Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang? Ikan lele atau nama ilmiahnya adalah Clarias sp. adalah ikan air tawar yang popular di Indonesia karena rasanya yang enak untuk diolah menjadi masakan.

Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang
Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang

Di Indonesia sangat banyak warung-warung bahkan restaurant yang menyajikan menu ikan lele ini. Tidak hanya enak, ikan lele juga mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan.

Habitat Ikan lele adalah diperairan air tawar, di sungai-sungai yang arusnya mengalir tidak deras, di waduk, danau, telaga, dan rawa.

Ikan Lele tidak menyukai arus air yang kencang cenderung menyukai arus air yang tenang.

Aktivitas Ikan Lele kebanyakan adalah di siang hari dan Ikan Lele lebih menyukai tempat yang tidak terlalu terang, cenderung sedikit gelap dan teduh.

Ikan Lele dapat bertahan hidup walaupun kondisi air tempat habitatnya buruk atau keruh, walaupun minim kandungan oksigen ikan lele masih dapat bertahan hidup.

Ada beberapa jenis ikan lele diantaranya ikan Lele Dumbo, Ikan Lele Phyton, Ikan Lele Masamo, Ikan Lele Mutiara, dan Ikan Lele Sangkuriang.

Ikan Lele Sangkuriang adalah hasil perkawinan antara Ikan Lele Dumbo betina F2 (generasi kedua) dengan Ikan Lele Dumbo Jantan F6 (generasi keenam) yang menghasilkan Ikan Lele Dumbo Jantan F2-6, lalu Ikan Lele Dumbo  Jantan F2-6 dikawinkan kembali dengan Ikan Lele Dumbo Betina F2(generasi kedua) barulah hasilnya disebut dengan Ikan Lele Sangkuriang.

Ciri-ciri Ikan Lele Sangkuriang adalah kepalanya berbentuk pipih ke bawah yang panjangnya hampir mencapai sepertiga dari panjang tubuhnya, dan lebih panjang dari Ikan Lele Dumbo, bagian tengah badan Ikan Lele Sangkuriang berbentuk membulat dan bagian belakang Ikan Lele Sangkuriang cenderung pipih kesamping, memiliki 3 buah sirip tunggal diantaranya adaah sirip punggung, sirip ekor dan sirip dubur.

Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang

Ikan Lele Sangkuriang dikenal sebagai Ikan Lele yang dapat bertahan hidup dari segala penyakit, namun bagi pembudidaya Ikan Lele Sangkuriang, ada beberapa Hama yang harus diwaspadai agar tidak menyerang Ikan Lele Sangkuriang.

Jika tidak diwaspadai maka Hama dapat membunuh Ikan Lele Sangkuriang tersebut dan akan merugikan pembudidaya Ikan Lele Sangkuriang. Ada beberapa Hama yang paling berbahaya bagi Ikan Lele Sangkuriang, yaitu :

Hama Kelelawar

Hama Kelelawar adalah  hama yang paling sering menyerang Ikan Lele Sangkuriang dan cenderung menyerang Ikan Lele Sangkuriang pada malam hari karena kelelawar adalah hewan yang aktif pada malam hari atau disebut nocturnal.

Untuk mengatasi hama Kelelawar adalah menutup kolam Ikan Lele Sangkuriang dengan jaring ataua apapun yang dapat mencegah Kelelawar mendekati kolam Ikan Lele Sangkuriang.

Tapi perlu diperhatikan juga jangan menutup rapat kolam karena nanti Ikan Lele Sangkuriang tidak mendapatkan udara segar.

Hama Kodok

Hama kodok adalah hama yang menyerang Ikan Lele Sangkuriang yang masih berupa benih.

Jika anda melakukan budidaya Ikan Lele Sangkuriang disekitar daerah persawahan, ada perlunya anda mewaspadai hama kodok ini, agar Ikan Lele Sangkuriang anda tidak mati karena hama kodok.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hama kodok salah satunya adalah mengontrol kolam Ikan Lele Sangkuriang dari hama kodok, jika terdapat hama kodok segeralah singkirkan agar tidak semakin banyak.

Hama Ular

Hama ular merupakan hama yang dapat menyerang benih Ikan Lele Sangkuriang maupun Ikan Lele Sangkuriang yang sudah besar.

Untuk menjaga agar Ikan Lele Sangkuriang tidak diserang oleh Hama Ular adalah menjaga kebersihan dari kolam Ikan Lele Sangkuriang karena ular sangat suka tempat yang kotor dan semak.

Ketika Hama menyerang Ikan Lele Sangkuriang, tidak perlu panik karena anda dapat mewaspadainya dan jika sudah terjangkit anda dapat mengobatinya dengan pengobatan-pengobatan yang sesuai untuk itu.

Ada lebih baiknya jika anda berkonsultasi dengan ahlinya dalam menangani penyakit Ikan Lele jika Ikan Lele Sangkuriang anda terjangkit hama-hama yang berbahaya seperti yang telah disebutkan diatas.

Demikianlah ulasan yang bisa kami berikan dalam kesempatan kali ini mengenai Hama Paling Berbahaya Bagi Lele Sangkuriang. Semoga membantu.

Baca Juga : Manfaat Keong Mas untuk Ikan Lele

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *