Dari Warna Badannya

Cara pertama untuk membedakan antara Ikan Zebra jantan dan juga betina adalah dengan melihat dari warnanya. Ikan Zebra jantan umumnya memiliki warna badan yang lebih cerah dan menarik.

Sedangkan untuk Ikan Zebra betina warna badannya agak lebih gelap dan cenderung kusam jika dibandingkan dengan Ikan Zebra jantan.

2. Membedakan Jenis Kelamin Ikan Zebra Dari Bentuk Tubuhnya

Cara kedua dalam membedakan jenis kelamin Ikan Zebra adalah dilihat dari bentuk tubuhnya.

Ikan Zebra pejantan memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan sirip yang lebih panjang. Sehingga Ikan Zebra jantan memiliki pergerakan yang lebih gesit dibanding betinanya.

Sementara untuk Ikan Zebra betina memiliki ciri tubuh yang lebih besar dibandingan Ikan Zebra jantan.

Perbedaan antara keduanya ini sangat kentara sekali, sehingga sangat mudah diamati.

3. Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina Dari Ukuran Perut

Cara terakhir untuk membedakan antara jenis Ikan Zebra jantan dan Ikan Zebra betina adalah dilihat dari bentuk perutnya.

Ikan Zebra betina memiliki ukuran perut yang lebih besar dibandingkan dengan pejantan. Hal ini berfungsi untuk menampung telur-telur Ikan Zebra yang cukup banyak dalam sekali reproduksi.

Ukuran perut Ikan Betina akan terlihat lebih besar dan bulat begitu memasuki masa siap kawin. Dari perbedaan itu maka bisa dikatakan bahwa Ikan Zebra betina pergerakannya lebih lambat jika dibandingkan dengan Ikan Zebra Betina.

Ikan Zebra Merupakan Ikan Hias Yang Mudah Di Pelihara

Bagi yang ingin memulai memelihara ikan hias namun bingung untuk memelihara ikan jenis apa, maka Ikan Zebra bisa dan sangat cocok dijadikan pilihan karena cara pemeliharaannya yang mudah.

Karena merupakan ikan air tawar dan hidup di iklim yang tropis maka Ikan ini sangatlah mudah dipelihara dan tidak perlu banyak perlakuan khusus.

Selain itu warnanya yang menarik sangat bagus sebagai isian aquarium yang ada di rumah.

Sebagai jenis ikan Omnivora atau pemakan segala maka Ikan Zebra ini sangatlah mudah untuk urusan makanan. Ikan Zebra bisa diberi berbagai macam jenis makanan layaknya ikan hias kecil lainnya.

Cara Pemeliharaan Ikan Zebra Yang Baik Dan Benar

Meski tergolong mudah dalam pemeliharaannya, namun Ikan Zebra tidak kemudian bisa diperlakukan sembarangan.

Ada beberapa cara yang relatif mudah agar Ikan Zebra bisa hidup optimal di dalam Aquarium. Cara-cara itu antara lain:

1. Memasukkan setidaknya 4 ekor Ikan Zebra ke dalam Aquarium

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan Zebra merupakan ikan yang bersifat sosial atau suka bergerombol dengan sejenisnya.

Maka  jika ingin memelihara ikan ini disarakan untuk memelihara lebih dari satu supaya Ikan Zebra tidak merasa kesepian

2. Menambahkan Krikil Di Dasar Aquarium

Seperti kebanyakan ikan hias kecil lainnya, Ikan Zebra menyukai lapisan kerikil yang berada di dasar aquarium. Dengan menambah kerikil akan membuat Ikan Zebra merasa lebih nyaman.

Selain itu karena Ikan Zebra adalah jenis ikan yang aktif maka tidak disarankan memberikan terlalu banyak komponen ke dalam Aquarium karena justru bisa menghalangi pergerakan dan menutupi keindahan Ikan Zebra itu sendiri.

3. Menjaga Suhu Di Aquarium

Sebagai ikan yang punya habitat di iklim tropis membuat ikan Zebra terbiasa hidup di suhu sekitar 18-24° celcius. Suhu ini sebenarnya bisa diperoleh tanpa menggunakan pemanas tambahan di dalam Aquarium.

Namun disarankan untuk tetap menggunakan pemanas di dalam Aquarium untuk mendapatkan suhu yang stabil bagi Ikan Zebra

4. Membersihkan Aquarium Secara Berkala

Layaknya manusia, ikan pun juga menginginkan tempat tinggal yang bersih dan nyaman.

Maka agar Ikan Zebra merasa nyaman dan terjaga kesehatannya, diperlukan pembersihan Aquarium paling tidak seminggu sekali agar Ikan Zebra terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun yang perlu jadi perhatian adalah jangan memindahkan ikan dari Aquarium karena bisa membuat ikan Zebra menjadi stres.

Cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan Siphon untuk menarik kotoran dari bagian bawah Aquarium.

Ikan Zebra Merupakan Ikan Yang Ramah

Selain suka bergerombol dan bergaul dengan sejenisnya ternyata Ikan Zebra juga mudah bergaul dengan ikan hias jenis lainnya.

Hal ini memungkinkan bagi sang pemelihara untuk menggabungkan Ikan Zebra dengan jenis ikan kecil lainnya yang membuat isi dalam aquarium menjadi lebih berwarna.

Ikan-ikan hias kecil yang bisa digabungkan dengan Ikan Zebra antara lain adalah Ikan Molly, Black Ghost, Neon Tetra hingga Platy.

Namun begitu tidak disarankan untuk menggabungkan Ikan Zebra dengan Ikan Cupang. Karena sifatnya yang sama-sama agresif akan membuat kedua ikan ini akan saling menyerang.

Nah demikianlah pembahasan kami utarakan dalam pertemuan kali ini tentang Cara Membedakan Ikan Zebra Jantan Dan Betina. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Zebra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *