Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina? Setelah sebelumnya sudah membahas burung Kenari dan Kacer, ada baiknya juga untuk membahas burung Tledekan.

Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina
Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina

Untuk seseorang yang ingin memelihara burung dan masih pemula, mungkin akan ada banyak sekali pertimbangan yang perlu dilakukan.

Termasuk dengan burung apa yang ingin dipelihara. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui berbagai macam burung sampai akhirnya menetap dan mempunyai niat untuk memelihara burung tersebut.

Jika sudah menetap ingin memelihara burung tersebut, langkah selanjutnya yaitu bisa mencari tahu bagaimana perawatan dan cara membedakan antara yang jantan dan betina.

Untuk membedakan jantan dan betina burung Tledekan sendiri ada beberapa cara yang akan di bahas di sini.

Hal dasar seperti membedakan jantan dan betina sebelum memelihara burung Tledekan memang sangatlah penting.

Untuk membedakan tledekan jantan dan betina sendiri perlu menggunakan beberapa cara karena memang bentuk tledekan jantan dan betina hampir mirip.

Keunggulan Tledekan Jantan dari pada Betina

Biasanya, orang – orang lebih memilih untuk memelihara burung tledekan jantan dibandinkan dengan betina.

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memelihara tledekan hanya digunakan sebagai penyambut tamu atau untuk ikut lomba saja. Berikut adalah keunggulan tledekan jantan:

  • Cocok untuk diikutkan lomba karena suaranya yang kuat dan gacor
  • Memiliki kekuatan fisik yang jauh lebih kuat dibanding betina
  • Untuk perawatan jauh lebih mudah dibanding betina yang memerlukan perawatan khusus saat bertelur
  • Riwayat kesehatan biasanya lebih bagus jantan

Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina

Untuk membedakan tledekan jantan dan betina sangat diperlukan ketelitian karena bentuknya yang hampir mirip.

Untuk ciri dari luar yang bisa dilihat yaitu panjang burung jantan yang bisa lebih dari 20 cm, sedangkan untuk tledekan betina hanya bisa 20 cm dan biasanya ada yang lebih pendek lagi.

Nah, berikut adalah cara membedakan tledekan jantan dan betina:

Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina dari Fisik

Coba perhatikanlah tledekan dari dekat karena jika dilihat dari visual saja, akan sedikit susah untuk membedakannya. Biasanya, tledekan jantan akan lebih aktif.

Namun semua juga tergantung dengan kondisi kesehatan burung tledekan. Berikut adalah beberapa cara membedakan tledekan jantan dan betina dari fisik:

1. Kepala

Biasanya jika dilihat lebih teliti lagi, maka ukuran kepala tledekan jantan lebih kecil dibanding dengan tledekan betina.

Hal ini merupakan salah satu cara membedakan yang paling mudah. Selain itu, keduanya juga memiliki kesamaan yaitu cepernya yang sama dan sudah menjadi ciri khas tledekan.

2. Paruh

Untuk selanjutnya, Anda bisa melihat bagian paruh dari burung tledekan. Jika diperhatikan dengan teliti, maka paruh jantan akan terlihat lebih lancip tajam, kuat dan lebih panjang.

Sedangkan untuk tledekan betina biasanya ukuran paruhnya lebih pendek jika dibanding dengan tledekan jantan, namun ukurannya lebih besar. Untuk warna paruh jantan dan betina sama, yaitu gelap sedikit kebiruan.

3. Tubuh

Jika dilihat dari postur tubuh, tentu akan sangat terlihat jelas perbedaannya. Burung tledekan jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibanding dengan tledekan betina.

Tledekan jantan juga terlihat lebih ramping dan tinggi. Sedangkan untuk tledekan betina tubuhnya lebih kecil dan sedikit bulat.

Bandingkan kedua burung tledekan yang umurnya sama, sehingga akan telrihat perbedaannya.

4. Bulu kepala sampai ekor

Untuk selanjutnya, Anda bisa membedakan tledekan jantan dan betina dari warna bulu kepala sampai ekor.

Untuk warna bulu kepala sampai ekor untuk tledekan jantan biasanya berwarna biru. Hal inilah yang biasa dilihat oleh para pembeli dalam membedakan tledekan jantan dan betina.

Tledekan betina sendiri memiliki bulu kepala sampai ekor berwarna coklat gelap, sangat berbeda dengan jantan yang berwarna biru.

Selain itu, Anda juga bisa memilih burung tledekan yang warna bulunya tegas. Karena dengan warna bulu yang tegas akan menandakan burung tledekan tersebut sehat.

5. Bulu dagu

Kini giliran untuk memperhatikan warna bagian bulu dagu. Biasanya, tledekan jantan bulu dagunya akan berwarna orange tapi sedikit lebih pekat.

Sedangkan untuk tledekan betina, bulu dagunya akan berwarna orange yang tidak terlalu pekat atau dalam artian lebih cerah.

6. Bulu perut

Untuk bagian bulu perut juga perlu sedikit diperhatikan. Biasanya, bulu perut tledekan jantan akan berwarna putih bersih tanpa ada bercak – bercak lain. Berbeda dengan tledekan betina yang biasanya terlihat kebalikannya.

7. Tes DNA

Jika semuanya aspek sudah diperhatikan namun masih ragu, maka Anda bisa mengetahui mana burung tledekan jantan dan yang betina dengan cara tes DNA.

Anda bisa mengambil darah atau bulu untuk selanjutnya dilakukan tes DNA. Keakuratannya bisa mencapai 99%, jadi tidak perlu ragu jika tes ini mengalami kesalahan.

Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina dari Tingkah Laku

Untuk cara membedakan tledekan jantan dan betina selain dari fisik juga bisa dari tingkah laku.

Jika Anda ingin membedakannya dari tingkah laku, Anda bisa membedakannya dengan beberapa cara yaitu:

1. Lincah atau tidaknya

Sebenarnya, lincah atau tidaknya bisa dilihat saat birahi tledekan jantan maupun betina sedang dalam keadaan baik, dalam artian tidak memiliki kelainan.

Biasanya, burung tledekan jantan lebih terlihat lincah dan agresif jika dibandingkan dengan tledekan betina.

Jika tledekan jantan di dekati, maka dia akan langsung terbang ke sana sini dengan cepat (lincah). Berbeda dengan tledekan betina yang biasanya tetap diam saat di dekati.

2. Suara

Untuk membedakan dari tingkah laku yang kedua yaitu dari suaranya. Hampir sama seperti kebanyakan burung lainnya, untuk suara burung tledekan jantan juga terdengar lebih kencang, indah, dan juga durasinya bisa lebih panjang.

Sedangkan untuk suara burung tledekan betina biasanya tidak sekeras tledekan jantan, dalam artian lebih lembut.

Ciri Burung Tledekan Secara Umum

  1. Tledekan Jantan
  2. Ukuran kepala lebih kecil
  3. Bentuk tubuh lebih ramping
  4. Memiliki paruh yang panjang dan lancip
  5. Warna bulu dagu dan dada orange pekat
  6. Memiliki warna biru gelap pada bagian bulu bagian kepala sampai ekor
  7. Lebih lincah dan agresif
  8. Memiliki kekuatan fisik yang bagus
  9. Tledekan Betina
  10. Ukuran kepala lebih besar jika dibanding dengan tledekan jantan
  11. Bentuk tubuh lebih pendek dan membulat
  12. Memiliki paruh yang pendek dan tumpul
  13. Warna bulu bagian dada dan dagu berwarna orange yang tidak terlalu cerah
  14. Memiliki warna coklat gelap pada bagian bulu bagian kepala, punggung sampai ekor
  15. Tidak terlalu lincah
  16. Untuk kesehatan fisik yang dimiliki kurang bagus

Itulah beberapa Cara Membedakan Tledekan Jantan dan Betina. Semoga hal ini akan bermanfaat untuk Anda yang memang baru ingin mengenal burung tledekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *