7 Cara Merawat Burung Sikatan Jawa Yang Baik

Diposting pada

Bagaimana Cara Merawat Burung Sikatan Jawa? Burung sikatan sebenarnya terdiri dari berbagai jenis yang berbeda tergantung tempat hidupnya. Burung ini termasuk kategori burung yang hyper aktif dan selalu bergerak ke sana kemari.

Cara Merawat Burung Sikatan Jawa Yang Baik
Cara Merawat Burung Sikatan Jawa Yang Baik

Jenis burung sikatan ini yang berasal dari Jawa atau berada di kepulauan jawa di sebut dengan nama burung sikatan jawa. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama burung kapasan.

Ciri fisik utama yang dipunyai oleh burung sikatan adalah bentuk ekornya yang mirip seperti kipas. Jika sedang berkicau, burung sikatan akan membuka ekornya seperti kipas.

Di bagian badannya terdapat bulu berwarna hitam muda dan di kepalanya mempunyai alis berwarna putih.  Ukuran tubuhnya relatif kecil, hanya sebesar burung kutilang saja namun memiliki suara kicauan yang khas dan merdu.

Banyak orang yang menggemari burung sikatan ini karena bentuk tubuhnya yang menarik dan suara yang merdu.

Perawatan burung ini ternyata gampang-gampang susah. Disebut gampang karena cara merawatnya dapat dilakukan seperti perawatan biasa, seperti perawatan burung lainnya.

Yang agak berbeda adalah dalam proses penjemuran yang tidak boleh dilakukan terlalau lama. Hal ini dikarenakan di habitat aslinya.  burung sikatan hidup di sekitaran perkebunan belakang rumah dengan pepohonan yang rindang dan juga sejuk.

Cara Merawat Burung Sikatan Jawa Yang Baik

Jika ingin memiliki burung sikatan yang bisa hidup lama, rajin berkicau (gacor) dan juga jinak, perlu dilakukan perawatan yang baik. Adapun cara perawatan burung sikatan yang baik adalah sebagai berikut:

Biarkan Burung Beradaptasi

Arti adaptasi disini adalah mampu tahan dan beradaptasi ditempat tinggal atau lingkungan dimana ia akan hidup.

Ketahuilah burung ini merupakan salah satu jenis burung yang mudah mengalami stress maka hal yang pertama yang perlu diperhatikan adalah adaptasinya dengan lingkungan.

Jika burung mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang ada dan mampu beradaptasi dengan makanan yang diberikan maka akan jauh lebih mudah dalam melakukan perawatan.

Persiapkan Kandang Burung

Kandang yang digunakan untuk tempat tinggal burung harus memiliki ukuran yang sesuai dan tentunya luas agar burung tidak merasa di asingkan.

Mestipun ukuran burung ini relatif kecil namun tentunya membutuhkan kandang yang besar agar burung lebih nyaman dan bisa bebas terbang kesana kesini agar tidak mudah stres.

Untuk mempermudah dan membuat nyaman burung pastikan membuat tenggeran dan juga tempat makan serta minum agar burung tidak mengalami kelaparan dan dehidrasi.

Pembersihan kandang

Kandang burung sikatan harus dibersihkan setiap hari. Kotorannya harus dibuang rutin. Makanan serta minuman di dalam kandang juga harus diganti atau ditambah agar Burung sikatan tidak kekurangan makanan.

Baca Juga : Syarat Kandang Ternak

Proses pemandian burung

Burung Sikatan dapat dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan air menggunakan spray hingga bersih. Setelah dimandikan kemudian dilakukan penjemuran sebentar agar bulunya cepat kering.

Pada sore hari burung sikatan  dapat sedikit disemprot ulang untuk membasahi bulunya.

Bisa juga dengan memberikan air yang sudah dituangkan ke wadah yang agak besar supaya burung sikatan bisa mandi sendiri. Di habitatnya burung sikatan memang sering mandi dan suka hidup di daerah yang lembab.

Penjemuran

Burung sikatan tidak boleh dijemur terlalu lama karena burung sikatan tidak tahan dengan panas. Penjemuran bisa dilakukan setiap 2 hari sekali dengan cara menempatkan sangkar burung ke tempat yang terkena cahaya matahari.

Penjemuran dapat dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 7 pagi. Hal ini dilakukan agar burung bisa mendapatkan udara yang segar serta cahaya matahari yang menyehatkan tubuh.

Pemberian Pakan

Burung Sikatan perlu diberikan pakan dan minuman yang tepat. Jenis pakan yang bisa diberikan adalah ulat kandang dan juga serangga. Tambahan makanannya bisa berupa voer.

Jangan lupa pula berikan minuman dan taruh di wadah yang dimasukkan dalam sangkar. Usahakan memberi minum burung sikatan dengan air matang atau bisa juga dengan air kemasan/air mineral. Vitamin diberikan berkala seminggu sekali 3-4 tetes yang dicampur dalam air minum.

Pemasteran

Hal selanjutnya yang paling penting untuk dilakukana dalah proses pemasteran. Pemasteran harus dilakukan secara rutin agar membuat burung lebih rajin berbunyi dan lebih gacor.

Proses pemasteran ini bisa dilakukan secara langsung yakni dengan menggunakan burung lainnya atau bisa juga menggunakan mp3.

Pemasteran bisa dilakukan saat burung sedang beristirahat dikandang dan pastikan kandang dikerodong agar lebih focus untuk mendengankan suara sehingga bisa menirukan suara dnegan cepat dan tepat

Demikianlah cara tepat merawat burung sikatan jawa dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *