4 Cara Menggemukkan Kambing

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Menggemukkan Kambing? Kambing merupakan salah satu binatang ternak yang paling umum diternakkan.

4 Cara Menggemukkan Kambing
4 Cara Menggemukkan Kambing

Kambing juga biasanya digunakan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan; banyak peternak kambing yang menghasilkan keuntungan dari bisnisnya dalam waktu yang cukup singkat.

Bisnis kambing merupakan bisnis yang menguntungkan karena kambing sendiri banyak digunakan sebagai bahan pangan.

Daging kambing dan susu kambing merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh kita.

Kambing adalah hewan berenergi tinggi, mereka menghabiskan kalori sama cepatnya pada saat mereka memperoleh kalori.

Oleh karena itu, mencari cara untuk menyeimbangkan nutrisi kambing merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan bagi para peternak kambing.

Dengan adanya keseimbangan nutrisi, maka secara otomatis kambing akan lebih besar kemungkinannya untuk menggemuk daripada mengurus. Bagi para peternak kambing, memelihara kambing yang gemuk akan jauh lebih menguntungkan daripada memelihara kambing yang kurus.

Hal ini disebabkan karena kambing yang gemuk memiliki daging yang lebih banyak sehingga jumlah daging yang dapat dijual dapat lebih banyak daripada daging kambing yang kurus.

Selain itu, biasanya orang akan jauh lebih suka membeli kambing yang gemuk, terutama pada saat menjelang hari raya Idul Adha.

Menjelang hari raya tersebut, kebutuhan pasar akan kambing terus melonjak sehingga untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, maka peternak pun harus menggemukkan kambing dan membuatnya laku di pasaran.

Oleh karena itu, peternak perlu mengetahui bagaimana cara menggemukkan kambing-kambingnya. Dalam melakukan proses penggemukkan, peternak harus melakukan semua tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pemeliharaan.

Cara Menggemukkan Kambing

Semua tahapan ini harus dilakukan oleh peternak untuk menghasilkan kambing yang benar-benar gemuk. Secara umum, berikut ini merupakan cara menggemukkan kambing.

1. Menentukan bibit unggul dari jenis kambing.

Bibit unggul kambing sangat menentukan cepatnya proses penggemukkan yang dialami oleh kambing.

Hal ini disebabkan karena apabila bibitnya berkualitas/unggul, maka hasilnya pun akan bagus dan dapat meningkatkan keuntungan bagi si peternak. Memilih bibit yang tidak unggul akan menyebabkan kerugian besar bagi peternak.

Beberapa bibit seperti kambing bligon dan kambing etawa akan menunjukkan proses penggemukkan yang jauh lebih cepat daripada kambing kacang.

Kambing jawa pun juga bisa dipilih, karena jenis kambing ini paling mudah untuk dipelihara dan mudah stres di lingkungan baru.

2. Memilih lokasi kandang yang tepat.

Kambing harus dikandangkan pada sebuah area yang baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi kandang yaitu suhu area, kenyamanan area, sirkulasi udara, tingkat kebisingan area, dan bangunan atau fondasi di sekitar area.

Area yang dijadikan sebagai kandang kambing harus bersuhu kira-kira 35oC, dengan adanya sirkulasi udara yang baik.

Sirkulasi udara perlu untuk diperhatikan supaya kandang tetap bersih, sehat dan tidak berbau. Dengan adanya sirkulasi udara yang bagus, kotoran kambing yang dihasilkan dapat kering dengan segera sehingga tidak menghasilkan bau tidak sedap.

Lokasi kandang sebaiknya teduh namun kambing tetap berkesempatan untuk mendapatkan matahari yang cukup. Kenyamanan area pun juga harus dilihat supaya kotoran yang dihasilkan oleh kambing tidak menganggu masyarakat sekitar.

Area yang dijadikan sebagai kandang sebaiknya jauh dari jalan raya dan pabrik agar tidak menimbulkan suara bising.

Area kandang juga sebaiknya tidak terhalang oleh tembok atau bangunan di sekitarnya. Selain itu, kandang juga harus dibersihkan secara berkala supaya kambing dapat merasa lebih nyaman.

Dengan membuat kambing lebih nyaman, kambing dapat lebih bernafsu untuk makan, lebih tahan terhadap stres dan penyakit sehingga kambing akan lebih cepat gemuk.

3. Menghilangkan parasit yang ada pada tubuh kambing

Salah satu penyebab kambing yang kurus bisa jadi karena adanya parasit tumbuh pada kambing. Parasit ini dapat berupa cacing atau kutu.

Untuk menghilangkan cacing, maka kambing perlu diberikan obat cacing herbal seperti buah pinang dan daun papaya.

Obat cacing kimia untuk kambing juga banyak sekali macamnya, dengan merek obat cacing yang paling umum digunakan yaitu Wormzole-K, Wormectin, dan Kalbazen SG.

Kambing juga perlu diberikan obat kutu untuk menghilangkan kutu pada kambing dan mencegahnya agar kutu tidak balik lagi.

Wormectin dapat menghilangkan cacing sekaligus kutu pada kambing, selain itu Pastac juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kambing.

4. Memberi pakan penggemukan pada kambing

Untuk menggemukkan kambing diperlukan pakan yang khusus dibuat agar kambing gemuk. Diantara cara lainnya, pemberian pakan ini merupakan faktor yang paling berperan dalam proses penggemukkan kambing ini.

Sekitar 70% keberhasilan proses penggemukkan kambing ini ditentukan oleh pakannya. Hal yang pertama harus diperhatikan pada konsumsi kambing yaitu persediaan air minum.

Pastikan agar air bersih dapat dengan bebas dikonsumsi oleh kambing Anda. Walaupun mereka mendapat asupan air dari rumput dan dedaunan basah, namun tidak ada salahnya jika mereka juga disediakan air bersih yang dapat mereka minum setiap saat.

Setelah mereka mendapat air bersih, maka mereka pun juga harus diberikan pakan yang bergizi dan teratur.

Terdapat tiga jenis pakan yang bisa kita gunakan sebagai pakan kambing, yaitu rumput-rumputan, leguminosa sebagai sumber protein, dan konsentrat pakan penguat.

Ketiga jenis makanan ini harus diberikan secara teratur oleh peternak. Ketelatenan peternak dalam memberikan pakan sangat menentukan keberhasilan faktor ini, karena jika peternak tidak telaten atau sering lupa, maka waktu pakan kambing tidak akan teratur.

Baca Juga : Cara Mengobati Kambing Keracunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *