Cara Membedakan Burung Samyong Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Samyong Jantan dan Betina?  Memelihara burung Samyong memang dianjurkan apalagi burung ini memiliki kemampuan berkicau yang sangat gacor.

Cara Membedakan Burung Samyong Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Samyong Jantan dan Betina

Namun, pembudidaya jangan sampai salah pilih, karena yang memiliki kicauan berirama hanya burung Samyong yang jantan. Sedangkan yang betina memiliki kicauan yang monoton dan tidak terlalu nyaring.

Oleh sebab itu, pemelihara harus mengetahui cara membedakan burung Samyong yang jantan dengan yang betina. Setelah itu, baru bisa mendatangi penjual untuk membeli burung indukan maupun anakan. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan tersebut, silakan baca ulasan berikut:

Cara Membedakan Burung Samyong Jantan dan Betina

Burung Samyong jantan dengan yang betina memiliki ciri-ciri berbeda yang mencolok. Bahkan, ada beberapa ciri-ciri burung Samyong jantan yang tidak dimiliki oleh yang betina begitu juga sebaliknya. Ini yang terkadang membuat masyarakat salah dalam membeli burung yang satu ini.

Nah, jika Anda tertarik untuk memelihara burung Samyong silakan baca list berikut yang berisi cara membedakan burung Samyong jantan dengan betina. Semoga apa yang disampaikan bisa menjadi ilmu yang bagus dan ini ulasannya:

1. Melihat Warna Bulu Sayap

Cara membedakan burung Samyong yang jantan dengan yang betina yang pertama ialah melihat warna bulu sayapnya. Warna bulu sayap burung Samyong yang jantan adalah cokelat semu kemerahan. Sedangkan warna bulu sayap burung Samyong yang betina adalah abu abu tua.

Perbedaan warna ini akan terlihat dengan jelas pada anakan burung Samyong. Sedangkan kalau indukan atau burung yang sudah dewasa, perbedaan tersebut sudah terlihat kabur.

Sebab, yang berbeda bukan warna sayap keseluruhan melainkan sebagian saja tepatnya di bagian pinggirannya saja.

Untuk mengetahui perbedaan ini, calon pemelihara harus memeriksa bulu pinggiran sayap dengan teliti. Termasuk menyibakkannya karena jika hanya dilihat sekilas warna-warna bulu sayap tidak akan terlihat. Jika masih ragu dengan perbedaan yang ada, mungkin Anda perlu bertanya langsung kepada orang yang pernah memelihara sebelumnya.

2. Memeriksa Bulu di Bagian Leher Depan

Burung Samyong jantan memiliki ciri-ciri di bagian leher depannya tidak memiliki bulu alias bersih. Namun ada ruas kasar yang menempel secara dominan yang cukup terasa ketika diraba.

Selain itu, di bagian ini juga terdapat kulit yang berjuntai berwarna kemerahan. Kalau dilihat sekilas seperti gelambir yang jelas.

Burung Samyong betina justru memiliki bulu di bagian depannya yang berwarna kecokelatan. Sehingga, ruas di bagian tersebut tidak begitu terlihat dan ketika diraba sama sekali tidak terasa. Burung Samyong yang betina juga tidak memiliki gelambir di bagian lehernya.

Untuk perbedaan ini, calon pembeli sejatinya tidak perlu menyibak bulu, karena dengan melihat kasat mata saja sudah terlihat kalau leher keduanya tidak sama. Terutama leher di bagian depan dengan ciri-ciri pembeda seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Melihat secara Detail Warna Pinggiran Ekor Burung

Yang membedakan antara burung Samyong jantan dengan yang betina bukan warna pinggiran sayapnya saja tetapi juga warna pinggiran pada ekor. Burung Samyong jantan memiliki warna pinggiran ekor merah semu kecokelatan. Sedangkan burung Samyong yang betina memiliki warna pinggiran ekor abu-abu tua.

Untuk melihat perbedaan ini, pembudidaya harus memasukkan ke dua burung ke dalam satu sangkar secara bersamaan. Lalu pembudidaya harus melihatnya secara teliti kalau perlu pegang burung untuk melihat yang lebih jelas.

Untuk meneliti perbedaan di sisi ini, lebih baik dilakukan pada burung yang masih berusia muda atau anakan. Sedangkan kalau untuk indukan biasanya warna pinggiran ekor akan berubah atau justru sudah semakin samar sehingga sulit untuk dideteksi perbedaannya.

4. Mendengarkan Volume Kicau

Cara membedakan burung Samyong jantan dengan yang betina yang berikutnya dengan mendengarkan volume kicau dari keduanya. Jika burung Samyong jantan bisanya memiliki suara kicau yang sangat lantang dan nyaring. Ini dijadikan sebagai senjata untuk menarik birahi dari burung Samyong yang betina.

Nah, kalau volume kicau burung Samyong yang betina tidak selantang burung Samyong yang jantan. Model kicaunya juga tidak gacor tetapi sedikit mendayu-dayu dengan irama yang monoton. Makanya, kalau kedua burung ini sama bersuara, pasti suara burung Samyong jantan yang dominan.

Untuk mengetahui perbedaan volume kicau burung Samyong jantang dan betina, Silakan masukkan burung ke sangkar yang berbeda atau dipisah, setelah itu dengarkan kicaunya saat pagi hari. Usahakan lokasi sangkar tidak saling berjauhan atau setidaknya kedua burung masih bisa saling melihat.

Itulah beberapa cara untuk membedakan burung Samyong jantan dengan burung Samyong yang betina. Semoga apa yang sudah dijelaskan ini bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan yang berarti. Terutama bagi Anda yang memang berminat untuk memelihara hewan dengan suara luar biasa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *