6 Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara? Burung kerap kali dijadikan peliharaan karena keindahan warna bulunya serta kicauannya yang bagi pecinta burung dianggap dapat menenangkan jiwa.

6 Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara
6 Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara

Tidak hanya itu, alasan memelihara burung adalah untuk diperlombakan dan mendapatkan penghargaan dari komunitas burung. Ada berbagai macam jenis burung yang biasa diperlombakan salah satunya adalah Anis Merah.

Anis Merah atau bahasa latinnya adalah Zoothera Citrina dan dalam bahasa inggris disebut sebagai Orange-headed Ground Thrushes berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Daerah penyebaran burung ini adalah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Cina, India, dan Kalimantan. Habitat asli burung Anis Merah adalah hutan serta padang belantara.

Ciri Burung Anis Merah

Burung Anis Merah memiliki suara yang indah dan merdu, tidak heran jika keunggulan dari burung Anis Merah ini menjadi alasan orang-orang mengikutsertakan burung Anis Merah dalam perlombaan.

Ketahuilah Burung Anis Merah memiliki panjang tubuh 20 hingga 30 cm, dengan berat tubuh 47 hingga 67 gram.

Burung Anis Merah memiliki bulu berwarna cerah yaitu dominan merah dan ada sedikit warna orange pada bagian kepala hingga ke dada serta bagian dubur.

Sedangkan pada bagian sayap, punggung, ekor burung Anis Merah memiliki warna abu-abu dan kehitaman.

Burung Anis Merah menyukai aneka buah-buahan seperti pisang, pir, pepaya dan apel. Pakan Anis Merah selain buah-buahan adalah kroto, jangkrik, ulat hongkong, ulat bambu, cacing, belalang dan juga kelabang.

Karena keindahan warna bulunya dan kicauannya, tidak heran jika harga seekor burung Anis Merah terbilang mahal.

Burung Anis Merah menjadi peluang bisnis bagi orang-orang yang menyukai burung. Oleh karena itu, burung Anis Merah sering diburu di alam liar karena harga jualnya yang mahal dan permintaan yang tinggi.

Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara

Bagi orang yang memiliki hobi mengikutsertakan burung Anis Merah dalam perlombaan maka melatih burung Anis Merah merupakan hal yang sangat penting agar burung Anis Merah dapat menjurai perlombaaan.

Yang paling utama adalah melatih mental burung Anis Merah agar bisa bertahan dan meningkatkan performanya baik dalam hal kesehatannya, stamina, atau birahi.

Melatih mental burung Anis Merah sangat menguntungkan bagi orang yang memelihara burung Anis Merah karena apabila kesehatan, stamina dan birahinya bagus maka burung Anis Merah akan lebih sering berkicau dan tidak mudah ngedrop pada saat diperlombakan dengan burung Anis Merah

Lalu bagaimana Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara dalam perlombaan? Berikut ini  pembahasannya.

1. Memberi Pakan secara Teratur

Hal yang harus diperhatikan agar kesehatan burung Anis Merah terus terjaga adalah memberi pakan secara teratur.

Seperti contoh, di pagi hari diberikan voer dan jangkrik, maka esok hari harus diberikan voer dan jangkrik juga di pagi hari.

Apabila burung Anis Merah makan tidak sesuai jadwal maka akan membuat ia tidak nyaman dan memperburuk mentalnya. Jangan lupa untuk selalu memberikan air bersih kepada burung Anis Merah.

2. Memberikan Burung Anis Merah Multivitamin dan Multimineral

Agar kesehatan burung Anis Merah selalu terjaga serta mentalnya kuat maka berikan multivitamin seperti BirdVit dan multimineral seperti BirdMineral secara rutin.

Pemberian multimineral dan multivitamin setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kandang burung Anis Merah karena kandang yang bersih akan membuat burung Anis Merah terhindar dari jamur, bakteri dan tungau.

3. Melatih burung Anis Merah di Tempat yang Ramai

Agar burung Anis Merah mentalnya tidak drop saat diperlombakan, sebaiknya latih burung Anis Merah di tempat yang ramai dengan manusia.

Lakukan hal ini setiap harinya agar burung Anis Merah terbiasa dengan keramaian ketika perlombaan sehingga mentalnya tidak drop.

4. Metode Cermin

Tips lainnya yang terbukti ampuh agar burung Anis Merah juara saat perlombaan adalah mendekatkan burung Anis merah dengan kaca.

Hal ini berguna untuk membuat burung Anis Merah berpikir bahwa yang terlihat di cermin adalah burung Anis Merah lainnya. Sebaiknya, metode ini dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

5. Dekatkan dengan burung Anis Merah yang Lain

Selain dengan metode cermin, bisa juga dengan mendekatkan burung Anis Merah yang anda punya dengan burung Anis merah lainnya.

Hal ini dilakukan agar mental burung Anis merah kuat sehingga saat perlombaan tidak drop karena pada saat perlombaan pasti banyak burung Anis Merah lainnya yang memiliki karakter berbeda-beda.

Metode ini terbukti ampuh untuk membuat burung Anis merah juara saat perlombaan. Sebaiknya, lakukan metode seperti ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

6. Pastikan burung Anis Merah Merasa Nyaman

Jika burung Anis Merah merasa nyaman maka akan berpengaruh terhadap susana hatinya sehingga saat perlombaan, burung Anis Merah dapat memberikan performa yang terbaik.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar burung Anis merah merasa nyaman salah satunya  yaitu rutin membersihkan kandang, tempat minum serta tempat makan burung Anis Merah.

Nah itulah beberapa Cara Melatih Burung Anis Merah Agar Juara dalam perlombaan. Semoga membantu.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Anis Merah Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *