8 Jenis Dan Harga Marmut 2021 di Indonesia

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Dan Harga Marmut 2021 di Indonesia? Marmut merupakan hewan yang sangat lucu dan unik.

Jenis Dan Harga Marmut 2021 di Indonesia
Jenis Dan Harga Marmut 2021 di Indonesia

Oleh karena itu, banyak pembudidaya yang merawatnya semata sebagai hiburan. Bahkan ada sebagian pembudidaya lain memeliharanya untuk dijual karena hewan ini juga bisa dikonsumsi.

Hewan marmut atau Guinea Pig ternyata tergolong binatang hias yang sangat mahal. Harga per-ekornya bisa mencapai 1 juta rupiah untuk anakan, sedangkan harga untuk indukan jauh lebih mahal lagi.

Jenis Dan Harga Marmut 2021 di Indonesia

Untuk itu, di artikel kali ini akan dijelaskan tentang jenis marmut beserta harga di pasaran. Ini ulasannya:

1. Marmut American

Marmut American adalah marmut yang terbilang unik dan menarik. Salah satu keunikannya terdapat pada bulu poni yang tersusun rapi di bagian kening. Bahkan kalau kita melihat sekilas poni ini mirip dengan jabrik atau janggar yang eksotis.

Penampilan yang semacam ini yang membuat Marmut American dijual dengan harga yang cukup mahal. Untuk marmut yang masih bayi, bisa didapatkan dengan membayar Rp500.000 sampai Rp750.000.

Jadi, jika kamu berminat maka silakan pinang saja dengan mempersiapkan budget seperti yang telah disebutkan.

2. Marmut Abyssinian

Hewan Marmut yang cukup mahal untuk saat ini adalah Marmut Abyssinian. Per-ekornya dibanderol Rp1.000.000 itu masih harga anakan bukan indukan atau marmut yang sudah dewasa.

Alasan Marmut Abyssinian dijual mahal karena hewan ini mirip dengan boneka marmut. Penyebabnya, bulu tumbuh dengan panjang dan lebat hingga area wajahnya pun tertutup dengan bulu.

Luar biasanya, pembuatan boneka marmut ternyata banyak terinspirasi dari hewan eksotis mahal yang satu ini.

3. Marmut Peruvian

Marmut Peruvian tergolong hewan marmut termahal di tahun 2021. Harga anakannya saja mencapai Rp2juta yang terbilang biaya cukup wah untuk seekor hewan hias. Walaupun demikian, kamu tidak akan rugi merawatnya karena hewan ini benar-benar eksotis.

Ciri-ciri Marmut Peruvian adalah memiliki bulu-bulu lebat dan panjang yang menjuntai ke bawah. Jika sebagian marmut memiliki bulu menghadap ke atas, hewan ini justru bulunya menjorok ke bawah. Jika hewan ini berjalan, maka bulunya akan menyentuh tanah dari saking panjangnya.

4. Marmut Silky

Kalau kamu penyuka marmut hias, tentu akan takjub dengan marmut jenis silky. Memang penampilannya mirip Marmut Peruvian, namun Marmut Silky memiliki perbedaan yang jelas, yaitu bulu panjangnya lebih rapi dan tidak menutupi wajahnya.

Nah, patokan harganya relatif sama dengan Marmut Peruvian yaitu berkisar Rp2jutaan. Namun, hewan ini tidak begitu populer di Indonesia, karena mungkin akibat harganya yang terlalu mahal dan perawatannya yang cukup sulit.

5. Marmut Texel

Marmut yang terbilang langka untuk saat ini adalah Marmut Texel. Memang, dari bentuknya saja terlihat tidak seperti marmut yang biasa yang memiliki bulu halus dan rapi. Tetapi marmut Texel memiliki bentuk bulu yang keriting sehingga terkesan sangat modis.

Oleh karena terbilang marmut yang langka, maka harga Marmut Texle sangat mahal. Anakannya saja dijual Rp3juta per-ekor belum lagi marmut yang sudah berusia dewasa. Harga mahal inilah yang membuat hewan ini tidak begitu populer dan jarang dibudidayakan.

6. Marmut Alpaca

Marmut yang se-spesies dengan Marmut Texel adalah Marmut Alpaca. Namun, perbedaan marmut ini adalah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar tetapi pendek. Bisa dibilang, Marmut Alpaca adalah marmut bogel yang eksotis dan unik.

Harga Marmut Alpaca tidak semahal Marmut Texel. Per-ekornya bisa dibeli Rp2 juta untuk anakan. Sedangkan harga untuk marmut yang dewasa bisa didapatkan dengan membayar Rp3juta. Jadi, masyarakat sulit untuk memeliharanya karena harganya memang cukup tinggi dibandingkan yang lain.

7. Marmut Teddy

Marmut hias yang saat ini sedang diburu oleh kolektor adalah Marmut Teddy. Ini wajar, sebab, marmut ini memiliki bentuk yang sangat unik dan jika dilihat detail mirip dengan boneka beruang.

Sedangkan salah satu keunikannya adalah memiliki dua bulu dengan warna berbeda yaitu putih dan cokelat.

Marmut Teddy juga terbilang hewan marmut yang mahal. Per-ekornya dibanderol sebesar Rp2juta sampai Rp3juta.

Walaupun demikian, pembudidaya harus ekstra berhati-hati ketika merawatnya karena hewan ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah.

8. Marmut Coronet

Marmut termahal di tahun 2021 ini ada pada Marmut Coronet. Keunikannya terdapat pada bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan marmut yang lain. Bahkan, pembudidaya pasti mengira kalau Marmut Coronet sejenis tupai.

Marmut Coronet memiliki kebiasaan berdiam di dalam lubang pohon. Makanya, jika kamu tertarik merawat hewan seharga Rp4juta ini, harus mempersiapkan kandang yang tepat. Selain area harus luas, di tengahnya juga terdapat pohon hidup yang dilubangi.

Itulah beberapa jenis marmut dan harganya yang sedang viral di tahun 2021. Jika kamu merasa penggemar hewan hias yang lucu ini, tentu nama-nama di atas bisa menjadi rujukan. Tentunya pembudidaya juga harus mempersiapkan budget-nya terlebih dahulu jika ingin memilikinya.

Baca Juga : Cara Membedakan Hamster dan Marmut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *