11 Cara Membedakan Hamster dan Marmut

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Hamster dan Marmut? Hamster merupakan binatang sejenis hewan pengerat, dan memiliki jenis yang beranekaragam dari seluruh dunia.

11 Cara Membedakan Hamster dan Marmut
11 Cara Membedakan Hamster dan Marmut

Di Indonesia, hamster dijadikan sebagai hewan peliharaan karena kelincahaan dan kelucuannya yang dapat menarik orang-orang untuk menjadikan hamster sebagai hewan peliharaan.

Sekilas, hamster serupa dengan marmut memiliki ciri fisik yang sama namun faktanya, hamster dan marmut berbeda satu sama lain.

Banyak sekali orang yang tidak dapat membedakan antara hamster dan marmut karena kemiripannya satu sama lain.

Namun pada umumnya ada perbedaan mendasar antara hamster dan marmut yaitu ukuran tubuh hamster lebih kecil ketimbang marmut.

Kesamaan dari hamster dan marmut adalah memiliki dua buah gigi seri di bagian depan sehingga sering menimbulkan kesulitan untuk membedakan mana hamster dan yang mana marmut.

Tapi pada kenyataannya hamster dan marmut memiliki klasifikasi family yang berbeda satu sama lainnya. Hamster merupakan family dari cricetidae sedangkan marmut merupakan family dari sciuridae.

Cara Membedakan Mamster dan Marmut

Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan beberapa perbedaan hamster dan marmut:

  1. Ukuran tubuh marmut lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh hamster. Perbedaannya bisa mencapai lima kali lipat. Pada umumnya hamster berukuran 2 cm hingga 5 cm untuk ukuran yang paling besar. Sedangkan Marmut memiliki ukuran kurang lebih 10 cm hingga 25 cm
  2. Makanan yang digemari oleh hamster pada umumnya adalah biji-bijian sedangkan marmut menyukai rumput-rumputan dan sayuran, marmut tidak menyukai biji-bijian.
  3. Hamster memiliki kantong penyimpan makanan di mulutnya sedangkan marmut tidak memiliki kantong penyimpanan makanan yang seperti dimiliki oleh hamster. Jangan heran jika anda melihat pipi hamster gembul karena hamster menyimpan makanan yang ia makan di situ karena pipi hamster berkantong elastis. Hamster sanggup menyimpan makanan sebera 20 persen dari berat total badannya.
  4. Telinga hamster dapat berdiri tegak, namun telinga marmut tidak dapat berdiri tegak seperti hamster.
  5. Hamster cenderung lebih aktif dan lebih lincah jika dibandingkan dengan marmut yang lebih pasif.
  6. Marmut membutuhkan vitamin c dari makanan. Dan apabila marmut kekurangan vitamin c akan mengakibatkan marmut mengalami gangguan kesehatan bahkan akan berujung kematian. Berbeda dengan marmut, hamster juga memerlukan vitamin c tp jika kekurangan tidak berakibat terganggunya kesehatan hamster
  7. Marmut merupakan binatang yang social, suka hidup berkelompok dan didominasi oleh marmut jantan, oleh karena itu marmut tidak dapat dipelihara sendirian karena akan mudah depresi. Berbeda dengan marmut, hamster dapat dipelihara sendirian karena hamster tidak mudah depresi jika tidak hidup berkelompok dengan hamster lainnya.
  8. Bulu hamster cenderung lembut sedangkan bulu hamster cenderung kasar.
  9. Berbeda dengan marmut, hamster merupakan hewan yang sangat suka kebersihan. Hamster membersihkan tubuhnya dengan cara berguling-guling di atas pasir bersih untuk menghilangkan kutu dan juga minyak yang ada di bulu-bulunya.
  10. Ada sebuah fakta menarik dari hamster yang membedakannya dari marmut yaitu sebagai berikut ini:
  • Hamster adalah buta warna sehingga hanya dapat melihat warna hitam putih saja. Ia hanya dapat melihat sejauh 6 inci dari depan pandangannya sehingga hamster hanya mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya saja
  • Hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonic sehingga indera pendengaran hamster sangat tajam seperti halnya pendengaran anjing

Nah, sekarang anda bisa membedakan kan yang mana hamster dan yang mana marmut?

Demikianlah pembahasan kali ini yang mengungkap mengenai Cara Membedakan Mamster dan Marmut. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Agar Marmut Cepat Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *