Cara Ternak Bebek Peking Potong Telah Teruji

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Ternak Bebek Peking Potong? Kalau Anda sedang mencari peluang usaha, mungkin ternak bebek peking jadi pilihan yang bagus. Mengapa? karena suplai daging bebek yang tersedia masih belum dapat memenuhi tingginya permintaan konsumen.

Cara Ternak Bebek Peking Potong Telah Teruji
Cara Ternak Bebek Peking Potong Telah Teruji

Ternak bebek peking berpotensi memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan sebab tingginya permintaan daging bebek untuk dikonsumsi. Namun, bagaimana cara ternak bebek peking yang tepat, sehingga bisa menghasilkan daging bebek yang berkualitas.

Kabar baiknya soal ternak bebek peking termasuk mudah dijalankan bahkan untuk pemula sekalipun. Asalkan telaten pemberian pakan serta kebersihan kadang setiap harinya, agar bebek bisa dipanen dalam kondisi sehat dan menghasilkan nilai ekonomis tinggi.

Dengan begitu Anda bisa menjual bebek potong dengan harga lebih tinggi. Di pasar harga bebek potong termasuk yang cukup stabil, sehingga tidak perlu takut merugi jika menggeluti ternak bebek pedaging ini.

Berikut langkah-langkah dalam pembudidayaan ternak bebek peking yang mesti dipersiapkan agar bisa menguntungkan.

Cara Ternak Bebek Peking

Tekniknya meliputi beberapa tahapan yang perlu Anda pahami dalam menekuni usaha budidaya atau ternak bebek peking, antara lain :

1. Persiapkan Kandang Bebek

Jadi sebelum DOD datang dan dimasukkan ke kandang box, pastikan bahwa faktor pemanas telah berfungsi dengan suhu yang diinginkan.

Dan atur letak tempat pakan dan minum yang mudah strategis. Bersihkan kandang untuk menjaga kesehatan dari para DOD tersebut.

Kandang digunakan sebagai tempat bebek tinggal dan beraktivitas setiap harinya, maka harus buat kandang yang kondusif bagi pertumbuhan bebek tersebut. Untuk ukuran kandangnya bisa disesuaikan dengan jumlah bebek yang akan dipelihara.

Biasanya kandang bebek terbuat dari bambu atau kayu. Pastikan juga lokasi tempat kadang terkena sinar matahari yang cukup dan usahakan agar kandang selalu pada kondisi kering. Alasannya untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bebek itu sendiri.

Akan lebih baik lagi, jika kandang bebek dibuat dengan bentuk panggung sehingga kotoran bebek jatuh ke bagian bawah. Hal ini memudahkan dalam membersihkan kandang dan mencegah bebek memakan kotorannya sendiri.

Hindari juga bentuk kandang terbuka atau kandang ten, sebab akan menjadi becek ketika hujan turun. Pastikan kandang sudah siap sebelum membeli DOD. Atur juga suhu sekitar 39 derajat Celcius dan kelembaban antara 60-65 persen.

Berikan lampu penerangan yang memadai dan jauhkan kandang dari ancaman predator seperti ular, atau hewan pemangsa lainnya. Sediakan juga tempat pakan dan minum, pastikan kandang harus selalu dalam keadaan bersih.

2. Memilih DOD

Untuk pemesanan DOD paling sedikit adalah 100 ekor. Dari jumlah itu sering kali ada beberapa bebek dengan kondisi cacat, maka harus disortir atau dipisahkan lebih dulu dari DOD yang berkualitas baik.

Meskipun DOD cacat secara fisik masih bisa Anda pelihara, tetapi bedakan kandangnya dengan yang tidak cacat.

Pemilihan bibit menjadi penentu keberhasilan dalam budidaya ternak bebek. Maka pastikan Anda membeli bibit yang kondisi sehat dan berkualitas dari penjual yang terpercaya.

Adapun ciri bebek sehat adalah bergerak aktif dan lincah, kakinya kokoh serta tidak pincang, sudah berusia 4 hari.

Ciri lainnya bagian bulu bebek bersih dan kering, serta berat minimal 40 gram, nafsu makannya bagus, tidak cacat, tidak berpenyakit, tubuhnya tegap hingga matanya jernih.

Itulah harus Anda perhatikan ketika hendak membeli bibit, agar hasil panen bebek dalam kondisi yang sehat dan menghasilkan daging berkualitas.

Jika hasil panen bebek peking bagus, tentu Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dari penjualan daging bebek ini. Dan bagian lain dari bebek peking seperti bulu, kotoran bisa dijual.

Untuk mendapatkan hal itu, dibutukan perawatan dan pemeliharan yang tekun dan konsisten dalam budidaya ternak bebek ini.

3. Beri Larutan Gula Merah

Setelah dilakukan pemilihan DOD, tempatkan bebek di kandang box terlebih dulu. Dan jangan lupa berikan minuman berupa larutan gula merah selama satu jam ke depan, kemudian ganti dengan air putih yang dicampur vitamin.

Tujuan agar bisa merangsang nafsu makan para bebek, lalu satu jam berikutnya baru berikan pakan sedikit demi sedikit.

Ingatlah perkembangan dan pertumbuhan bebek potong sangat bergantung pada pemberian pakan.

Jadi, pastikan Anda selalu memberi pakan yang berkualitas dan perhatikan juga frekuensi dalam pemberian pakan, bergantung pada umur bebek.

Ketika bebek sudah memasuki umur 1-14 hari, berikan pakan yang sudah dicampur dengan sedikit air sebanyak 5 kali sehari. Dua minggu pertama saat umur bebek ini, Anda harus memberikan kebutuhan gizi baik, sebab dalam masa pertumbuhan. Dan saat usia tersebut, berikan pakan konsentrat 511 100 persen.

Pada saat bebek sudah berusia 15-20 hari, ukurannya akan membesar dan harus dipindahkan ke kandang yang lebih besar.

Pakan tepat di usia bebek ini yaitu jenis grower yang lebih bertekstur dengan campuran sedikit air sebanyak 3 kali sehari.

Usia bebek saat ini hingga panen, Anda bisa memberikan pakan campuran antara konsentrat 40 persen dan 60 persen. Berasal dari campuran yang terdiri dari dedek atau bekatul, tepung ikan dan tepung bulu unggas atau tepung jagung.

Anda juga bisa menambahkan dedaunan seperti daun pisang, daun mengkudu hingga daun pepaya. Bisa diganti dengan sayuran organik untuk membuat bebek menjadi lebih sehat dan menghasilkan daging berkualitas baik.

Selalu sediakan air minum pada area kandang, bila perlu berikan obat anti stres ketika bebek berusia 20 hari. Jangan lupa tambahkan jerami pada kandang bebek dewasa bertujuan menjaga kelembaban dan lakukan perawatan ini hingga berusia mencapai 31-35 hari.

4. Masa Panen

Jika bebek sudah berusia 35 hari, mulailah sortir bebek yang layak panen dan tidak layak. Pisahkan berdasarkan kualitas dan ukuran bebek. Setelah itu, bebek peking siap untuk dijual ke pemasok atau warung makan dan pasar unggas.

Selanjutnya mengosongkan dan membersihkan kandang untuk masa budidaya ternak bebek peking berikutnya. Proses perawatan dan pemberian pakan juga sama pada ulasan di atas.

Kelebihan ternak bebek peking yaitu tahapan budidaya lebih mudah ketimbang ternak bebek petelur.  Masa pertumbuhan bebek peking tergolong cepat hanya 40 hari. Soal pemasaran hasil panen juga mudah dilakukan karena permintaan yang selalu ada.

Bukan hanya daging bebek saja yang bisa dijual, bagian lain seperti bulu bebek peking yang sering dijadikan kerajinan dan kotoran bebek sebagai pupuk maupun pakan ikan lele.

Dari segi keuntungan bebek peking lebih unggul ketimbang bebek petelur seperti proses budidaya ternak bebek peking cenderung mudah dan sedehana. Masalah keuntungan juga lebih banyak daripada bebek petelur. Budidaya bebek peking sangat rekomend buat pemula yang ingin mencoba peluang usaha ini.

Perlu Anda ketahui juga, ternyata ada dua jenis bebek dalam budidaya ternak bebek peking adalah jenis bebek peking dan hibrida.

Keduanya memiliki tekstur daging tergolong lembut dan lebih gurih, tidak heran banyak peminat daging bebek ini.

Sekian dulu artikel kali ini tentang Cara Ternak Bebek Peking Potong. Semoga bisa membantu peternak di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *