7 Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo

Diposting pada

Tahukan Anda mengenai Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo? Burung beo merupakan salah satu jenis burung berkicau yang sangat pintar dalam menirukan suara/ucapan yang keluar dari mulut manusia dengan sangat fasih.

7 Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo
7 Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo

Maka, tidaklah heran jika burung beo yang satu ini ternyata banyak digemari, dan bukan hanya di Indonesia saja penggemarnya melainkan juga di mancanegara.

Selama ini, banyak penggemar burung beo yang mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin daripada burung beo.

Hal tersebut dikarenakan burung beo jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang sangat sama serta kemampuan berkicau mereka yang sama pula.

Baca Juga : Jenis Burung Beo yang Layak Untuk Dipelihara

Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo

Akan tetapi, ada beberapa cara yang dapat digunakan agar dapat mengidentifikasi jenis kelamin. Berikut ini adalah cara identifikasi jenis kelamin pada burung beo :

1. Dengan Melihat Cara Berdiri Si Burung Beo

Burung beo yang berjenis kelamin betina cenderung berdiri dengan kaki yang ditegakkan serta mengangkat kepalanya.

Sementara, untuk burung beo jantan sendiri lebih sering berdiri didalam posisi seperti membungkuk.

2. Melihat Postur / Bentuk Tubuhnya

Burung beo berjenis kelamin betina memiliki ukuran atau postur tubuh yang cenderung lebih kecil daripada burung beo berjenis kelamin jantan.

3. Melihat Bentuk Kepalanya

Pada umumnya, bentuk kepala burung beo jenis kelamin betina cenderung lebih kecil, lebih panjang, serta cenderung lebih membulat.

Adapun, bentuk kepala burung beo jenis kelamin jantan tampak lebih besar, ceper, dan berbentuk kotak/persegi.

4. Melihat Bagaimana Bentuk Paruh Burung Beo

Bentuk paruh daripada burung beo jenis kelamin betina ini panjang dan sempit, sedangkan untuk bentuk paruh burung beo berjenis kelamin jantan cenderung lebih pendek dan lebih lebar.

5. Dapat Melihat Jengger Di Bagian Telinganya (Bagi Ras Tertentu)

Jengger atau jawer yang terletak pada bagian telinga burung beo jenis kelamin betina ini memiliki bentuk seperti segitiga yang sempurna.

Pada burung beo jenis kelamin jantan  juga berbentuk segitiga, akan tetapi segitiganya tidak beraturan (berantakan).

Akan tetapi, cara yang satu ini hanya dapat diterapkan pada jenis-jenis burung beo tertentu saja, yaitu Greater India Hill Mynah (Gracula religiosa intermedia).

Ras burung beo yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu Javan Hill Myna (Gracula religiosa religiosa),  serta bentuk dan juga pola daripada jenggernya sangat berbeda.

Selain itu, warna jengger yang terdapat pada burung beo berjenis kelamin betina mempunyai warna yang cenderung lebih terang daripada burung beo jantan yang cenderung lebih gelap.

6. Melihat Bentuk Kloaka Burung Beo

Kloaka yang terdapat pada burung beo jenis kelamin betina akan cenderung lebih rata dan juga tidak terlalu menonjol, akan tetapi pada burung beo jenis kelamin jantan kloaka yang dimilikinya akan tampak lebih menonjol.

Bentuk kloaka daripada burung beo jenis kelamin jantan yang lebih menonjol.

Pada burung beo berjenis kelamin betina yang cenderung memiliki bentuk yang bulat atau rata, diikuti dengan lubang anus yang ukurannya lebih lebar.

Selain cara-cara tersebut, ternyata terdapat cara lain yang dapat dijadikan tengara pada saat membedakan jenis kelamin daripada burung beo, terutama pada saat masih berumur sangat muda.

Didalam hal ini, kalian dapat mengerodong burung beo pada saat di malam hari. Keesokan harinya, kerodong tersebut dibuka.

Pada umumnya, burung beo jenis kelamin jantan akan dapat mengeluarkan suara yang cenderung. Adapun, burung beo betina tidak akan bereaksi apa-apa.

7. Perhatikan Perilaku

Burung Beo dikenal sebagai salah satu burung yang cerewet, namun selain cerewet Beo dengan kelamin betina biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi bila dibandingkan dengan beo jantan.

Namun untuk masalah suara, volume jantan memiliki volume suara yang jauh lebih keras dibandingkan dnegan volume beo betina.

Walaupun volume suara lebih keras, beo betina akan jauh lebih mudah menirukan bunyi-bunyi sekitarnya atau rekaman yang diputar.Jadi beo betina untuk bis amenguasai kata kata akan jauh lebih cepat.

Pada saat malam hari beo akan beristirahat. pada waktu istirahat setsebut beo biasanya pemilik akan menutupkan sangkar dengan menggunakan kain.

Dan saat kain tersebut dibuka beo betikan akan tetap tenang dan tanpa mengeluarkan suara sedikit pun berbeda dengan beo jantan yang akan mengeluarkan suara.

Nah, itulah beberapa Cara Identifikasi Jenis Kelamin Pada Burung Beo, walaupun akurasinya yang tidak mungkin 100% mencapai tepat.

Akan tetapi, jika kalian telah terbiasa melakukannya maka akurasinya pasti akan mendekati sempurna.

Baca Juga : Mengapa Burung Betet Bisa Berbicara?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *