Cara Penggemukan Sapi Dalam Waktu Singkat

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Penggemukan Sapi Dalam Waktu Singkat? Hewan Sapi adalah hewan ternak yang mudah kita temui, dan biasanya hewan Sapi ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Cara Penggemukan Sapi Dalam Waktu Singkat
Cara Penggemukan Sapi Dalam Waktu Singkat

Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari Sapi adalah, susu dan juga dagingnya.

Supaya memiliki tubuh yang sehat, dan bermanfaat bagi kebutuhan manusia,  tentu badan sapi pun harus gemuk.

Bagaimana cara menggemukan badan Sapi, agar bermanfaat bagi kebutuhan manusia? Berikut informasinya bagi anda.

Baca Juga : Cara Mempercepat Birahi Pada Sapi

Mengenal Hewan Sapi

Hewan Sapi adalah salah satu  hewan ternak, yang termasuk dari anggota suku Bovidae.  Ada beragam jenis hewan sapi, dan ragam jenis sapi tersebut bisa dimanfaatkan, untuk kebutuhan sehari hari manusia.

Sapi terdiri beberapa jenis, yakni Sapi  Limosin dan juga Sapi Burlina. Hewan Sapi Limosin biasa dimanfaatkan dagingnya untuk disantap, sedangkan Sapi Burlina dimanfaatkan susunya untuk diminum.

Sapi yang dimanfaatkan untuk daging atau susunya tersebut, harus berasal dari bibit yang bagus. Dengan bibit yang bagus tersebut, maka akan menghasilkan susu dan daging yang berkualitas.

Perawatan Sapi secara rutin dan pemberian makan, juga merupakan kunci daging dan susu Sapi bisa jadi berkualitas, sehingga sehat dikonsumsi manusia.

Cara Penggemukan Sapi

Untuk Penggemukan Sapii, terkadang banyak orang yang melakukannya dengan cara instan, seperti memberikannya minum secara terus menerus.

Penggemukan dengan cara tersebut, justru akan membuat hewan sapi, menjadi tidak sehat dan tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

Agar Sapi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, tentu penggemukan yang harus anda lakukan, wajib menggunakan cara yang alami. Inilah cara Penggemukan Sapi dalam waktu yang sangat singkat :

1. Memberikan Makan Sapi Secara Rutin

Sama seperti kita manusia, Sapi membutuhkan energi yang berasal dari makanan. Bobot makanan yang diperlukan untuk sapi adalah, 10-12% makanan hijau, dan 1-2% makanan tambahan.

Agar Sapi cepat untuk gemuk, maka anda harus memberikan makan sapi secara rutin, yakni 3 kali dalam sehari.

Makanan yang dibutuhkan oleh Sapi adalah makanan hijau ,  seperti rumput rumputan yang hijau.

Rumput rumputan yang diperlukan bagi Sapi, harus memiliki kualitas yang bagus, dan juga segar.

Pastikan juga makanan tersebut terhindar dari racun, agar nantinya Sapi bisa terhindar dari penyakit.

Selain makanan hijau seperti rumput rumputan, sapi juga butuh makanan tambahan lainnya.

Makanan tambahan lainnya adalah seperti Suplemen. Suplemen tersebut adalah Suplemen Organik Cair, yang dapat menambah bobot Sapi.

2. Berikan Vitamin dan Juga Obat Cacing Pada Sapi

Agar Sapi bisa sehat dan bisa gemuk, anda tidak hanya memberinya makan saja. Anda wajib untuk memberikan vitamin pada sapi, agar sapi bisa sehat dan juga melakukan aktivitas.

Vitamin yang diperlukan untuk Sapi adalah seperti Vitamin A, Vitamin D3, dan juga vitamin E.  Besaran vitamin A untuk Sapi 500.000 IU, Vitamin D3 75.000 IU, dan Vitamin E 200 mg.

Selain vitamin yang diperlukan oleh Sapi, obat cacing juga sangat diperlukan untuk Sapi. Sapi sangat memerlukan obat cacing, agar Sapi terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain untuk menghindarkan Sapi dari penyakit, obat cacing juga bisa untuk menambah nafsu makan Sapi.

Untuk membeli vitamin dan obat cacing pada Sapi, anda bisa membelinya di toko toko ternak terdekat. Atau jika anda tidak sempat membelinya di toko ternak, anda juga bisa membelinya secara online.

3. Jangan Paksakan Sapi Untuk Melakukan Banyak Aktivitas

Agar Sapi yang anda ternak tetap bisa gemuk, usahakan untuk jangan membuat Sapi anda, melakukan banyak aktivitas.

Dengan anda membuat banyak aktivitas pada Sapi, maka Sapi anda tidak akan jadi gemuk , dan menjadi kurus.

Anda harus meminimalisir kegiatan pada Sapi anda, dan jangan biarkan Sapi anda untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

 Aktivitas yang dilakukan Sapi tidak boleh berlebih, supaya Sapi anda yang anda pelihara bisa gemuk.

Sebagai gantinya anda bisa melakukan aktivtas bersama Sapi, seperti mandi disungai.

Aktivitas Mandi di sungai ini bisa anda lakukan pada saat sore hari, dan mandi di sungai tersebut  juga membuat Sapi anda jadi bersih.

4. Buat Kandang Yang Jauh Dari Pemukiman

Kandang pada Sapi juga merupakan hal yang penting, agar Sapi memiliki badan yang gemuk. Untuk itulah anda harus membuat kandang sapi, yang jauh dari pemukiman warga.

Dengan kandang yang jauh dari pemukiman, maka perkembangan Sapi akan menjadi lebih baik.

Pastikan juga kandang untuk Sapi dekat dengan sumber air, agar anda mudah mengambil air untuk Sapi.

Selain dekat sumber air, anda juga wajib memperhatikan kebersihan kandang. Dengan kandang yang terawat dan bersih, maka Sapi akan sehat dan juga gemuk.

Demikianlah informasi mengenai cara Penggemukan Sapi, agar Sapi tersebut bisa dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia.  Beri makan dan vitamin secara kepada Sapi rutin, agar bisa gemuk secara alami dengan cepat.

Baca Juga : Pengertian Replacement Stock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *